Makassar Post

Berita Terkini Makassar dan Sulsel

Fakta Seputar Idul Adha 2019 yang Wajib Diketahui

Tidak ada Komentar Share:
5 Fakta Seputar Idul Adha 2019 yang Wajib Diketahui!/Foto: Hasan Alhabshy

MakassarPost.com, Perayaan Idul Adha akan segera dirayakan umat muslim khususnya di Indonesia. Nah, ada beberapa fakta yang perlu diketahui.

Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah 1440 hijriah. Artinya, bila di kalender masehi jatuh di tanggal 11 Agustus 2019. Hanya saja, penetapan tersebut masih harus menunggu pengumuman dari pemerintah.

Nah, berikut fakta-fakta Idul Adha yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pelaksanaan Sholat

Pelaksanaan sholat Idul Adha dilakukan dengan dua rakaat secara berjamaah. Sholat Idul Adha didahului niat berbunyi “ushalli rak’ataini sunnata li idil adhlha” dan ditambah ‘imaman” bila menjadi imam, dan “makmuman” bila menjadi makmum.

2. Sembelih Hewan

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, ritual ibadah lain yang dilakukan, yakni penyembelihan hewan. Biasanya, hewan yang disembelih berupa sapi maupun kambing.

3. Silaturahmi 

Sama seperti hari raya pada umumnya, perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah di Indonesia ini erat dengan bersilahturahmi. Biasanya, para keluarga akan saling bertandang ke rumah kerabat atau memberikan ucapan melalui telepon.

4. Puasa Sunnah

Sebelum merayakan Lebaran Idul Adha 2019, umat muslim biasanya melaksanakan puasa sunnah tarwiyah dan arafah. Puasa tersebut biasanya dilaksanakan pada 8 dan 9 Dzulhijah secara berturut-turut.

5. Beda dengan Idul Fitri

Perayaan Idul Adha dan Idul Fitri memiliki makna yang berbeda. Idul Adha dirayakan untuk memperingati peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Sedangkan Idul Fitri sebagai perayaan puncak ibadah puasa satu bulan penuh.
(pay/nwy)

Previous Article

Harga Tiket Laga Arema FC Vs Persib Bandung

Next Article

Polisi Cari Pria yang Makan Kucing Hidup-Hidup Hingga Viral

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *