Makassar Post

Berita Terkini Makassar dan Sulsel

Sekelompok Kera di Maros Keluar Hutan, Tunggu Makanan di Pinggir Jalan

Tidak ada Komentar Share:

Makassar Post, Maros – Kawanan kera berkumpul di pinggir Jalan Poros Camba, Maros, Sulawesi Selatan. Mereka tampak menunggu makanan dari pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Sekumpulan kera tersebut termasuk kera endemik yang hanya ada di beberapa wilayah di Pulau Sulawesi dan masuk dalam kategori satwa dilindungi. Kera itu kerap berkumpul di pinggir jalan sejak beberapa tahun terakhir.

Koordinator Polisi Hutan Balai Taman Nasional Bulusaraung, Muh Sabir, menjelaskan kera tersebut menunggu makanan dari para pengendara yang melintas. Namun petugas dari Balai Taman Nasional Batimurung Bulusaraung telah melarang pengendara untuk memberi makan ke kawanan kera itu.

“Mereka sepertinya terbiasa mendapatkan makanan dari pengendara. Makanya mereka itu setiap hari berkumpul di pinggir jalan menunggu makanan. Kami sudah pasang papan larangan memberi makan dan bahkan rutin patroli,” Sabir kepada detikcom, Senin (24/06/2019).

Kawanan Kera di Maros Keluar Hutan, Tunggu Makanan di Pinggir JalanFoto: M Bakrie

Kawanan kera yang juga dikenal dengan sebutan Macaca Maura itu sebenarnya sudah digiring petugas untuk kembali ke hutan. Menurut Sabir, ketersediaan makanan di hutan masih sangat cukup.

“Setiap kali kami patroli, kami selalu menggiring kawanan mereka ini masuk ke hutan kalau ditemukan berada di pinggir jalan. Tapi memang mereka selalu kembali menunggu makanan dari orang. Kalau ketersediaan makanan, saya rasa masih sangat banyak di dalam hutan,” lanjutnya.

Kawanan Kera di Maros Keluar Hutan, Tunggu Makanan di Pinggir JalanFoto: M Bakrie

Sabri mengatakan petugas taman nasional juga pernah menemukan kera tertabrak oleh pengendara di jalan. Namun, sambung Sabri, kera itu tetap hidup dan mengalami patah tulang.

“Sejauh ini baru ada satu kasus tertabrak yang kami terima. Memang tidak mati, tapi pincang. Di sana memang kendaraan itu kencang-kencang. Ini memang menjadi perhatian kami, makanya kami tidak pernah berhenti mengimbau pengendara untuk tidak memberi makanan ke monyet-monyet ini,” ujarnya.
Seorang pengendara yang melintas di lokasi tersebut, Sahar, mengaku tetap memberikan makanan kepada kawanan kera itu meskipun dilarang petugas. Sahar mengaku iba melihat tingkah kera tersebut.

“Tau pak (dilarang). Tapi memang kadang mau liat langsung karena tingkah mereka lucu, terus kasihan juga lihat mereka itu seperti meminta makanan. Makanya kami kasih makanan. Memang sering kami lewat sini dan melihat mereka seperti ini,” kata seorang pengguna jalan, Sahar.
(knv/knv)

Previous Article

Mabes Polri Perintah Irjen Pol Hamidin Kirim 120 Personil Brimob Polda Sulsel ke Papua

Next Article

Donald Trump Tepis Pengaruh Bolton yang Anti Iran

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *