32 C
Makassar
Rabu, September 23, 2020
Beranda blog

Pemain Persija Dijemput Kendaraan Barracuda di Bandara

0

MakassarPost.com, Makassar – Para pemain Persija Jakarta dijemput menggunakan kendaraan taktis Barracuda, saat tiba di Bandara Internasional Hasanuddin Maros, Senin, (05/08/2019).

Persija Jakarta akan menghadapi PSM Makassar di leg kedua Final Piala Indonesia yang digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Selasa, (06/08/2019). Setelah sebelumnya harus tertuda karena bus pemain Persija Jakarta dilempari oleh oknum suporter saat melakoni official tranning di stadion.

Bahkan saat penjemputan, ratusan personel kepolisian bersiaga di terminal kedatangan Bandara menanti kedatangan para pemain dari tim Persija Jakarta.
Tak hanya satu kendaraan lapis baja Milik satuan Brigader Mobil (Brimob) Polda Sulsel yakni Barracuda 4×4, dan dua Kendaraan Taktis (Rantis) juga diturunkan.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, selain kendaraan taktis pihaknya juga menyiapkan lima ekor anjing pelacak jenis K9 yang berjaga disekitar lokasi Bandara.

“Yah betul satu Baracuda, dua kendaraan taktis dari Brimob, kalau K9 ada lima ekor tentu dengan jokinya,” katanya kepada SINDOnews, Senin (5/8/2019).

Dilanjutkan Dicky, pengamanan memang permintaan langsung dari tim Macan Kemayoran untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Memang itu permintaan tim Persija, Kita akan akan kawal, bahkan kalau dia minta lima rantis kita akan siapkan,” tegasnya.

Baca Juga :  Gawang PSM Belum Pernah Kebobolan Hingga Pekan Ke Tiga

Selain itu Polda Sulsel juga mengerahkan 300 polisi wanita yang akan berjaga di semua pintu masuk stadion Andi Mattalatta, pada pertandingan besok.

“Polwan melakukan sweeping di semua pintu masuk sejumlah 300 personel, tidak bersenjata,” lanjut Dicky.

Kedatangan Tim Macan Kemayoran sendiri di jadwalkan tiba 18.34 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-610.

Dari data SINDOnews, dalam pengamanan laga penentu ini sedikitnya ada 4.764 personel gabungan tersebut terdiri dari BKO Polda Sulsel dan jajarannya sebanyak 2.758 personel, TNI 603 personel, Satpol PP 150 personil, Dishub 50 Personil dan 1.203 dari Polrestabes Makassar sendiri. Selain itu lima unit mobil pemadam kebakaran juga di turunkan serta empat unit mobil ambulans dari Dinas Kesehatan kota Makassar.

Persija Mogok Lagi, PSM Menang WO

0

MakassarPost.com, MAKASSAR — Tak ada alasan bagi Persija menolak bertanding di Makassar. Jika mogok main lagi, PSM ditetapkan sebagai juara.

PSSI telah menetapkan laga tunda leg kedua final Piala Indonesia tetap dilaksanakan di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Makassar. Jadwalnya pun telah ditentukan: Selasa, 6 Agustus.

Dasar penetapan PSM juara jika Persija mogok ada pada pasal 58 Kode Disiplin PSSI. Aturan itu menerangkan, “Tidak hadir di tempat pertandingan dan menolak untuk bertanding”, hukumannya dinyatakan Walk Out (WO).

Klub juga dikenakan denda Rp150 juta. Tak cukup 24 jam sejak menunda laga final Piala Indonesia, PSSI memutuskan memberi rekomendasi pelaksanaan leg kedua final Piala Indonesia PSM kontra Persija di lokasi yang sama. Surat Keputusan (SK) yang keluar pada Senin pagi, 29 Juli juga sudah dikirim ke klub masing-masing.

PSSI juga memutuskan laga tetap digelar dengan penonton, meskipun pihak Persija telah meminta syarat. Sebelumnya, Persija mengajukan syarat, ingin bermain di Makassar jika pertandingan tanpa penonton.
“PSSI yakin, PSM sebagai tuan rumah bisa menyelenggarakan dengan baik. Dan juga Persija memperhatikan imbauan ini,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha, Minggu, 29 Juli.

Ultimatum PSSI

PSSI sebagai federasi induk sepak bola Indonesia memberi ultimatum kepada kedua klub untuk menjalankan kewajibannya masing-masing. Tidak ada istilah mogok bermain lagi dan meminta memercayakan pengamanan kepada aparat keamanan setempat.
Jika Persija tetap pada pendiriannya menolak main di Makassar, PSSI bisa memberi status menang WO kepada PSM sesuai aturan Kode Disiplin PSSI.
“Ya, konsekuensinya seperti itu. Tapi sejauh ini, kami dapat respon baik dari PSM dan Persija yang siap ke Makassar,” jelas Media Officer PSSI, Bandung Saputra.

Kerugian PSM

CEO PSM, Munafri Arifuddin mengatakan dengan keluarnya SK dari PSSI, tidak ada lagi alasan untuk tidak menggelar laga final Piala Indonesia. Sebab, dalam penundaan sebelumnya, pihaknya telah menelan kerugian ratusan juta rupiah. “Nggak ada lagilah (laga ditunda). PSSI harus mengambil keputusan tegas jika itu terjadi (Persija menolak main lagi),” nilainya.
Appi– sapaannya– juga mengaku bingung saat keputusan penundaan lalu Gubernur Jakarta, Anies Baswedan dan beberapa perangkat pertandingan tidak datang di stadion. Terkait adanya dugaan penundaan sudah di-setting jauh hari, Appi enggan bespekulasi.
“Kalian saja yang melihat itu. Kami sudah ketemu di kongres. Kami bicara dengan Sekjen (PSSI) semua oke sampai di Makassar dan on schedule,” paparnya.

Sterilkan Laga

Untuk menghindari kasus serupa, PSSI telah meminta kepada Panpel PSM untuk meningkatkan keamanan. Terutama mensterilkan area Stadion Gelora Andi Mattalatta mulai H-2 sebelum pertandingan. Tidak ada lagi aktivitas jual beli tiket di sekitar stadion yang memicu kerumunan massa.
“Beberapa tingkat keamanan akan kita detailkan ke panpel PSM. Pelemparan bus Persija usai official training, tidak terjadi lagi,” harap Direktur Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo.

Jika sesuai regulasi, Persija juga harusnya sudah tiba di Makassar, pada Minggu, 4 Juli mendatang. “Pengamanan juga akan dimulai dari bandara saat Persija tiba sampai kembali pulang,” terangnya.

CEO PSM, Munafri Arifuddin mengaku siap menjalankan instruksi keamanan sesuai yang diinginkan PSSI. Makanya, Appi berharap agar PSSI bisa hadir lebih cepat untuk melakukan koordinasi dengan pihak keamanan TNI-POLRI untuk mengkover pengamanan sebelum tim tamu tiba. “Kalau bisa lusa (Rabu, 1 Agustus) sudah datang. Biar tidak ada kesalahpahaman. Sehingga kita bisa selesaikan ini dengan baik,” jelas Appi.

Untuk pemain Persija yang luka-luka akibat lemparan batu tersebut, Appi akan bertanggung jawab dan menjamin hal serupa tidak terjadi lagi.
“Saya akan coba komunikasi dengan Persija. Kemarin, situasinya berbeda. Tidak sempat lagi. Kami terfokus pelaksanaan pertandingan,” paparnya.

Ajukan Libur

Laga final Piala Indonesia 2018/2019 diputuskan bermain di waktu kerja. Berbeda dari sebelumnya yang digelar di hari libur. Terkait kondisi ini, Appi akan mengajukan usulan kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah agar pada Selasa, 6 Agustus, kantor-kantor bisa diliburkan.
Minimal bisa pulang cepat sebelum kick off yang akan mulai pukul 16.30 Wita. “Saya akan meminta waktu kepada beliau (gubernur, Red) sebagai saran untuk disetujui. Siapa tahu bisa diliburkan atau setengah hari,” harapnya.

Buktikan Ucapan

Pernyataan kiper Persija, Shahar Ginanjar yang menyebut penundaan laga final karena instruksi aparat kepolisian berbuntut panjang. Shahar pun diminta untuk membuktikan ucapannya. “Saat itu ada anggota polisi yang bilang kalau kondisinya tidak kondusif. Jadi bukan dari Persija,” ciut Shahar melalui layanan direct message akun media sosialnya.

CEO PSM, Munafri Arifuddin meminta Shahar membuktikan omongannya. Appi menilai kondisi sangat kondusif dan itu adalah imbauan Wakapolda Sulsel yang datang langsung meninjau lokasi.”Jadi Shahar harus membuktikan ini. Karena jelas berbeda dengan pihak kepolisian,” harap Appi.

Tak hanya Appi, Sekjen Red Gank, Sadakati Sukma yang juga diberitahu hal tersebut oleh Shahar, meminta mantan kiper PSM itu membuktikan ciutannya.
“Ini jelas berbeda dengan instruksi pihak kepolisian. Shahar harus bisa mengklirkan persoalan ini sebelum laga final dimulai,” pintanya.

Aksi mogok main tim Persija dua jam sebelum pertandingan hingga saat ini menjadi polemik. Alasan PSSI menunda dengan kondisi tidak kondusif tidak sejalan dengan pihak kepolisian yang mengamankan laga.

Terpisah Pelatih Persija, Julio Banuelos enggan membahas alasan timnya menolak ke stadion dua jam jelang laga. “Ini biarlah kami saja yang tahu, enggak perlu dibahas lagi,” tuturnya.(*)

Warga Lepas Kepergian IYL di Masjid Syekh Yusuf

0
Warga Kabupaten Gowa memadati halaman Masjid Syekh Yusuf saat prosesi salat jenazah Ichsan Yasin Limpo, Kamis (1/8/2019). Foto: SINDOnews/Herni Amir

MakassarPost.com, Makassar – Ribuan warga Kabupaten Gowa menyemut memenuhi masjid Syekh Yusuf untuk melepas kepergian mantan bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo (IYL).

Warga yang tumpah ruah bahkan terlihat sampai ke jalan-jalan protokol di sekitar Masjid seperti jalan masjid raya. Kepadatan massa mulai terliht sejak pukul 10.30 wita.

Warga bahkan rela menunggu untuk memberi penghormatan terakhit bagi toko kharismatik itu sejak pukul 09.00 wita.

Jenazah Ichsan Yasin Limpo tiba pukul 11.46 Wita. Petinya diangkat oleh 9 Camat Kabupaten Gowa. Dua orang diantaranya memegang bunga.

Wakil Bupati Kabupaten Gowa, Abd Rauf Malaganni juga ikut menjemput langsung jenazah IYL turun dari ambulans.

Selain itu, ribuan pelajar Kabupaten Gowa juga turut hadir menyambut jenazah pelopor pendidikan gratis ini. Pelajar tersebut mulai dari siswa tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Salat jenazah sendiri dilaksanakan pukul 12.40 wita seusai salat zuhur dilaksanakan. Bertindak sebagai imam ketui MUI Kabupaten Gowa, KH Abu Bakar Paka.

Tampak sejumlah tokoh hadir dalam prosesi tersebut. Seperti mantan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, Pangdam Hasanuddin, serta Bupati Enrekang Muslimin Bando.

“Terima kasih atas kedatangannya untuk mendoakan dan memberi penghormatan terakhir bagi Bapak Ichsan Yasin Limpo. Semoga doa-doa kita diijabah Allah SWT,” kata Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Ichsan Yasin Limpo.

Warga Jual Air Bersih Dapat Omset Rp1 Juta per Hari

0

MakassarPost.com, Makassar – Dampak krisis air bersih di sebagian wilayah Kota Makassar membuat sejumlah warga mulai prustasi. Selain harus mengantre, mereka juga terpaksa mengeluarkan biaya ribuan rupiah untuk mendapatkan air bersih.

Seperti yang dialami warga Jalan Butta-Butta Caddi, Kelurahan Kaluku Boda, Keamatan Tallo. Sejak beberapa hari terakhir ini, ruas jalan di wilayah itu nampak dipenuhi puluhan warga yang tengah mengantre mendapatkan air bersih.

Mereka datang dari berbagai penjuru dengan membawa wadah, seperti jeriken, ember dan galon. Salah seorang warga bernama Hapid mengatakan, sebagain warga yang mendapat suplay air pam menjual air bersih kepada warga yang rumahnya tidak dialiri air pam seharga Rp2.000 per jeriken.

“Jadi ada warga yang airnya mengalir, air itu dijual ke warga lain yang rumahnya tidak mengalir air Rp2.000 per jeriken,” sebutnya, Selasa (30/7/2019).

Meski krisis air bersih di wilayah itu menjadi derita bagi sebagian besar warga, namun kondisi ini malah menjadi berkah bagi sebagian lainnya.

Diakui bahwa dalam sehari warga yang menjual air bersih mendapat omset mulai Rp400 ribu hingga Rp1 juta per harinya.

Pemandangan warga antre membeli air bersih setiap tahunnya terjadi di musim kemarau. Adapun mobil tangki PDAM sejauh ini belum bisa menyentuh ke seluruh wilayah yang terdampak krisis air bersih.

Sebelumnya Humas PDAM Kota Makassar, Idris Tahir saat dikonfirmasi menyampaikan sangat mengerti apa yang dirasakan oleh warga tersebut.

Dia menjelaskan bahwa air baku yang disupply dari Bendung Lekopancing sangat terbatas pada saat normal dimusim hujan hanya bisa mencapai 1500 liter/detik, setiap harinya.

“Sesuai laporan petugas pengawas saluran menurun drastis sampai 418 liter/detik. Bahkan debit air ke Kota yang normalnya 580 liter/detik hari ini hanya tersisa 58,7 liter/detik,” jelas Idris, Minggu (28/7/2019).

Dengan debit seperti itu sudah tentu tidak akan bisa menjangkau seluruh warga. Saat ini laporan keluhan warga makin meluas bahkan sampai ke sembilan kecamatan yakni, Tallo, Ujung Tanah, Bontoala, Wajo, Tamalanrea, Biringkanaya, Panakkukang, Makassar dan Manggala.

“Makanya kita menyiapkan 11 armada bantuan mobil tangki gratis ke pelanggan yang membutuhkan. Mobil tangki tersebut beroperasi pagi sampai malam untuk mengantar air ke warga,” jelasnya.

“Memang permintaan sangat banyak jadi harus antri dan didahulukan yang mendaftar lebih awal di kantor wilayah terdekat dengan membawa bukti rekening airnya,” sambungnya. (Niar/Rusdi)

Probolinggo Brangus Buku DN Aidit, Najwa Shihab Nilai Mubazir dan Pembodohan Luar Biasa

0
Najwa Shihab. (Foto : Bacatangerang)

MakassarPost.com, – Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia sebut pemberangusan buku DN Aidit di Probolinggo kemubaziran yang sempurna hingga pembodohan luar biasa. Menurutnya, perbuatan tersebut melanggar hak warga yang ingin mendapatkan pengetahuan dari buku.

Melalui akun Instagramnya, Nana -sapaan akrabnya- menyoroti perilaku pemberangusan buku yang dilakukan oleh Polsek Kraksaan.

“Sungguh miris. Saya memahami sensitifitas yang menyelimuti isu komunisme dan peristiwa sejarah yang menyertainya pada tahun 1948 dan 1965. Tapi menyikapi isu ini dengan pemberangusan buku adalah tindakan yang tidak tepat,” ungkapnya.

Jurnalis ini juga mengatakan jika Mahkamah Konstitusi pada 2010 sudah mencabut kewenangan Kejaksaan Agung untuk melakukan pelarangan buku tanpa izin pengadilan. Sehingga perilaku ini dianggap tak patut karena tidak sejalan dengan demokrasi.

Duta Baca ini juga menyebut jika zaman sudah berubah semenjak adanya kemajuan teknologi. Setiap orang pun bisa dengan mudah mencari informasi, dan belajar tentang apapun yang dibutuhkan.

“Pelarangan buku adalah kemubaziran sempurna. Di tengah rendahnya minat baca, pelarangan buku adalah kemunduran luar biasa. Indonesia bisa semakin tertinggal dari bangsa-bangsa lain yang selalu terbuka kepada ide-ide baru dan pengetahuan-pengetahuan baru,” tegasnya.

Dilain kesempatan, beberapa waktu lalu Najwa Shihab sempat menyindir Moeldoko, Kepala Staff Kepresidenan soal razia buku “kiri”. Hal ini kemudian kembali diunggah Nana dalam akun instagramnya, karena kasusnya mirip dengan di Probolinggo.

“Membaca, baca apa saja. Membaca membuat kita jadi orang yang punya kedalaman imajinasi, keluasan hati dan tidak mudah diprovokasi. Suatu kemubadziran sempurna dan pembodohan luar biasa ketika razia buku-buku sejarah dilakukan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dua penggiat Vespa Literasi di Kabupaten Probolinggo Diciduk oleh anggota Polsek Kraksaan, pada Sabtu (27/7/2019) malam. Sebab di antara buku-buku literasi gratis yang dimiliki ada buku-buku Dipa Nusantara (D.N) Aidit, salah satu tokoh komunis Indonesia.(may/ono)

Harga Tiket Laga Arema FC Vs Persib Bandung

0
Suporter Arema FC, Aremania, hadir ke Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2019)

MakassarPost.com, Panitia Pelaksana (Panpel) Arema FC merilis harga tiket laga tunda pekan keempat Liga 1 2019 melawan Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (30/7/2019).

Arema FC akan menghadapi salah satu tim besar asal Jawa Barat, Persib Bandung, pada laga tunda Liga 1 2019.

Pertandingan ini diprediksi berlangsung seru dan ramai mengingat laga akan disaksikan langsung oleh Aremania, fan fanatik Arema FC.

Tim tuan rumah sedang dalam motivasi tinggi setelah pada laga sebelumnya berhasil menang dengan skor 3-2 atas Bhayangkara FC.

Ada pun Persib Bandung mengalami kekalahan 0-2 dari Bali United pada laga sebelumnya sehingga gagal menembus posisi lima besar klasemen sementara Liga 1 2019.

Hingga pekan ke-11 Liga 1 2019, Arema FC masih unggul dua poin atas Persib Bandung pada daftar klasemen sementara.

View image on Twitter
Klub asuhan Milomir Seslija itu menempati posisi kelima dengan 15 poin dan Persib Bandung berada pada posisi ke-11 dengan torehan 13 poin.

Menyambut laga ini, Panpel Arema FC merilis harga tiket untuk suporter yang akan datang ke stadion.

Hal ini disampaikan melalui akun media sosial Twitter @aremafcofficial pada Senin (29/7/2019).

Ada tiga jenis tiket yang dijual oleh Panpel Arema FC kepada para suporter yang berniat menyaksikan ke stadion.

Tiket dari kelas Ekonomi dijual dengan harga Rp40.000, kelas VIP sebesar Rp100 ribu, dan terakhir tiket yang paling mahal sebesar Rp150 ribu untuk kelas VVIP.

Pembelian tiket dilayani di Kantor Arema FC mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

PSSI Jadwal Ulang Final Piala Indonesia PSM vs Persija

0

MakassarPost.com, MakassarPSSI menjadwalkan ulang laga Final Kratingdaeng Piala Indonesia 2019. Jadwal ulang itu diterima pihak PSM Makassar, Senin (29/7/2019).

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin membenarkan jadwal ulang tersebut. Dalam surat yang diterima pihaknya menyatakan bahwa laga tunda antara PSM Makassar dan Persija digelar pada 6 Agustus mendatang, di Stadion Mattoanging (Andi Matalatta) Makassar.

“Sudah kami terima surat dari PSSI, laga tunda tetap digelar di Makassar tanggal 6 Agustus pekan depan,” kata Appi, sapaan akrabnya.

Dalam surat itu PSSI juga meminta kepada pihak managemen PSM Makassar untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan pertandingan tersebut.

Surat itu ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSS, Ratu Tisha. (Tina)

Pasangan Sedarah di Luwu Miliki Dua Anak Bikin Heboh!

0

MakassarPost.com, Luwu – Hubungan terlarang antara adik dan kakak kembali terjadi di Sulawesi Selatan. Kali ini, di Desa Lamunre Tengah, Belopa Utara, Kabupaten Luwu, tepatnya di Jalan Andi Takke.

Warga dihebohkan dengan ulah pasangan sedarah itu, lantaran diam-diam telah memiliki dua orang anak. Kasus itu terbongkar setelah Aparat Mapolsek Belopa menerima aduan warga setempat.

Dari hasil penyelidikan dilakukan Polsek Belopa yang di back up Satuan Reserse Kriminal Polres Luwu, terkuak informasi tersebut bahwa benar adanya.

Tim gabungan pun langsung mengamankan keduanya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, hubungan keduanya dianggap tabu dan dapat memicu reaksi negatif warga.

Mereka itu adalah As (38) serta adik perempuannya berinisial BI (30), keduanya langsung digiring ke Makopolsek Masamba untuk dimintai keterangannya, Sabtu (27/7/2019).

Kepada polisi As mengakui bahwa dirinya telah melakukan hubungan gelap bersama adiknya yakni BI. Dia melakukan hubungan cinta terlarang itu katanya sejak tahun 2016 silam.

Disebutkan As melakukan hubungan layeknya pasangan suami istri bersama adik perempuannya telah berbuah hasil, melahirkan dua anak.

Anak yang lahir itu yang pertama telah berusia 2 tahun lebih sedang anak yang ke dua berusia 1 tahun lebih.

Menurut keduanya, hubungan terlarang itu dilakukan dengan alasan saling cinta. Apalagi mereka berdua tinggal serumah.

“Keduanya mengakui hubungan terlarang itu semenjak tahun 2016 silam. Dan hasil dari hubungannya itu si adik berinisial BI telah melahirkan dua anak. Anak pertamanya lelaki dan yang kedua perempuan,” beber Kasat Reksrim Polres Luwu, AKP Faisal Syam.

Sementara Kapolsek Masamba AKP Ahmad Arif menambahkan, bahwa perempuan BI yang dimintai keterangannya sedang hamil lagi dari hasil hubungannya bersama sang kakak.

“Sekarang si adik mengaku lagi mengandung. Mereka mengaku saling mencintai, tapi tanpa ikatan pernikahan. Jadi kita amankan untuk menghindari reaksi warga,” sambungnya.

Kapolsek juga membenarkan, jika keduanya selama ini tinggal serumah. Dijelaskan bahwa skandal ini pernah tercium warga, dan beberapa kali coba ditelusuri oleh kepala desa setempat, namun keduanya selalu berkelik.

Keduanya kini masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Belopa. Belum diketahui pasal apa yang akan dikenakan terhadap hubungan terlarang pasangan sedarah itu.

Bus Pemain Persija Diserang Usai Uji Coba Lapangan

0
Bus yang ditumpangi pemain Persija Jakarta diserang sejumlah pendukung PSM Makassar

MakassarPost.com, Makassar – Pemain Persija Jakarta diserang suporter PSM Makassar usai uji coba lapangan di Stadion Andi Mattalata Kota Makassar.

Pemain Persija yang keluar dari dalam stadion menggunakan dua bus mendapat teror. Diteriaki, dilempari batu dan kayu oleh sejumlah suporter PSM Makassar.

Kaca bus yang ditumpangi pemain Persija pecah terkena lemparan batu.

Peristiwa ini sangat disayangkan oleh sejumlah warga dan pendukung Persija.

“Sangat kurang petugas yang mengawal pemain Persija keluar lapangan,” kata Rahman, warga yang melihat peristiwa, Sabtu 27 Juli 2019.

Sejumlah polisi berupaya menghalau massa yang berusaha mendekat dan menyerang bus Persija. Tapi jumlah polisi kalah banyak dengan jumlah pendukung yang berusaha mendekati bus.

Penyerangan terhadap pemain Persija terjadi sejak bus yang ditumpangi keluar dari dalam stadion hingga ke Jalan Cenderawasih.

Pemain Persija akan kembali ke hotel usai uji coba lapangan. Sebelum bertanding besok.

PSM Kunci Susunan Pemain Hadapi Persija

0
Pelatih PSM Darije Kalezic (dua kanan).ANTARA FOTO/HO/Media PSM Makassar

MakassarPost.com, Makassar – Pelatih PSM Darije Kalezic mengunci rapat-rapat terkait komposisi atau susunan pemain (starting eleven) yang akan diturunkan saat menghadapi Persija Jakarta di babak final leg kedua Piala Indonesia di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, (28/7).

Pelatih Darije Kalezic di Makassar, Jumat, mengatakan para pemain yang diturunkan nanti tentunya diharapkan bisa memberikan penampilan terbaik demi merebut gelar juara Piala Indonesia.

Baca Juga : Tiket Laga PSM vs Persija Ludes

“Saya baru akan memberikan informasi (susunan pemain) satu jam sebelum laga. Sebab, saya sama sekali tidak ingin siapa pun tahu strategi apa yang kita siapkan menghadapi Persija,” katanya.

Pelatih berusia 49 tahun itu juga menyembunyikan sosok yang akan menggantikan posisi Marc Anthony Klok di lini tengah setelah ia absen karena akumulasi kartu.

Demikian juga dengan barisan depan tim Juku Eja yang akan disiapkan untuk memporakporandakan benteng pertahanan tim Macan Kemayoran pada laga tersebut.

“Saya akan memberi tahu kalian (wartawan) sejam sebelum laga,” jelasnya.

Dalam latihan persiapan jelang kontra Persija, tim pelatih juga memberlakukan sistem latihan tertutup. Tim pelatih fokus menyiapkan strategi khusus agar bisa membalikkan keadaan sekaligus menjuarai turnamen Piala Indonesia.

“Kalian tidak perlu tanyakan ‘starting eleven’ karena kita menyiapkan strategi yang tidak boleh diketahui untuk laga nanti, saya harap dimengerti,” ujarnya.

Surya Paloh-Anies dan Sinyal Peringatan untuk PDIP

0
Pertemuan Surya Paloh-Anies dan Sinyal Peringatan untuk PDIP Surya Paloh bertemu dengan Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)

MakassarPost.com, Jakarta – Pertemuan antara Ketua Umum NasDem Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menimbulkan pertanyaan. Tak lain dan tak bukan, karena di saat yang sama, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bertemu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Dua pertemuan yang terjadi secara bersamaan ini dinilai sangat berkaitan.

Direktur Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojuddin Abbas menilai NasDem tengah gusar dengan PDIP. Sikap itu seolah ingin ditunjukkan kepada publik.

“Sangat mudah dibaca. Pertemuan Surya Paloh dengan Anies Baswedan adalah sinyal peringatan kuat yang dikirim Nasdem kepada PDIP,” kata Sirojuddin saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (24/7).

Diketahui, Surya Paloh mengundang Anies Baswedan ke kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (24/7). Seolah ingin menarik perhatian publik lantaran agenda itu diminta untuk diliput media. Padahal, di waktu yang sama, sudah diketahui publik bahwa Megawati dan Prabowo mengagendakan pertemuan.

Sirojuddin mengamini bahwa pertemuan antara Megawati dan Prabowo memulihkan hubungan keduanya usai Pilpres 2019. Hubungan PDIP dan Gerindra otomatis menjadi kembali mesra.

Akan tetapi, jika PDIP mengakomodasi Gerindra untuk gabung koalisi pemerintahan, maka jadi lebih banyak pihak yang mendapat jabatan. Implikasinya, jatah untuk parpol koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf berkurang.

NasDem pun kena dampak. Jatahnya mungkin berkurang. Karenanya, wajar jika NasDem gusar.

Tidak menutup kemungkinan PDIP memberikan jabatan lebih banyak kepada Gerindra. Alasannya, partai berlambang kepala Garuda itu mendapat kursi yang lebih banyak di parlemen dibanding NasDem hasil Pemilu 2019.

“Jika Gerindra gabung, berarti porsi mereka (NasDem) akan berkurang sangat banyak,” tutur Sirojuddin.

Megawati dan Prabowo sepakat rukun usai Pilpres 2019Megawati dan Prabowo sepakat rukun usai Pilpres 2019 (CNN Indonesia/Safir Makki)

Di samping soal pembagian jatah di kabinet, NasDem juga dinilai bakal kehilangan pengaruh apabila Gerindra masuk ke dalam koalisi. Figur Megawati dan Prabowo menjadi sangat dominan.

“Gabungan PDIP dan Gerindra, Mega dengan Prabowo, akan memilki kekuatan sangat besar di koalisi,” tutur Sirojuddin.

Menurut Sirojuddin, selama ini, Ketua Umum NasDem Surya Paloh termasuk figur yang sangat dihormati oleh parpol koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf. Begitu pun Megawati.

PDIP-Gerindra, diyakini Sirojuddin, tidak bermaksud menjalin kemesraan demi hubungan jangka panjang hingga Pilpres 2024. Menurutnya, itu terlalu jauh.
Namun, pengaruh Surya Paloh dan NasDem terancam pudar jika Prabowo bergabung ke dalam koalisi. Duo Megawati-Prabowo akan sangat dominan.

Bahkan tak hanya NasDem. Partai lain seperti Golkar, PKB, dan PPP tidak akan mampu menandingi pengaruh Megawati dan Prabowo.

“Keduanya bisa mendominasi pengaruh partai-partai anggota koalisi lain,” kata Sirojuddin.

Sirojuddin menganggap duo PDIP-Gerindra justru lebih dikhawatirkan terlalu dominan dalam pengambilan kebijakan di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Parpol lain menjadi sulit untuk ambil bagian.

“Jika Prabowo masuk, maka bisa dibayangkan perubahan power dynamic yang akan terjadi di dalam koalisi. Terutama pengaruh dalam hal keputusan-keputusan strategis dan pilihan kebijakan,” tuturnya.

(bmw/bmw)

Baiq Nuril : Jangan Ada yang Seperti Saya, Menyakitkan Sekali

0
Baiq Nuril (Lamhot Aritonang/detikcom)

MakassarPost.com, Jakarta – Surat pertimbangan pemberian amnesti untuk Baiq Nuril dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah disetujui DPR lewat rapat paripurna. Baiq mengaku bersyukur dan berharap tidak ada lagi perempuan lain yang mengalami kejadian seperti yang dialaminya.

“Jangan sampai, mulai detik ini jangan sampai ada yang seperti saya. Itu menyakitkan sekali, jangan sampai ada. Saya berharap jangan sampai ada,” kata Baiq di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Baca Juga : Menkumham “Mengatakan Amnesti untuk Baiq Nuril Segera Keluar”

Dia mendorong para perempuan berani bersuara ketika mengalami pelecehan seksual. Baiq Nuril menegaskan pelaku tidak boleh diberi kesempatan untuk melakukannya berulang.

“Harus berani, harus berani. Jangan beri kesempatan kedua kali. Kalau itu terjadi pada Anda sekali, jangan beri kesempatan untuk kedua kalinya. Harus Anda berani bersuara,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, kuasa hukum Baiq, Joko Jumadi, turut menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Dia yakin setelah persetujuan DPR, Jokowi tak akan menunda penerbitan keputusan presiden (keppres) tentang amnesti untuk Baiq.

“Kami sangat yakin kepada presiden akan segera mengeluarkan amnesti. Kami tak akan mendorong-dorong, tapi kami akan menunggu. Yang ditunggu presiden kan secara formal kan pertimbangan dari DPR,” kata Joko.

Baiq Nuril mengaku sebagai korban pelecehan seksual oleh pria berinisial M, yang merupakan atasannya. Baiq Nuril melaporkan M karena diduga telah melakukan tindak pidana pencabulan terhadapnya.

Dalam persidangan di PN Mataram, terungkap pembicaraan M dengan Baiq Nuril via telepon. Eks atasan Baiq Nuril itu kerap menceritakan hubungan badannya dengan wanita lain yang bukan istrinya. Merasa dilecehkan, Baiq Nuril pun merekam percakapan itu lewat ponsel miliknya.

Kasus tersebut berlangsung pada 2012 saat Baiq Nuril masih menjadi staf honorer di SMAN 7 Mataram. Sedangkan M kala itu masih menjabat Kepala SMAN 7 Mataram.

Namun, dalam upaya mencari keadilan, Mahkamah Agung (MA) lewat majelis hakim sidang PK menilai kasus yang menjerat Baiq, yaitu mentransmisikan konten asusila sebagaimana diatur dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), memang terjadi. MA menanggap Baiq Nuril melanggar UU ITE.

“Dia dipersalahkan karena merekam. Ini ada muatan kesusilaan, dikasih ke mudawi. Dia patut menyadari dengan dikasih ke orang ini, muatannya bagaimana sehingga dipersalahkan keduanya itu menurut hakim kasasi. Kemudian di PK emang faktanya seperti itu,” tutur jubir MA, Andi Samsan Nganro, saat membacakan pertimbangan MA menolak PK Baiq Nuril.

Siang ini, DPR resmi menyetujui surat pertimbangan amnesti dari Presiden Jokowi untuk Baiq Nuril. Dalam sidang paripurna ini, semua anggota DPR menyepakati hasil rapat pleno soal pemberian amnesti ke Baiq Nuril oleh Komisi III DPR.

DPR Setujui Pertimbangan Amnesti, Baiq Nuril: Terima Kasih:

(tsa/gbr)

Tiket Laga PSM vs Persija Ludes

0

MakassarPost.com, MAKASSAR — Panpel PSM memutuskan membuka tiket pertandingan PSM vs Persija hari ini. Bisa di beli online di kiostix. Kecuali tiket VIP Utama yang diprioritaskan untuk tamu undangan.

Pertandingan leg kedua final Piala Indonesia ini akan berlangsung di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Minggu, 28 Juli mendatang. CEO PSM, Munafri Arifuddin mengatakan tiket VIP sengaja belum dijual untuk menunggu penyampaian resmi dari PSSI. Terutama terkait tamu dari pusat yang akan hadir.

Ini karena ada prosesi penyerahan piala yang akan diberikan langsung oleh PSSI. “Kita tunggu permintaan PSSI, berapa tempat duduk yang harus kita sediakan,” kata pria yang akrab disapa Appi tersebut kepada FAJAR, Selasa, (23/7).

Appi menunggu penyampaian resmi PSSI paling lambat Jumat, 26 Juli. Dia memprediksi juga ada tamu kenegaraan yang akan hadir, mulai dari tingkat kementerian hingga pemerintah daerah.  “Makanya saya juga minta kepastian dari Sekjen (PSSI). Apakah ada (tiket VIP) yang bisa dijual atau tidak,” jelasnya.
Kapasitas VIP Utama terbatas. Hanya menyediakan 750 kursi. Belum terhitung tiket terusan yang sudah dipesan sejak jauh hari.

Terpisah, Media Officer PSSI, Bandung Saputra, menyebut sedikitnya ada 15-an tim dari PSSI yang akan berangkat ke Makassar secara bertahap Rabu, 24 Juli hingga hari H pertandingan. “Jumlahnya itu di luar Bos,” katanya.

Pimpinan PSSI seperti Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum, Iwan Budianto dan Sekjen, Ratu Tisha, dijadwalkan hadir sekaligus yang menyerahkan piala. Ada juga perwakilan dari sponsor utama Kratingdaeng.

Sementara pengurus PSSI lainnya belum mengonfirmasi, sebab jelang final juga ada agenda Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan di laksanakan di Kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu, 27 Juli mendatang.  Selain jajaran PSSI, juga ada beberapa dari operator Liga 1, PT LIB. Salah satunya di wakili Manager Media and Public PT LIB, Hanif Marjuni. (tam/ian)

HARGA TIKET
VIP Utama: Rp250 ribu (kuota tunggu PSSI)
VIP Utara/Selatan: Rp175 ribu
Terbuka Timur: Rp40 ribu
Terbuka Utara/Selatan: Rp35 ribu

Gempa Bali Magnitudo 4,9 Terjadi di Jembrana

0

MakassarPost.com, JakartaGempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Jembrana, Bali. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Regional Denpasar, gempa ini terjadi Rabu (24/7/2019) pukul 08.29 WIB.

Baca Juga : BMKG Menjelaskan Penyebab Gempa Bali

Pantauan detikcom, gempa ini juga terasa di Denpasar selama beberapa detik. Namun, ini tak mengganggu aktivitas warga.

Lokasi gempa berada di koordinat 8,98 Lintang Selatan, 114,17 Bujur Timur. Pusat gempa ada di 84 km barat daya Jembrana Bali. Hiposenter gempa ada di kedalaman 71 km.

Balum ada laporan lebih lanjut dari dampak gempa ini.

Simak Video “Geger Potensi Gempa Megathrust M 8,8 dan Tsunami Dahsyat”

(ams/gbr)

Dokter Gigi Honorer Dianulir PNS Karena Disabilitas

0

MakassarPost.com, SOLOK– Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat membuat keputusan kontroversial. Musababnya, menganulir pengangkatan pegawai negeri sipil drg. Romi Syofpa Ismael. Seorang dokter gigi honorer yang sudah empat tahun mengabdi di Puskesmas Talunan.

Terkait dianulirnya Syofpa, di media sosial ramai jika dia batal jadi PNS lantaran menyandang disabilitas. Ini karena dia mengalami lemah tungkai kaki (paraplegia), usai melahirkan pada 2016 silam.

Meski begitu, kondisi tersebut tidak menghalanginya bekerja. Dia tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat Talunan yang berobat ke puskesmas.

Baca Juga : Honorer Ajukan 7 Syarat Jika Terpaksa Jadi PPPK

Atas dedikasinya itu, Romi mendapat perpanjangan kontrak setahun berselang. Dia diangkat sebagai tenaga honorer harian lepas. Tahun 2018, ibu satu anak itu mencoba mengubah nasib. Mengikuti tes CPNS. Hasilnya pun memuaskan. Dia menempati peringkat pertama dalam seleksi di daerahnya.

Namun, nahas, Pemkab Solok Selatan menganulir kelulusan dalam rangkaian tes CPNS. Alasannya, karena Romi menyandang disabilitas.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara, Mohammad Ridwan mengatakan, pihaknya masih mencari info detil kasus tersebut. ”Yang jelas, ada pernyataan mengundurkan diri dari yang bersangkutan karena tidak memenuhi syarat,” ucapnya, Selasa (23/7).

Atas dasar tersebut, Badan Kepegawaian Daerah Solok Selatan mengajukan permohonan penggantian. ”Permohonan itu kemudian disetujui BKN karena memang memenuhi syarat petunjuk teknis sesuai Peraturan BKN nomor 14 tahun 2018,” kata Ridwan.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Mudzakir enggan berkomentar banyak. Pihaknya, hanya mendorong proses seleksi CPNS agar berlangsung transparan dan adil. ”KASN (komite Aparatur Sipil Negara) akan lebih tepat merespons,” ujarnya.

Komisioner KASN, Waluyo mengaku belum mengetahui kasus tersebut. ”Saya tidak tahu soal itu. Belum ada laporan jadi saya tidak tahu apa yang harus ditanggapi,” tandasnya. (jp)

Cerita Pendaki Atasi Hipotermia Dengan Cara Bersetubuh

0
Cerita viral pendaki atasi hipotermia dengan bersetubuh. (Foto: Tangkapan layar Instagram)

MakassarPost.com, Jakarta – Di media sosial viral cerita tentang pendaki yang mengatasi masalah hipotermia dengan bersetubuh. Hal ini jadi perbincangan dengan banyak netizen menganggap kalau cara tersebut keliru dan lainnya penasaran.

Cerita berawal dari tangkapan layar komentar seseorang di media sosial yang menyebut dirinya pernah menemukan kasus hipotermia parah pada pendaki wanita di Gunung Rinjani. Kala itu segala cara sudah dicoba hingga akhirnya diputuskan untuk menyetubuhi sang wanita untuk meningkatkan suhu tubuhnya.

Baca Juga : SAR Mulai Evakuasi Jenazah yang Ditemukan di Bukit Piramid

“Yg lucunya kami ada 20 org nungguin diluar tenda smbil nunggu si cowok melakukan itu sambil minum kopi :v. Alhamdulillah stelah itu cewek itu trslamatkan,” tulis komentar.

Apakah cerita benar terjadi atau hanya bercanda tidak diketahui pasti. Namun demikian tangkapan layar tersebut beredar jadi perbincangan ramai di antara netizen. Contohnya satu unggahan di Instagram pada 14 Juli lalu sudah mengumpulkan hampir 10 ribu reaksi like dan 700 komentar.

Sebagian besar netizen menyebut kalau mengatasi hipotermia dengan disetubuhi adalah cara yang keliru. Metode skin to skin contact disebut memang jadi cara yang dianjurkan dalam kondisi yang benar-benar darurat.

“Skin to skin bukan menyetubuhi, masih banyak cara penanganan yang lebih adab, duh kalo gagal paham tihati malah jd modus cabul..,” komentar pengguna Instagram ak****

Sabar, Skep, Ners, dari Basic Life Support Rumah Sakit Pusat Pertamina pernah menjelaskan metode skin to skin diberikan dengan cara saling menyentuhkan kulit. Dalam kondisi ekstrem metode ini bisa membantu cepat menaikkan suhu tubuh.

“Skin to skin jauh lebih efektif, karena adanya hantaran hangat dari dalam tubuh kita. Nah, ini yang bisa cepat menaikkan suhu tubuh seseorang yang terkena hipotermia,” ungkap Sabar.

Simak Video “Cara Menangani Korban Hipotermia yang Tak Sadarkan Diri”

(fds/wdw)

Kiki Fatmala Pindah Agama ? Benarkah

0

Foto: Istimewa

MakassarPost.com, Jakarta – Ozy Syahputra mengaku tidak tahu apakah Kiki Fatmala benar pindah agama atau tidak. Jika memang iya, Ozy hanya berpesan Mariam di Si Manis Jembatan Ancol itu bisa menghargai keputusannya.

“Iya. soalnya agama itu kan pilihan ya kan. Kalau Kiki merasa ini (nyaman) terima jangan setengah-setengah. Pesenku itu aja,” ujar Oxy Syahputra kepada detikHOT, Selasa (23/7/2019).

Lebih lanjut, Ozy Syahputra tidak mau ikut campur mengenai hal tersebut. Karena menurutnya agama itu sudah masuk ke dalam ranah pribadi.

Sebenarnya, kabar Kiki Fatmala pindah keyakinan dari Islam ke Kristen sudah lama mencuat. Yaitu saat dirinya memutuskan menikah dengan mantan suaminya, Christian Forshcei, pada 2004.

Tak sampai di sana, Kiki Fatmala juga pernah berseteru dengan ibundanya karena tak direstui menikah dengan beda agama. Namun, keputusannya sangat bulat sampai akhirnya keduanya melangsungkan pernikahan tersebut Austria.

Simak Video “Kiki Fatmala dan Ozy Syahputra Bersyukur Punya Image ‘Horor'”

(hnh/kmb)

Live Streaming PSM vs Persebaya, PSM

0
Pesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) menggiring bola dengan dikawal pesepak bola Became Binh Duong Victor Nabay Mansaray (kedua kiri) pada laga semi final leg kedua Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

MakassarPost.com – PSM Makassar bakal menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan laga pekan kesembilan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Rabu (17/7/2019) pukul 18.30 WIB.

Persebaya bisa dibilang merupakan lawan tangguh yang akan dihadapi PSM. Sebab sembilan laga yang dilalui skuat asuhan Djadjang Nurdjaman baru mengalami dua kekalahan yakni, saat laga perdana melawan Bali United dan laga pekan kedelapan kontra PSS Sleman. Sementara tujuh laga sisanya, Persebaya mengoleksi empat seri dan tiga kali menang.

Namun, jelang bertamu ke Andi Mattalatta, skuat Bajol Ijo kehilangan dua pemain pentingnya di lini pertahanan. Persebaya dipastikan bakal tampil tanpa Hansamu Yama dan sang kapten, Ruben Sanadi absen karena cedera.
Suasana laga Persebaya vs Madura United pada laga leg pertama perempatfinal Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (19/6/2019) petang WIB. [Laman resmi Persebaya]
Suasana laga Persebaya vs Madura United pada laga leg pertama perempatfinal Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (19/6/2019) petang WIB. [Laman resmi Persebaya]

Di sisi lain, PSM Makassar juga tergolong tim nan perkasa terutama di kandang. Tercatat Marc Klok dkk belum pernah kalah di kandang selama gelaran Liga 1 2019.

 

Dengan absennya dua pilar Persebaya Surabaya, PSM berpeluang memperpanjang rekor tak pernah terkalahkan di kandang untuk keempat kalinya.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan skuat asuhan Darjie Kalezic yakni keberadaan bomber Bajol Ijo yang tengah dalam kondisi on fire yakni Amido Balde yang diperkirakan bakal tampil di laga tersebut.

Pemain asal Guinea-Bissau itu terhitung telah menyumbangkan empat gol untuk Bajol Ijo. Penyerang 28 tahun itu juga mencatatkan hat-trick saat menggulung Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, 5 Juli lalu. Jelas hal itu dinilai akan merepotkan pertahanan PSM.

Penyerang PSM Makassar, Eero Markkanen (tengah) merayakan golnya ke gawang Kaya FC bersama rekan-rekannya, dalam laga matchday keempat Grup H Piala AFC 2019 di Panaad Stadium, Bacolod, Filipina, Rabu (17/4/2019) sore WIB. [Twitter resmi Piala AFC]
Penyerang PSM Makassar, Eero Markkanen (tengah) merayakan golnya ke gawang Kaya FC bersama rekan-rekannya, dalam laga matchday keempat Grup H Piala AFC 2019 di Panaad Stadium, Bacolod, Filipina, Rabu (17/4/2019) sore WIB. [Twitter resmi Piala AFC]

Pertandingan dua tim tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi statistik. Meski tak bisa dipastikan siapa yang bakal menang, kedua tim bakal bermain ngotot. Siapakah yang bakal membawa pulang tiga poin sempurna di Makassar?, kita lihat saja nanti.

Berikut ini link live streaming yang bisa disaksikan saat Juku Eja dan Bajul Ijo berlaga di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, pukul 18.30 WIB

Link 1

Link 2

Gagal Jebol Perawan, Remaja Ini Dijemput Polisi

0

MakassarPost.com, Palopo – Satuan Reskrim Polres Palopo mengamankan seorang remaja berusia 18 tahun, terduga pelaku percobaan pemerkosaan anak di bawah umur, Selasa (16/7/2019).

Remaja itu berinisial Ad, beralamat di Jalan Gunung Jati, kota Palopo, Sulawesi Selatan. Ad diamankan petugas berdasarkan laporan polisi nomor: LPB/173/VII/2019/SPKT. Tanggal 12 Juli 2019.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Mendampingi Gadis Pinrang yang Diperkosa 5 Pemuda Hingga Hamil

Dalam laporan itu, Ad diduga kuat melakukan aksi cabul terhadap seorang gadis berusia 15 tahun berstatus siswi SMP, sebut saja namanya Bunga (Samaran, red).

Berdasarkan keterangan korban dijelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi di rumah pelaku sekitar bulan April 2019.

Kapolres Palopo, AKBP Ardiansyah, mengutip keterangan korban menjelaskan kronologi peristiwa yang dialami korban.

“Korban datang ke rumah pelaku, kemudian keduanya ngobrol dan bertengkar sambil bercanda-canda, kemudian keduanya masuk ke dalam kamar yang saat itu kamar dalam keadaan gelap. Korban mengaku dibujuk oleh pelaku untuk berhubungan badan (bersetubuh),” kata Ardiansyah.

Lanjutnya, bahwa pelaku saat itu berhasil membujuk korban melepas seluruh pakaiannya. Pelaku kemudian menindih tubuh korban yang sudah dalam kondisi berbaring dan berusaha memasukkan alat kelaminnya.

Baca Juga : Guru SMP di Serang Mengaku Setubuhi Siswi di Sekolah

“Dari keterangan korban, bahwa dirinya sempat ditindih pelaku saat dalam keadaan berbaring. Korban merasakan sesuatu yang masuk ke alat vital-nya. Di situ korban merasa sakit kemudian menyuruh pelaku untuk berhenti dan permintaan itu dituruti oleh pelaku,” sambungnya.

Setelah menerima laporan korban, petugas kemudian melakukan pengejaran dan beehasil mengamankan pelaku
yang saat itu tengah berada di Jalan Patang (samping SMPN 2 Palopo) kota Palopo.

Dihadapan petugas pelaku tak menampik perbuatannya, meski bersikukuh bahwa dirinya gagal merenggut kesucian korban.

“Yah, pelaku mengakui perbuatannya itu, tapi pelaku bertahan tak sampai merenggut kesucian korban,” jelasnya.

Dalam kasus ini pelaku diperhadapkan dengan sejumlah pasal, antaralain percobaan pemerkosaan, perbuatan asusila dan pasal perlindungan anak,” katanya. (Adi)

Klasemen Liga 1 2019 Tira Persikabo Belum Terkalahkan dan Kukuh di Puncak

0
FERI SETIAWAN/SUPERBALL.ID Striker PS Tira-Persikabo Osas Saha selebrasi usai membobol gawang Persib Bandung dalam laga pembuka Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (2/3/2019) sore WIB. Kini Osas Saha membobol klub besar lainnya, Persija Jakarta, di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

MakassarPost.com, PS Tira Persikabo menjadi tim yang belum terkalahkan, usai menekuk Persija Jakarta 5-3. Laskar Pajajaran kini kian kukuh di puncak klasemen Liga 1 2019.

Tira Persikabo membungkam Persija, juara bertahan Liga 1, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kab. Bogor, Selasa (16/7/2019). Tim besutan Rahmad Darmawan menang 5-3.

Gol Tira Persikabo masing-masing dilesakkan Loris Arnaud di menit ke-8, Osas Saha (22′, 64′), Muhammad Marasabessy (43′) dan Ciro (59′). Adapun Persija mendapat tiga gol lewat hat-trick Marko Simic (7′, 32′, 71′).

Baca Juga : Final Piala Indonesia PSM vs Persija, Dishub Diskon Tiket Pelni untuk Suporter PSM

Hasil itu membuat Tira Persikabo menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga 1 2019. Sebelumnya, Bali United dan Madura United sudah tumbang duluan.

Bali United tumbang 0-1 dari Barito Putera, sementara Madura United dikalahkan Persipura Jayapura 0-1.

Kemenangan atas Persija juga membuat Tira Persikabo kukuh di puncak klasemen Liga 1 2019. Wawan Febriyanto Cs kini mengoleksi 19 poin dari 9 laga (5 menang dan 4 imbang), unggul tiga poin dari Bali United (16) dan Madura United (14).

Adapun kekalahan membuat Persija terbenam. Macan Kemayoran kini masuk zona merah, yakni ke posisi 16, lantaran baru meraih 6 poin dari 7 laga (sekali menang, 3 imbang dan 3 kalah), hanya lebih baik dari Persela Lamongan (5) dan Semen Padang (3).

Garuda Melaporkan Pengunggah Menu Makanan Ditulis Tangan ke Polisi

0
Kolase instastory Rius Vernandes terkait catatan menu makanan Garuda Indonesia yang ditulis tangan Foto: Instagram/@rius.vernandes

MakassarPost.com, Unggahan pemilik akun Rius Vernandes di Instagram soal menu di pesawat Garuda Indonesia menggunakan tulisan tangan berbuntut panjang. Kini, Rius dipanggil oleh pihak kepolisian.

“Iya benar kami menerima laporan,” kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Victor Togi Tambunan kepada kumparan, Selasa (16/7).

Ia menjelaskan, polisi juga sudah mengirimkan surat pemanggilan kepada Rius. Sejumlah saksi lainnya juga akan dipanggil.

“Saat ini sedang mengundang dan memanggil saksi-saksi terkait laporan tersebut,” ungkapnya.

Victor menambahkan, pihak yang melaporkan Rius adalah Garuda Indonesia. “Iya pelapor dari pihak Garuda,” tutur dia.

kumparan juga telah mencoba mengkonfirmasi Rius terkait hal ini. Namun, hingga berita ini dirilis belum ada jawaban.

Rius merupakan influencer asal Indonesia. Beberapa waktu lalu, ia mengunggah sebuah foto menu makanan yang ditulis dengan tangan dalam secarik kertas.

Berdasarkan unggahan tersebut, catatan menu makanan yang ditulis tangan tersebut diberikan ke pada penumpang kelas bisnis karena awak kabin beralasan bahwa buku menu yang seharusnya digunakan masih dalam proses percetakan.

Dalam akun Twitter resminya, Garuda Indonesia sudah menjelaskan bahwa catatan tersebut bukanlah kartu menu bagi penumpang.

Tetapi catatan pribadi awak kabin saat tengah bertugas yang sebaiknya tidak disebarluaskan.

“Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang, melainkan catatan pribadi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan. Terima kasih.,” cuitnya, ketika menanggapi kekecewaan warganet terkait pelayanan Garuda Indonesia bagi para penumpangnya.

Ilustrasi Makanan di Pesawat Foto: Shutter Stock

Live Streaming Tira Persikabo vs Persija Jakarta

0
Tira Persikabo vs Persija Jakarta © Bola.net

MakassarPost.com, Persija Jakarta akan menghadapi tuan rumah Tira Persikabo pada pekan ke-9 Shopee Liga 1 2019, Selasa (16/7). Pertandingan di Stadion Pakansari ini akan disiarkan secara langsung di Indosiar dan live streaming eksklusif di Vidio Premier.

Persija datang ke markas Tira Persikabo dengan kepercayaan diri yang cukup tinggi. Persija belum terkalahkan dalam 10 pertemuan terakhir melawan Tira Persikabo, baik ketika masih bernama PS TNI dan PS Tira, dengan delapan kemenangan dan dua kali imbang.

Baca Juga : Final Piala Indonesia PSM vs Persija, Dishub Diskon Tiket Pelni untuk Suporter PSM

Terakhir, pertemuan kedua tim tersaji di babak 16 besar Piala Indonesia 2018, di mana Persija mendepak Tira Persikabo dengan agregat 4-2.

Namun Persija sadar laga melawan Tira Persikabo kali ini tak akan mudah. Terlebih lagi, tim tuan rumah sedang berada dalam tren positif setelah tak terkalahkan dalam 10 laga terakhir.

Tira Persikabo belum terkalahkan dan saat ini memimpin klasemen dengan 16 poin dari delapan pertandingan (M4 S4 K0). Sementara itu, Persija berada jauh di peringkat 15 dengan perolehan enam poin dari enam laga (M1 S3 K2).

Jadwal lengkap dan live streaming pertandingan Tira Persikabo vs Persija Jakarta bisa Bolaneters simak di bawah ini.

Jadwal Lengkap Pertandingan dan Live Streaming

Tira Persikabo vs Persija Jakarta

Bolaneters dapat menyaksikan exclusive live streaming pertandingan Tira Persikabo vs Persija Jakarta di Vidio Premier dengan berlangganan per bulan di link berikut ini.

BMKG Menjelaskan Penyebab Gempa Bali

0
ilustrasi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan asal mula gempa yang pagi ini mengguncang Nusa Dua, Bali. Gempa pagi hari ini menurut Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly terjadi karena adanya pergerakan lempeng bumi.

Aktivitas lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia di dalam perut bumi yang menjadi penyebab gempa. Gempa itu berkekuatan magnitudo 6.0 SR, namun kemudian direvisi menjadi 5.8 SR.

“Hasil analisis mekanisme gempa menunjukan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis mendatar (oblique thrust fault),” jelas Sadly pada konferensi pers di Gedung BMKG, Jakarta Pusat, Selasa (16/7).

Baca Juga : Gempa Guncang Nusa Dua Bali

Dari hasil analisis itu juga kata Sadly dipastikan bahwa titik gempa berada pada kedalaman 104 Kilometer di bawah laut dengan jarak pusat gempa dari daratan berada pada Koordinat 9.08 lintang selatan dan 114,55 Bujur Timur.

“Atau tepatnya episenter gempa ini berlokasi di laut dengan jarak kurang lebih 80 kilometer dari daratan Bali,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menyebut aktivitas lempeng bumi yang berakibat pada terjadinya gempa bumi tak hanya bisa terjadi di wilayah Bali, mengingat Indonesia juga berada di kawasan Ring Of Fire.

Maka kata Rahmat gempa bumi sewaktu-waktu bisa terjadi di mana saja selama wilayah tersebut beririsan dengan lempeng bumi dan jika ada aktivitas pergerakan dari empat lempeng yang ada di bawah perut bumi Indonesia. Empat lempeng itu yakni, Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik dan Lempeng Hindia.

“Hampir seluruh Indonesia (berpotensi gempa) tidak hanya di Bali. Bisa saja nanti bergeser ke Aceh, ke Papua, karena memang (lempeng) semuanya saling bergerak dan aktif sehingga memicu gempa di daerah pertemuan lempeng itu,” jelas Rahmat.

Rahmat juga menjelaskan gempa yang terjadi di Nusa Dua Bali ini tak ada kaitannya sama sekali dengan gempa yang terjadi di Maluku beberapa waktu lalu. Sumber pemicu kedua gempa ini menurut Rahmat berbeda dan tak bisa dikaitkan satu sama lain.

“Yang di sini (Bali) akibat subduksi dari Australia dan Eurasia, sementera di Maluku kemarin akibat pergeseran dari aktivitas sesar sorong bacan,” katanya.

Saat ditanya apakah gempa yang terjadi di Nusa Dua Bali ini berpotensi meningkatkan aktivitas Gunung Agung, Rahmat tak membantah. Hanya saja kata dia, hal tersebut akan lebih baik dijelaskan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Kalau ditanya bisa gak, ya sangat bisa, sangat memungkinkan bahwa itu memicu (aktivitas gunung) tapi tentunya rekan-rekan PVMBG yang bisa menjawab apakah ada peningkatan aktivitas setelah gempa tadi pagi. apakah ada peningkatan tremor di gunung agung misalnya, yang punya catatan adalah di badan geologi,” kata dia. (tst/eks)

Final Piala Indonesia PSM vs Persija, Dishub Diskon Tiket Pelni untuk Suporter PSM

0

MakassarPost.com Makassar – Dinas Perhubungan Kota Makassar akan memberi potongan harga tiket kapal Pelni bagi suporter PSM yang akan berangkat ke Senayan menyaksikan laga final Piala Indonesia, Minggu, 21 Juli 2019 mendatang.

“Jadi kami telah meminta ke Dirjen Hubungan Laut Kementerian Perhubungan yang telah didisposisi ke PT Pelni Pusat, terkait potongan harga tiket kapal untuk suporter PSM di final Piala Indonesia, maka sesuai PM Perhubungan, diberikan discount ticket kapal Pelni sebesar 20 persen untuk suporter PSM yang akan menggunakan transportasi kapal Pelni,” Kadishub Kota Makassar, Iqbal.

Adapun kapal dimaksud adalah ialah Rute Makassar – Jakarta, KM Dorolonda, Selasa, 16 Juli 2019. Rute Jakarta – Makassar, KM Dobonsolo, Senin, 22 Juli 2019.

“Untuk pembelian tiket kapal tersebut, diharapkan para suporter atau perwakilan suporter untuk segera menghubungi kantor PT Pelni Cabang Makassar Jl. Jend Sudirman,” pungkasnya.

Diketahui, sehari setelah jadwal pemberangkatan KM Dorolonda, PSM Makassar harus menjamu Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Mattoanging, Rabu, 17 Juni 2019, sore.

Sebagian suporter juga tak ingin melewatkan laga klasik dua mantan tim perserikatan yang sama-sama punya sejarah panjang di kancah sepakbola Indonesia.

Bagi yang belum berangkat pada 16 Juli, Pemkot Makassar tetap akan berupaya membantu para suporter yang tidak berangkat menggunakan kapal laut.

Pesawat Hercules jadi solusinya agar bisa menyaksikan leg pertama final Piala Indonesia 2018 di SGBK Jakarta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar Achmad Hendra Hakamuddin mengatakan, Pj Wali kota Makassar M Iqbal S Suhaeb akan menyurat kepada Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II agar bisa membantu para suporter menggunakan pesawat Hercules.

”Bapak Pj Wali kota sedang mengusahakan. Besok suratnya akan disampaikan langsung ke Pangkoopsau. Insya Allah akan terus diusahakan. Hanya saja kalau jadi menggunakan pesawat Hercules tentu jumlahnya terbatas,” kata Hendra.

Gempa Guncang Nusa Dua Bali

0
Foto: Ilustrasi

MakassarPost.com, Jakarta – Gempa dengan magnitudo 6 terjadi di Nusa Dua, Bali. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” kata BMKG lewat akun Twitter-nya, Selasa (16/7/2019).

Gempa ini terjadi pada hari ini pukul 07.18 WIB. Lokasi gempa ada di koordinat 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur.

Pusat gempa ada di 83 km arah barat daya Nusa Dua. Hiposenter gempa ada di kedalaman 68 km.

Belum ada laporan lebih lanjut soal dampak gempa ini.

Baca Juga : BMKG Mencatat 4 Gempa Susulan Pascagempa 7,1 SR di Malut-Sulut

Tonton juga video Halmahera Selatan Porak-poranda Dihantam Gempa M 7,2:

(jbr/jbr)

Tinggal di WC SD, Guru Honorer Bergaji Rp 350 Ribu

0
Foto: Guru honorer di Serang tinggal di toilet (Bahtiar-detik)

MakassarPost.com, Pandeglang – Nining Suryani, guru honorer SD Negeri Karyabuana 3, Pandeglang terpaksa manfaatkan toilet sekolah jadi bagian rumahnya sejak 2 tahun lalu. Sebab, dia tak ada pilihan lain setelah rumahnya yang lama hancur.

“Kalau nempatin WC memang nggak boleh, kan ini dibangun di sebelahnya,” ujar Nining kepada wartawan di Cigeulils, Pandeglang, Banten, Senin (15/7/2019).

Nining mengaku sempat putus asa menjadi honorer sejak 2004 di sekolah ini. Dia hanya mendapat upah Rp 350 ribu yang dibayarkan pertiga bulan.

Baca Juga : Mendikbud Tinjau Hari Pertama Sekolah, Beri Pesan ke Guru dan Murid

“Putus asa karena pemerintah nggak ada kebijakan buat saya, putus ada usia sudah tua bagaimana selanjutnya kalau nggak ada perhatian dari pemerintah,” katanya.

Dia masih menyimpan mimpi untuk diangkat oleh pemerintah menjadi PNS. Jika pun tidak, ia meminta pemerintah memberikan perhatian kepada para honorer.

Baca Juga : Kebijakan Rekrutmen PPPK, Dani Hamdani: Sama Saja Bunuh Honorer

“Mau kecil, mau besar saya ikhlas terima,” ujarnya.
Untuk kebutuhan sehari-hari, ia menjual makanan kecil untuk murid-murid. Suaminya sendiri bekerja serabutan. Nining mengaku punya 2 anak. Satu sekolah di tingkat MTS dan satu kerja.

“Anak harus sekolah terus, saya semangat untuk biaya sekolah. Harapannya pengin jadi anak pintar” katanya.

Meski memanfaatkan toilet sekolah sebagai bagian dari rumahnya, Nining mengaku tidak terganggu. Ia memanfaatkan toilet untuk dijadikan dapur dan kebutuhan kakus. Sementara, ia memanfaatkan lahan di samping toilet untuk tinggal sehari-hari.
(bri/idh)

Senator Terpilih Ini Digugat ke MK Karena Fotonya Terlalu Cantik

0
Foto Evi Apita Maya yang digugat ke MK.

MakasssarPost.com, NTB – Di era medsos seperti sekarang, umumnya pengguna ingin tampak cantik. Fasilitas kamera ponsel sangat mendukung. Siapa sangka, foto cantik itu bisa digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Anggota DPD RI, Farouk Muhammad memprotes rivalnya di daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat (NTB), Evi Apita Maya gara-gara fotonya terlalu cantik pada baliho dan alat peraga kampanye lainnya.

Evi lolos ke DPD RI periode 2019-2024 bersama tiga pendatang baru lainnya. Evi Apita Maya meraih suara terbanyak 283.932. Disusul H Achmad Sukisman Azmy 268.905 suara, TGH Ibnu Halil 245.570 suara, dan Lalu Suhaimi Azmi 207.352 suara.

Fotonya Terlalu Cantik di Baliho, Senator Terpilih Ini Digugat ke MK

Sementara empat petahana tersingkir. Prof Dr Farouk Muhammad hanya meraih 188.687 suara. Lalu Baiq Diyah Ratu Ganepi 126.811 suara, Lalu Gede Syamsul Mujahidin 155.363 suara, Hj Robiatul Adawiyah 114.534 suara.

Kuasa hukum Farouk Muhammad, Happy Hayati Helmi menganggap Evi melakukan pelanggaran administrasi karena tidak jujur.

“Evi Apita Maya diduga telah melakukan manipulasi atau melakukan pengeditan terhadap pas foto di luar batas kewajaran. Ini akan dibuktikan dengan keterangan ahli, Yang Mulia,” kata  Happy Hayati Helmi dalam sidang MK, Jumat (12/7/2019).

Fotonya Terlalu Cantik di Baliho, Senator Terpilih Ini Digugat ke MK

Happy mengatakan foto hasil editan Evi yang dipakai di alat peraga kampanye itu membuat Evi mendapat suara terbanyak di NTB. Dia juga mempersoalkan logo DPD yang terpajang di sejumlah alat peraga kampanye Evi.

Dia menganggap tindakan Evi Apita Maya telah nyata mengelabui dan menjual lambang negara untuk simpati rakyat NTB.

“Dari pemilih yang memilihnya dengan alasan foto calon nomor urut 26 atas nama Evi Apita Maya cantik dan menarik walaupun pemilih tidak mengetahui siapa calon tersebut,” imbuhnya.

Fakta Tentang Aplikasi Belajar Para Millennials

0
Ruangguru, aplikasi belajar online. Foto: detikINET/Virgina Maulita Putri

MakassarPost.com, Jakarta – Belajar kini semakin mudah dengan bantuan aplikasi Ruangguru. Didirikan oleh sekumpulan anak muda Indonesia berbakat, kini Ruangguru jadi sahabat para millennials.

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi berbasis pendidikan. Perusahaan ini berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS).

Baca Juga : Maaf! Tak Ada Lagi Sekolah Favorit, Pendidikan Harus Adil untuk Semua

Berikut 5 fakta tentang Ruangguru yang didirikan oleh anak bangsa :

1. Bimbel Online Terbesar di Indonesia

Lebih dari 6 juta pengguna dan telah mengelola lebih dari 150.000 guru dan menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Bimbingan belajar (bimbel) berbasis online ini jadi yang terbesar di Indonesia.

Berdiri sejak tahun 2014, startup lokal ini berkembang sangat pesat. Kini Ruangguru menjadi partner belajar para millennials. Di sini, kamu bisa dengan bebas memilih bimbingan belajar untuk menghadapi persiapan ujian nasional atau pun persiapan menghadapi SBMPTN.

2. Pendiri Ruangguru

Ruangguru didirikan oleh Belva Devara dan Iman Usman. Keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses berusia di bawah 30 tahun. Belva Devara yang menjadi CEO Ruangguru ini merupakan orang Indonesia pertama yang mendapat beasiswa penuh di program bergelar ganda di Harvard University dan Stanford University.

Ia juga orang Indonesia pertama yang diterima dalam program gelar ganda studi Ilmu Komputer dan Bisnis di Nanyang Technological University (NTU).

Sahabat Belva yang bekerjasama mendirikan Ruangguru adalah Iman Usman. Ia adalah lulusan pendidikan FISIP jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan magister di Columbia University dengan IPK 3,99.

3. Cara Daftar Ruangguru

Produk dari Ruangguru ada banyak. Mulai dari ruangbelajar, ruanglesonline, digitalbootcamp, ruanguji, ruangles hingga ruangkelas. Bagi kamu yang ingin belajar dengan guru professional secara online, bisa daftar terlebih dulu.

Buka website https://ruangguru.com/register. Kamu bisa mendaftar sebagai murid dan guru. Bagi kamu yang ingin belajar pilih Daftar Sebagai Murid. Isi data kamu dengan lengkap seperti nama, email, nomor handphone, hingga kelas yang akan diikuti.

Setelah diisi lengkap, klik tombol submit. Langkah selanjutnya, kamu bisa mencari guru sesuai dengan minat kamu. Kamu harus mengisi data belajar, lokasi belajar, dan data diri. Lalu lakukan proses pembayaran.

4. Harga Paket Ruangguru

Harga paket belajar di Ruangguru sangat beragam. Untuk produk ruangbelajar dibandrol dengan harga mulai dari Rp 300 ribu sampai 1,45 ribu.

Sedangkan untuk beberapa produk lainnya, kamu bisa langsung cek di websitenya ya, karena sangat beragam dan dapat menggunakan voucer promo agar lebih hemat. Semua proses pembayarannya juga dilakukan online.

5. Fitur Baru Ruangguru

Baru-baru ini, Ruangguru mengeluarkan fitur terbaru. Live Teaching dapat menyiarkan langsung secara pemaparan dari guru melalui aplikasi. Pengguna pun dapat langsung melakukan tanya jawab melalui fitur chat.

Selain itu, ada juga Discussion Forum yang diskusinya bisa dimoderatori oleh pelajar sendiri.

Ruangguru bisa digunakan di smartphone ataupun ios dan PC.

Simak Video “Grab Berminat Jalin Kerja Sama Juga dengan LinkAja?”

(lus/nwy)

Isu Salmafina Sunan Pindah Agama, Ayahanda Minta Jangan Dihujat

0
Salmafina Sunan didoakan agar mendapat hidayah dari Allah SWT. (Foto: Instagram/@salmafinasunan)

MakassarPost.com, Jakarta – Kabar Salmafina Sunan pindah agama masih menjadi perbincangan publik. Namun, belum ada pernyataan resmi dari Alma, begitu biasa disapa, mengenai foto yang memperlihatkan ia mengenakan kalung berbentuk salib dan tengah berdoa.

Hingga kini, Salmafina Sunan juga belum bertemu sang ayah untuk memberikan penjelasan. Mantan istri Taqy Malik ini hanya bertemu sang ibunda.

Baca Juga : Salmafina Sunan Diisukan Pindah Agama

Salmafina Sunan, mengaku sempat kecewa dengan ayahnya yang mencarinya melalui Instagram. Hal itu diungkapkan Alma di Instagram Story, Minggu (14/7/2019).

Saya tidak memutus apapun, bahkan hari ini atas dasar keinginan hati saya seharusnya saya bertemu sama kedua orangtua saya yang luar biasa saya cintai. tapi karena saya merasa ada salah satu dari orangtua saya yang belum belajar bahwa dengan nyari saya di ig itu hanya memperburuk keadaan maka saya dengan berat hati harus membatalkan pertemuan itu,” tulisnya.

Didoakan Dapat Hidayah

Persoalan internal Sunan Kalijaga dengan sang buah hati, Salmafina Sunan, menuai empati dari banyak pihak.

Sunan Kalijaga juga didoakan agar kembali berkumpul dengan anggota keluarganya. Dan Salmafina kembali mendapat hidayah dari Allah SWT.

Jangan Menghujat

Sunan Kalijaga, bersyukur di tengah masalah yang tengah melandanya ia tak sendirian. Ia berharap kabar kepindahan agama putrinya tak menuai pro kontra.

Alhamdulillah masih banyak saudara seiman ISLAM yang simpati kepada persoalan yang kami hadapi… ini adalah contoh ukuah Islamiah kepada sesama…. STOP saling MENGHUJAT sesama karena agama ISLAM tidak pernah mengajarkan demikian,” tulisnya di akun Instagram, Minggu (14/7/2019).

Mendikbud Tinjau Hari Pertama Sekolah, Beri Pesan ke Guru dan Murid

0
Mendikbud meninjau hari pertama sekolah. (Farih Maulana Sidik/detikcom)

MakassarPost.com, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dijadwalkan meninjau langsung kegiatan hari pertama sekolah. Pagi ini, Mendikbud hadir memantau kegiatan hari pertama sekolah di SD Muhammadiyah 05 Jakarta.

Pantauan detikcom, Muhadjir tiba di lokasi, Jalan Limau, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019) pukul 06.55 WIB. Begitu tiba, Muhadjir, yang mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan peci warna senada, langsung disambut oleh para guru dan murid.

Baca Juga : Maaf! Tak Ada Lagi Sekolah Favorit, Pendidikan Harus Adil untuk Semua

Muhadjir bersalaman dan menyapa para guru dan murid. Terlihat ada banyak orang tua yang mengantar anak-anaknya di lokasi.

Setelah itu, Muhadjir langsung diantar menuju lapangan sekolah untuk mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MLPS). Muhadjir juga akan memberikan sambutan di hadapan para guru dan murid.

Mendikbud tinjau hari pertama sekolahMendikbud meninjau hari pertama sekolah. (Farih Maulana Sidik/detikcom)

MPLS diikuti oleh siswa-siswa SD Muhammadiyah 05 Jakarta, SMP Muhammadiyah 9, dan SMA Muhammadiyah 3, yang berada dalam satu lingkungan sekolah.

Membuka MPLS, Mendikbud berpesan bahwa setiap anak memiliki keistimewaan. Ia meminta para guru tidak memiliki pandangan negatif terhadap anak didiknya.

“Pesan saya, cermati oleh para guru, setiap anak punya keunikan, punya keistimewaan. Jangan sampai guru memiliki pandangan negatif terhadap anak. Punya anak punya keistimewaan. Semua anak pintar, apakah dia bisa digali kecerdasannya, itu tergantung gurunya,” ujar Muhadjir.

Muhadjir juga berpesan kepada para senior di sekolah agar selalu menjaga adik-adik kelasnya. Ia ingin para siswa belajar tanggung jawab sejak dini.

“Pesan saya kepada para kakaknya, mohon adik-adiknya dilindungi, diawasi. Kalau ada adik-adiknya ada hal yang kurang baik, mendapat ancaman, mohon berikan perlindungan kepada adik-adiknya. Kalau sejak dini sudah diajari tanggung jawab, akan bermanfaat di kemudian hari,” tuturnya.

Setelah memberikan sambutan, Muhadjir akan langsung menuju Tangerang untuk meninjau beberapa sekolah. Muhadjir dijadwalkan akan mengunjungi Sekolah Permata Insani, SDN Kutabumi 1, serta SMAN 24 Kabupaten Tangerang.

Simak Video Blak-blakan Mendikbud: Menjawab Kontroversi Sistem Zonasi

(azr/dnu)

PSM Makassar Menang 2-1 Dari Bhayangkara FC

0

MakassarPost.com, MakassarPSM Makassar menjamu Bhayangkara FC pada pekan ke- 8 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Makassar, kick off, Sabtu (13/7/2019) pukul 16:30 Wita.

Menit awal pertamdingan masih belum terlihat peluang – peluang namun PSM Makassar sudah mencoba membangun serangan.

Pertandingan babak pertama berlangsung ketak, dimana PSM Makassar cukup disiplin menjaga pertahan. Sementara Bhayangkara FC lebih memilih passing langsung ke depan.

Bhayangkara FC berhasil unggul lebih dulu pada menit ke 12, dibanding tim tuan rumah. Gol tersebut tercipta dari umpan Flavio yang dapat dimanfaatkan oleh Anderson Salles melalui sundulan kepala yang tidak dapat ditepis oleh Hilmansyah, kiper PSM Makassar.

Sepuluh menit terakhir pertandingan babak pertama, berbagai peluang tercipta oleh tim tuan rumah, namun PSM Makassar masih belum mampu menyamakan kedudukan.

Menit – menit akhir babak pertama PSM berhasil mengejar ketertinggalan berkat skor yang cetak oleh Mark klok melalui tendangan penalti yang berasal atas pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Bayangkara FC terhadap Ferdinand Sinaga.

Sehingga babak pertama berakhir dengan skor imbang 1 – 1 antara tim tuan rumah dengan Bayangkara FC.

Mengawali pertandingan babak kedua, PSM Makassar berhasil menambah keunggulan menjadi 2-1 atas Bhayangkara FC.

Gol tersebut diciptakan oleh Ferdinand Sinaga yang berhasil mencocor bola rebound dan langsung menembaknya ke arah gawang yang ditinggalkan Awan Setho.

Bola rebound tercipta dari bola crossing M. Rahmat dari sisi kanan pertahanan Bayangkara FC yang berhasil dimanfaatkan oleh Ferdinand Sinaga.
Bhayangkara FC masih terus menekan, berbagai peluang pun tercipta namun sampai sejauh ini tim tamu belum mampu menambah skor.

Pertandingan babak kedua berakhir dengan skor tipis 2-1 antara PSM Makassar melawan Bhayangkara FC. Kemenangan tersebut membawa PSM Makassar meraih 3 poin. (Tina)

Ini 7 Pesona Leanna Leonardo ‘Hakim’ Cantik dan Imut

0
Disangka Member JKT48, Ini 7 Pesona Leanna Leonardo ‘Hakim’ Cantik dan Imut (sumber: Instagram.com/leanna.leonardo)

MakassarPost.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial sedang viral tentang ‘hakim’ cantik bernama Leanna Leonardo. Nama Leanna mulai viral, berawal dari akun Twitter @MatthewTanoe yang mengunggah 4 foto Leanna memakai jubah hakim pada Sabtu Sore (13/7/2019). Apalagi Ann, sapaan akrab Leanna duduk di pengadilan dan berperan sebagai hakim ketua.

Tak disangka, unggahan di media sosial Twiter menjadi ramai dan viral. Banyak yang terkesan dengan wajah cantik dan imut Ann. Ditambah caption @MatthewTanoe yang bikin netizen penasaran dengan sosok Ann.

“Kamu divonis jatuh cinta tapi tidak bisa memiliki seumur hidup. Tok.” tulis akun Twitter @MatthewTanoe.

Postingan tersebut ramai hingga mendapatkan lebih dari 18 ribu retweet. Banyak yang menganggap Ann adalah member JKT48. Namun Ann berikan konfirmasi di Instagram pribadinya, bahwa ia bukan member JKT48.

Selain dianggap member JKT48, paras Ann jika diperhatikan secara detail memang sangatlah cantik dan imut. Foto memakai pakaian hakim bukanlah beneran, melainkan foto dokumentasi waktu praktik peradilan di kampus tempatnya belajar menimba ilmu.

Pesona Ann yang viral telah Liputan6.com rangkum dari Instagram @leanna.leonardo, Minggu (14/7/2019).

1. Ann merupakan mahasiswa Universitas Gadjah Mada

2. Ann baru resmi menjadi sarjana bulan Juni 2019

3. Ann belum menjadi Hakim, karena baru saja lulus perkuliahan

4. Melalui insta storiesnya, Ann menjelaskan bahwa foto dirinya menjadi hakim ketua ialah saat praktik peradilan semu di UGM

5. Ann juga konfirmasi bukan member JKT48. Meski begitu, paras Ann yang imut memang dianggap cocok sebagai member JKT48 oleh netizen

6. Berkat foto praktik pengadilan semunya viral, Ann banyak miliki followers Instagram. Kini Ann sudah miliki hampir 40 ribu followers

7. Inilah foto saat praktik pengadilan semu yang sedang viral. Foto ini diunggah pada Ann 4 Juli 2018

Pengusaha Pendukung Nurdin Abdullah di Balik Pencopotan Pejabat Pemprov

0
Ilustrasi Nurdin Abdullah.(terkini.id/hasbi)

MakassarPost.com, Makassar – Hak angket yang diajukan anggota DPRD Sulawesi Selatan, sedang bergulir. Hak angket itu bisa berdampak banyak, termasuk hingga pemakzulan Gubernur Nurdin Abdullah.

Pada Selasa 9 Juli 2019, sidang hak angket mulai menunjukkan riak.

Salah satu pihak yang diperiksa dalam sidang tersebut adalah Jumras, mantan Kepala Biro Pembangunan Setda Sulsel yang dicopot oleh Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan Jumras ini menegaskan aksi pencopotan Nurdin Abdullah yang tanpa mengikuti regulasi.

Kepada anggota DPRD, Jumras menceritakan dirinya dicopot lantaran tidak memenuhi permintaan pengusaha untuk memenangkan proyeknya dalam proses tender.

“Pada saat itu hari Minggu, saya dipanggil ke Rujab. Begitu saya diterima, pak gubernur langsung mengatakah bahwa anda (Jumras) saya (Gubernur) copot, beliau langsung memberikan SK pencopotan saya,” ungkapnya.

Jumras sempat bertanya terkait alasan pencopotan tersebut. Nurdin Abdullah beralasan Jumras dicopot karena dituding menerima fee dari dua pengusaha bersama, Angu Sucipto dan Ferry Tandiari.

“Saya katakan saya difitnah meminta fee dengan pekerjaan yang dia (dua pengusaha) minta ke saya. Saya katakan saya tidak pernah ngomong seperti itu, tapi pak gub tidak mau mendengarkan alasan saya,” umbarnya.

“Sebelum saya meninggalkan rumah jabatan, saya sempat menyampaikan ke pak gub, bahwa Angu itu menunjuk bapak (gubernur) bahwa pada Pilkada bapak dibantu Rp 10 miliar, Angu ngomong ke saya, dan pada waktu itu dihadiri oleh kakak wakil gubernur, Sumardi (kepala Bapenda Sulsel),” kata dia.

“Pada saat itu, Pak Sumardi memberi tahu saya bahwa ‘kasih saja pekerjaan itu, karena sudah membantu gubernur. tapi saya katakan silahkan pak, lelang itu terbuka silahkan ikuti prosesnya.
Pak Sumardi katakan ke saya bantu dia (Angu dan Ferry, saya titipkan ke kamu Rp 200 juta ambil. Tapi saya tolak itu uang itu,” beber Jumras dalam persidangan.

Jumras sempat ingin membeberkan sejumlah nama dalam sidang, namun Ketua Panitia Hak Angket, Kadir Halid memberikan pilihan ke Jumras, apakah sidang itu dilanjutkan dengan terbuka atau tertutup.

Jumras menginginkan sidang dilanjutkan secara tertutup.

“Jadi mohon maaf teman-teman media, karena banyak nama yang akan disebut, dan pak Jumras meminta tertutup, jadi mohon teman tidak diliput dan mengambil tempat di luar ruang sidang,” kata Kadir Halid.

Lima Poin Hak Angket

Pernyataan Jumras tersebut telah menguak beberapa poin yang ingin dibuktikan oleh anggota DPRD Sulsel.

Inisiator Hak Angket dari Fraksi Golkar, Kadir Halid mengungkapkan, alasan sejumlah anggota DPRD mengusulkan hak angket, karena menilai kepemimpinan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah bersama wakilnya, Andi Sudirman Sulaiman terjadi “dualisme kepemimpinan”.

Baca Juga : Diskominfo Sebut 11 Bulan Prof-Andalan Akan Benahi Tata Kelola Pemerintahan

Lima poin yang mendasari hak angket antara lain pertama, kontroversi SK wakil gubernur tentang pelantikan 193 pejabat, dimana wakil gubernur membuat surat keputusan (SK) mengangkat dan melantik 193 pegawai eselon III dan IV lingkup Pemprov Sulsel yang tidak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, yang kemudian dibatalkan oleh gubernur.

Kedua, serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sulsel 2019 yang sangat kecil.

Ketiga, Manajemen PNS dalam lingkup Pemprov Sulsel, terkait hal tersebut, ditemukan banyak mutasi yang berasal dari kabupaten Bantaeng dan Bone ke Pemprov pasca pelantikan gubernur dan wakil gubernur, sehingga patut diduga terjadi kolusi, nepotisme dan pelaksanaan mutasi yang tidak sesuai prosedur.

Keempat, Dugaan KKN Dalam Penempatan Untuk Pejabat Tertentu. Terjadi kolusi dan nepotisme secara terang-terangan dalam penempatan pegawai dalam jabatan tertentu mulai dari eselon IV sampai tingkat eselon II.

Kelima, pencopotan pejabat pimpinan tingkat pratama, yang paling memprihatinkan dan menjadi sorotan publik adalah pencopotan Kepala Biro Pembangunan Setda Sulsel H Jumras dan pencopotan Kepala Inspektorat Sulsel Luthfi Natsir oleh gubernur tanpa mengindahkan mekanisme atau prosedur sebagaimana diatur dalam Undang-undang.

Fakta Ganjil-Genap Motor yang Viral

0
4 Fakta Ganjil-Genap Motor yang Viral/Foto: Agung Pambudhy

MakasssarPost.com, Jakarta – Sebuah informasi aturan ganjil-genap motor beredar viral di masyarakat. Cek faktanya di sini.

Dalam informasi yang beredar itu, disebutkan aturan ganjil-genap akan diberlakukan pada jam 06.00 hingga 10.00 WIB bagi pengendara motor yang melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Bila pengendara motor melanggar, maka akan dikenakan sanksi tilang. Lantas, apakah benar ada aturan tersebut? Berikut fakta-faktanya:

1. Kabar Hoax

Informasi ganjil-genap motor dibantah oleh Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Made Agus. Ia mengatakan, telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) terkait informasi yang beredar tersebut.

“Itu hoax, sudah kita koordinasikan dengan Dishub,” katanya dalam keterangan kepada wartawan.

2. Aturan Ganjil-Genap Berlaku untuk Mobil

Selama ini, aturan ganjil-genap hanya berlaku untuk mobil. Aturan itu diterapkan di jalur Sudirman-Thamrin, Jalan Gatot Subroto-Slipi, dan Jalan Rasuna Said, Kuningan pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 17.00-20.00 WIB.

Sedangkan, aturan ganjil-genap motor belum pernah diterapkan dan yang pernah ada hanya pembatasan sepeda motor di kawasan Bundaran HI hingga Jalan Merdeka Barat pada 2015 lalu.

3. Usulan Ganjil-Genap Motor Ditolak 

Walaupun belum pernah diterapkan, aturan ganjil-genap motor sebelumnya sudah pernah diusulkan. Hanya saja, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menolak aturan tersebut.

Baginya, aturan ganjil-genap hanya berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Tidak (aturan ganjil-genap untuk motor). Solusinya bukan pembatasan motor, solusinya itu pada lebih banyak naik kendaraan umum,” kata Anies di Pondok Kopi, Jakarta Timur.

4. Diusulkan Lagi Aturan Ganjil-Genap 

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan mengusulkan untuk memberlakukan kembali aturan ganjil-genap Asian Games yang pernah berlaku tahun 2018 lalu sebagai aturan ganjil-genap terbaru.

Aturan tersebut akan membuat pengendara ganjil atau genap bebas berkendara selama 15 jam mulai pukul 06.00-21.00 WIB.
Namun hingga kini aturan tersebut belum berlaku. Berikut, ruas jalan yang diusulkan diberlakukan ganjil-genap Asian Games:

-Jalan Medan Merdeka Barat
-Jalan MH Thamrin
-Jalan Jenderal Sudirman
-Jalan Sisingamangaraja
-Jalan Jenderal Gatot Subroto
-Sebagian Jalan Jenderal S Parman (simpang Slipi – Simpang Tomang)
-Jalan MT Haryono
-Jalan HR Rasuna Said
-Jalan jenderal DI Panjaitan
-Jalan Jenderal Ahmad Yani
-Jalan Benyamin Sueb
-Jalan Metro Pondok Indah
-Jalan RA Kartini

Larangan Dicabut, Muncul Wacana Ganjil-Genap Motor di Jalan Thamrin:

(pay/nwy)

Salmafina Sunan Diisukan Pindah Agama

0
liputan6.com

MakassarPost.com, – Putri Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan, lagi-lagi hadir dengan kabar menghebohkan. Ia disebut-sebut telah pindah keyakinan dari Islam menjadi Kristen.

Kabar ini mencuat setelah beredar foto di media sosial yang memperlihatkan Salmafina Sunansedang berada di sebuah tempat. Dalam foto itu ia tampak serius mencatat.

Yang menarik perhatian adalah, di lehernya tersemat kalung dengan simbol salib berwarna putih. Seperti diketahui, salib merupakan simbol umat Kristiani.

Dalam waktu singkat, foto Salmafina Sunan tersebut telah dipenuhi komentar dari para warganet.

Reaksi Warganet

“Bodo amat ah, urusan dia itu, agama apapun baik tergantung orangnya, percuma jg pindah sana sini tp kelakuan dan sifatnya tidak mencerminkan orang beragama,” kata pemilik akun @peyek.medan.

Hingga berita ini ditulis, Liputan6.com telah mencoba menghubungi Sunan Kalijaga untuk meminta konfirmasi, tapi belum ada tanggapan.

Seluk Beluk Uang Panai, antara Harga Diri dan Gengsi Serta Penolakan ke Calon Suami

0
Foto ilustrasi, tak berhubungan dengan berita (Dok Pemkot Makassar)

MakassarPost.com, Makassar – Uang panai melatarbelakangi kematian seorang perempuan di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Pihak laki-laki tak mampu memenuhi nominal uang panai. Apa itu sebenarnya uang panai?

Uang panai, sering juga ditulis panai’ atau panaik, merupakan uang yang wajib diserahkan pihak laki-laki ke keluarga pihak perempuan yang hendak diperistri. Akan jadi masalah bila sang calon suami tak mampu menebus nominal yang ditetapkan keluarga calon istri. Cinta bisa kandas gara-gara isi kantong cekak.

Baca Juga : Keluarga Isa Menceritakan Soal Tragedi Uang Panai Berujung Bunuh Diri di Sulsel

Sosiolog dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Rahmat Muhammad, menjelaskan uang panai dikenal dalam tradisi pernikahan masyarakat Bugis-Makassar. Sejatinya, uang panai adalah perlambang penghormatan suku Bugis-Makassar terhadap kaum perempuan, diwujudkan secara spesifik sebagai penghormatan calon suami terhadap calon istri.

“Uang panai juga merupakan siri, atau kewibawaan-harga diri dalam budaya Bugis-Makassar,” kata Rahmat kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

Uang panai juga merupakan wujud keseriusan pihak laki-laki yang hendak melamar anak perempuan dari suatu keluarga. Dihubungi terpisah, sosiolog Unhas Ramli AT menjelaskan bahwa masyarakat Bugis-Makassar mensyaratkan pria yang hendak menikah harus punya kemampuan finansial yang cukup.

“Laki-laki yang menikah itu istilahnya harus mampu ‘mengelilingi dapur sebanyak tujuh kali’, artinya punya kemampuan kemandirian ekonomi,” kata Rahmat.

Uang panai beda dengan mahar, beda pula dengan seserahan. Peruntukan uang panai sepenuhnya ditujukan ke keluarga pihak perempuan.

Perlambang gengsi

Nominal uang panai bermacam-macam. Rahmat Muhammad menjelaskan, pada umumnya uang panai berkisar antara jutaan Rupiah hingga ratusan juta Rupiah. Nominal duit ini bakal diumumkan dalam salah satu prosesi. Maka duit ini juga menjadi perlambang prestise di tengah masyarakat.

“Dalam perkembangannya, angka itu menjadi simbol gengsi karena angka itu dipublish. Misalnya, seorang perempuan dilamar dengan uang panai sekian ratus juta Rupiah, itu menjadi simbol bahwa yang terlibat dalam pernikahan ini adalah orang mampu. Memang jumlah panai harus diumumkan,” kata Rahmat.

Umum dipahami masyarakat Bugis-Makassar, tingginya angka uang panai juga menyiratkan sikap asli calon mertua terhadap anak laki-laki yang akan menjadi menantu. Calon mertua yang tak menerima calon menantu bakal menetapkan nominal uang panai setinggi langit, tujuannya supaya calon menantu mengurungkan niatnya menikahi si anak gadis.

“Cara keluarga wanita menolak laki-laki adalah menaikkan uang panai menjadi sangat tinggi. Kalau sudah tidak masuk akal, tidak memungkinkan dilihat kemampuan laki-laki, biasanya itu maksudnya adalah penolakan,” tutur Ramli AT.

Peristiwa yang berkaitan dengan mahalnya uang panai terjadi di Jeneponto. Ramli (37) dan Isa (31) telah kawin lari karena Ramli tak kuat membayar uang panai Rp 15 juta, dia hanya punya Rp 10 juta. Niat rujuk Ramli ke pihak keluarga Isa ditolak karena duitnya tidak cukup. Akhirnya Isa meninggal dunia karena minum racun.
(dnu/tor)

Turki Perintahkan Untuk Menangkap 176 Personel Militer Terkait Kudeta

0
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Anadolu Agency)

MakassarPost.com, Istanbul – Turki telah memerintahkan penangkapan 176 personel militer sehubungan dengan kecurigaan mengenai keterkaitan mereka dengan upaya kudeta tiga tahun lalu, kata kantor kepala jaksa Istanbul, Selasa.

Di antara yang ditangkap adalah seorang kolonel, dua letnan kolonel, lima mayor, tujuh kapten dan 100 letnan dalam operasi yang mencakup Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut, kata pernyataan itu.

Ankara menyatakan tokoh agama yang berpusat di AS, Fethullah Gulen, sebagai otak kudeta gagal pada 15 Juli 2016. Gulen telah membantah keterlibatan apa pun.

Dalam peristiwa tiga-tahun setelah upaya kudeta tersebut, lebih dari 77.000 orang telah dipenjarakan sambil menunggu pengadilan dan sebanyak 150.000 pegawai negeri, personel militer serta yang lain telah dipecat atau diskors dari pekerjaan mereka.

Sekutu Barat Turki dan kelompok hak asasi manusia telah mengkritik luasnya penindasan. Mereka mengatakan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menggunakan upaya kudeta yang gagal sebagai dalih untuk menumpas orang-orang yang berbeda pendapat.

Ankara telah membela penindasan itu sebagai tindakan yang perlu dijalankan untuk membersihkan lembaga keamanan dari ancaman yang dihadapi Turki, dan berikrar akan menghapuskan jaringan Gulen.

Sumber: Reuters

DPO Begal Sadis Rappocini Akhirnya Tewas Ditembak Polisi!

0
foto:Makassartoday

MakassarPost.com, Makassar – Muh Yusuf Alias Deden terbujur kaku di ruang jenazah RS Bhayangkara, Senin (8/7/2019) malam. Deden tewas setelah tertembus timah panas di bagian dadanya.

Remaja berusia 18 tahun itu sebelumnya telah lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) serta pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Baca Juga : Begal Dengan Modus Buka Celana di Sudiang Didor Polisi!

Dalam catatan petugas, Deden terlibat aksi kriminal berdasarkan 16 laporan polisi di wilayah hukum Polsek Rappocini.

Sebelum tewas, Deden berhasil diamankan oleh Tim Khusus (Timsus) gabungan Polda Sulsel dan Polsek Rappocini di Jl Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, sekitar pukul 17.30 Wita.

“Yang bersangkutan diamankan saat balap liar bersama rekannya di Tanjung Bayang,” jelas Panit II, Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Nurtcahyana, Selasa (9/7/2019) dini hari.

Deden selanjutnya dibawa untuk menjalani interogasi dan diakui telah melakukan begal, curanmor, bahkan pencurian di beberapa masjid.

“Selanjutnya anggota melakukan pengembngan untuk mencri barang bukti dan berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 unit sepeda motor serta 1 buah ponsel,” sambung Nurtcahyana.

Tak sampai disitu, pihaknya melanjutkan pencarian barang bukti lainnya namun pada saat anggota dalam perjalanan, Deden disebut mencoba melarikan diri dari kawalan petugas dengan cara mendorong dan menendang anggota hingga terjatuh dari sepeda motor.

Baca Juga : Jaringan Begal yang Ditembak Mati di Telusuri Oleh Polda Sulsel

“Anggota memberikan tembakan peringatan ke udara sebnyak tiga kali namun pelaku tidak mengindahkan bahkan tersangka berusaha melakukan perlawanan ketika akan ditangkap kembali,” katanya.

Kemudian petugas melakukan tindak tegas terukur dengan cara melumpuhkan tersngka menembak dibagian sebelah kanan, namun Deden msih melakukan perlawan terhadap petugas.

“Selanjutnya anggota melumpuhkan pelaku di bgian dada sebelah kiri sebanyak satu kali. Setelah dilumpuhkan tersangka dilarikan ke RS Bhayangkara, namun nyawa tersangka tidak bisa di selamatkan lagi,” tutupnya.

Sutradara Sempat Mengungkap Tak Ada Nyanyian dalam ‘Mulan’

0
Sutradara Sempat Ungkap Tak Ada Nyanyian dalam ‘Mulan’ Sutradara ‘Mulan’ sempat mengungkapkan bahwa film live action kini akan berbeda dengan versi animasi pada 1998 silam, salah satunya soal keberadaan nyanyian. (dok. Walt Disney Pictures)

MakassarPost.com,  Indonesia — Film live-action Mulan tampaknya memang akan berbeda dengan versi animasi yang dirilis 1998. Salah satunya adalah tidak ada lagu yang akan dinyanyikan oleh Mulan.

Hal itu dipastikan oleh sutradara Niki Caro dalam wawancara dengan Moviefonepada 2017 lalu dan dilansir Entertainment Tonight. Caro ditanya mengenai rumor bahwa Mulan tidak ada lagu.

“Iya, dari apa yang saya ketahui, sekarang tidak ada lagu,” kata Caro, dikutip dari ET.

Sutradara berusia 52 tahun ini tidak menjelaskan alasan secara rinci. Keputusan itu bisa jadi akan mengecewakan sebagian penggemar karena film animasi Mulan menyajikan beberapa lagu ikonis.

Dua di antara lagu ikonis adalah Reflection dan I’ll Make A Man Out of YouReflection dinyanyikan Mulan saat adegan sedang sedih, sementara I’ll Make A Man Out of You dinyanyikan Captain Li Shang saat adegan pelatihan perang.

Suara karakter Mulan dalam film animasi disulih oleh Ming Na Wen dan suara ketika bernyanyi disulih oleh Lea Salonga. Sementara karakter Captain Li Shang disulih BD Wong dan suara ketika bernyanyi disulih oleh Donny Osmond.

Akan tetapi, bukan berarti film Mulan akan hadir tanpa lagu. Kemungkinan besar dalam film ini masih ada lagu Reflection dan I’ll Make A Man Out of You, namun hanya suara instrumental.

Karakter Mulan diperankan oleh Liu Yifei yang diketahui belum pernah tampil dalam film Hollywood. Mulan menjadi film Hollywood pertama yang ia bintangi.

Aktris 31 tahun ini tampak tidak akan kesulitan berperan sebagai Mulan yang cukup banyak adegan laga. Pasalnya dalam film The Forbidden Kingdom (2008) dan The Assassins (2012), ia kebagian berperan dalam adegan laga.

Namun Liu Yifei sebenarnya menanggung beban cukup berat mengingat Mulan versi animasi amat sukses.

Mulan mengisahkan pergulatan batin dan perjuangan seorang wanita muda yang menyamar menjadi pria untuk bergabung melawan musuh dari utara yang menyerang China.

(adp/end)

Tonjok Polisi di Jalan Perintis Merengek Minta Ampun!

0
http://makassartoday.com/

MakassarPost.com, Makassar – Seorang pria pengendara sepeda motor berinisial Mu digelandang ke Mapolsek Biringkanaya lantaran diduga telah melakukan penganiyaan terhadap salah seorang anggota polisi lalu lintas, Jumat (5/7/2019).

Peristiwa ini bermula saat korban yang diketahui beranama Aiptu Sabar mendatangi lokasi kecelakaan yang melibatkan pelaku Mu dengan pengemudi mobil Agya di pertigaan Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Parumpa, Kota Makassar, sekitar pukul 09.15 Wita.

Baca Juga : Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Begal Berstatus Siswi SMP di Makassar

“Awalnya kedua pengendara ini cekcok. Pelaku ini melawan arah dan menabrak mobil Agya, namun pelaku terlihat emosi. Saya berusaha menenangkan tapi, pelaku malah memukul saya di bagian wajah,” beber Aiptu Sabar.

Aiptu sabar saat ini berusaha membela diri dengan cara mendorong pria berambut cepak itu. Insiden ini pun menyita perhatian sejumlah warga, hingga pelaku berhasil dicegah oleh salah seorang tukang ojek dan diamankan ke Polsek Biringkanaya.

“Ada tukang ojek yang mencegah pelaku kemudian kami bawa ke Mako untuk diamankan,” jelasnya.

Petugas kemudian meminta indentisa pelaku, namun pelaku masih terus mengelak. Hingga akhirnya petugas mengetahui bahwa bukanlah anggota TNI , melainkan hanya seorang wiraswasta.

Baca Juga : Anggota TNI Menggalkan Aksi Begal di Poros BTP

“Kita antar ke rumahnya tapi ternyata pelaku bukan anggota TNI, tapi hanya wiraswasta,” katanya.

Mengetahui kesalahannya, lMu langsung memohon sambil merengek di hadapan petugas yang telah ia aniaya tersebut.

Meski demikian, Mu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan tetap menjalani proses hukum. (Adi)

Rekomendasi Film Pekan Ini

0
5 Rekomendasi Film Pekan Ini, ‘Spider-Man: Far From Home’ Bagi pencinta Marvel, akhir pekan ini bakal ke bioskop karena ‘Spider-Man: Far From Home’ telah rilis dan mengisahkan kelanjutan dunia usai ‘Avengers: Endgame’. (dok Marvel Entertainment)

MakassarPost.com – Bagi pencinta Marvel, akhir pekan ini wajib ke bioskop mengingat ‘Spider-Man: Far From Home‘ telah rilis dan akan mengisahkan nasib dunia setelah momen pertarungan di ‘Avengers: Endgame’.

Bukan hanya untuk pencinta Marvel, bagi penggemar The Beatles juga disarankan untuk menyaksikan Yesterday dan bernostalgia dengan banyak lagu-lagu band legendaris Inggris tersebut.

Selain dua film Hollywood tersebut, film kebanggaan Korea Selatan, ‘Parasite’ juga masih tayang dan patut untuk ditonton meskipun Anda bukan penggemar film asal Negeri Gingseng.

1. ‘Spider-Man: Far From Home’

Peter Parker harus melanjutkan hidup setelah kehilangan Tony Stark saat pertarungan di ‘Avengers: Endgame’. Meskipun, teman-temannya kembali hadir setelah sempat lenyap.

Merasakan kejenuhan, Peter memutuskan untuk liburan bersama teman-temannya ke Eropa. Namun dirinya tak bisa liburan dengan tenang karena masalah tetap mengikutinya.

Momen ini pula menjadi babak pertemuan dirinya dengan Mysterio yang berasal dari semesta lainnya. Film untuk SEMUA UMUR ini bisa disaksikan di seluruh jaringan bioskop di Indonesia.

2. ‘Yesterday’

‘Yesterday’ mengisahkan apa jadinya bila dunia tak pernah mengenal band legendaris The Beatles beserta seluruh lagu-lagu terkenalnya. Ternyata, itu dimanfaatkan oleh salah satu penggemar band tersebut.

Ketika seluruh dunia tak mengetahui The Beatles, Jack Malik menjadi satu-satunya yang mengingat band tersebut. Kondisi itu membuat dirinya menjadi penyanyi terkenal.

Namun kondisi itu ternyata menimbulkan banyak masalah. Film untuk DEWASA ini bisa disaksikan di seluruh jaringan bioskop di Indonesia.

 

3. ‘Annabelle: Comes Home’

Boneka terkutuk Annabelle datang ke rumah pasangan Ed dan Lorraine Warren. Namun niat hati untuk mengamankan boneka terkutuk itu dari masyarakat umum, ada banyak masalah yang muncul dari boneka itu.

‘Annabelle: Comes Home’ memperlebar semesta The Conjuring Universe dan menampilkan banyak koleksi menyeramkan pasangan Warren lainnya selain Annabelle. Film untuk REMAJA ini bisa disaksikan di seluruh jaringan bioskop.

4. ‘BRING THE SOUL: THE MOVIE’

Penggemar BTS dipastikan tak akan melewatkan film ketiga boyband tersebut, ‘BRING THE SOUL: THE MOVIE’ yang tayang pekan ini.

Film BRING THE SOUL: THE MOVIE akan mengisahkan perjalanan BTS melaksanakan 24 konser rangkaian tur Love Yourself di 12 kota di Eropa.

Sama seperti dua film sebelumnya, film BTS BRING THE SOUL: THE MOVIE ini hanya bisa ditonton pada satu hari, yaitu pada 7 Juli, dengan tiket mulai bisa dibeli pada 3 Juli 2019 di laman www.bringthesoulthemovie.com.

 

5. Parasite

Cerita Parasite berfokus pada keluarga Ki-taek, beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram.

Suatu hari, Ki-woo, anak laki-laki tertua di keluarga itu direkomendasikan oleh kawannya yang merupakan mahasiswa dari universitas bergengsi untuk menjadi guru les dengan bayaran mahal.

Tawaran itu lantas membuka secercah harapan Ki-woo dan keluarga untuk mengantongi penghasilan tetap. Dengan penuh restu serta harapan besar dari keluarga, Ki-woo–berbekal dokumen mahasiswa palsu–pun menuju ke rumah keluarga Park untuk wawancara.

Setibanya di rumah pemilik perusahaan IT global tersebut, Ki-woo bertemu dengan Yeon-kyo, nyonya muda di rumah itu. Setelah pertemuan itu, serangkaian kejadian dimulai.

Film untuk DEWASA ini bisa disaksikan di jaringan CGV dan Cinemaxx.

(end)

Polisi Secepatnya Umumkan Hasil Investigasi Kericuhan 21-22 Mei

0
sc: makassartoday.com

MakassarPost.com, Jakarta – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan, saat ini tim masih melakukan rapat membahas hasil investigasi peristiwa kericuhan 21-22 Mei 2019 lalu.

Bila hasilnya sudah diketahui, kata dia, maka pihaknya akan menyampaikan kepada publik pekan depan.

Baca Juga : Kumpulan Berita Hukum

Baca Juga : Kumpulan Berita Kriminal

“Apabila hari ini selesai, mungkin pekan depan akan kami sampaikan ke masyarakat tentang hasil kinerja tim,” kata Brigjen Dedi di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Dedi menjelaskan, saat ini penyidik terus bekerja menelusuri rekam jejak digital dari awal hingga terjadinya kericuhan tersebut. Di antaranya, lanjut dia, jejak digital pembicaraan maupun pertemuan yang membahas instruksi kericuhan itu.

“Ada beberapa yang menginstruksikan kerusuhan dan yang melakukan pembakaran, itu sudah kami amankan,” ujarnya.

Dia menuturkan, para tersangka dalam kasus itu memiliki peran masing-masing. Peran-peran itu, menurutnya, mulai dari pelaksana di lapangan, koordinator, penyumbang dana dan aktor intelektual.

“Nanti akan disampaikan berdasarkan fakta hukum,” tandasnya.

Sebelumnya, kepolisian telah menetapkan 447 orang sebagai tersangka dalam kericuhan 21-22 Mei 2019. Para tersangka dalam kasus itu umumnya berperan sebagai koordinator dan pelaksana di lapangan. (Sumber: Kronologi.id)

Agenda Siaran Langsung TV Madura United vs PSM

0
Kapten PSM, Wiljan Pluim, berusaha melewati pemain Becamex Binh Duong saat duel di Stadion Pakansari, Rabu (26/6). (FOTO: OFISIAL PSM)

MakassarPost.com, MADURA — Pekan berat dijalani Madura United. Dalam seminggu, tim berjuluk Laskar Sape Kerrap tersebut harus menjalani tiga laga. Baru kembali dari Makassar untuk melakoni laga leg pertama semifinal Piala Indonesia, malam nanti mereka harus menjamu PSM pada lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan.

Baca Juga : PSM Lakukan Uji Coba Malam

Kebugaran menjadi kendala utama. Bahkan, sepulang dari Makassar, beberapa pemain sempat terserang flu akibat kelelahan. Rotasi pun pasti diterapkan pelatih Madura United, Dejan Antonic. Ditambah mereka harus kehilangan Andik Vermansah yang masih pemulihan cedera hamstring.

Baca Juga : Kumpulan Berita Olahraga

Madura United

”Tidak ada banyak waktu untuk persiapan. Tapi, saya percaya kondisi anak-anak sudah kembali oke. Harus pintar melihat kondisi pemain,” ucap pelatih asal Serbia tersebut. ”Ini bukan hanya soal taktik. Tetapi, psikologi, fisik, dan mental sangat penting di dua pertandingan besok,” imbuhnya.

Madura United memang akan kembali menjamu PSM pada 7 Juli di leg kedua semifinal Piala Indonesia. Namun, Dejan tak ingin fokusnya terbagi. Pelatih yang musim lalu menangani Borneo FC tersebut ingin skuadnya fokus ke laga besok terlebih dahulu. Itu demi misi balas dendam setelah mereka ditundukkan PSM 0-1 di Makassar.

PSM Makassar

Kondisi berbeda terjadi pada kubu PSM. Tidak berarti mereka tak menjalani jadwal padat juga. Malah, sebelumnya mereka harus berlaga di AFC Cup. Namun, tim berjuluk Juku Eja itu merasa mulai bersahabat dengan jadwal padat.

”Kami datang kemarin dan kondisi pemain cukup fit. Kami langsung mempersiapkan pertandingan ini. Kami sudah dua bulan belakangan ini menjalani ritme pertandingan seperti ini. Kami sudah terbiasa dengan treatment seperti ini,” ucap pelatih PSM, Darije Kalezic.

PSM memang datang dengan percaya diri yang tinggi. Bahkan, Kalezic enggan memikirkan catatan buruk PSM di kandang Madura United. Ya, tiga musim terakhir Juku Eja memang tak pernah menang di Pulau Garam. Untuk sekadar mencetak gol pun susah. Gol PSM di Madura terakhir terjadi pada 2016 silam ketika PSM tunduk 1-4 oleh Madura United.

”Saya pikir tidak bisa membandingan PSM yang sekarang dengan yang dulu. Saya percaya besok kami bisa cetak gol di sini (Pamekasan, Red),” ucap Kalezic. (jp)

Perkiraan Pemain

Madura United (4-3-3): 20-M. Ridho (g); 22-Marckho Meraudje, 26-Fachrudin Aryanto, 5-Jaimerson Xavier, 6-Andik Rendika Rama; 35-Zulfiandi, 2-Guntur Ariyanto, 10-Slamet Nur Cahyo; 91-David Laly, 9-Aleksandar Rakic, 11-Greg Nwokolo (c)

Pelatih: Dejan Antonic

PSM (4-3-3): 20-Rivky Mokodompit (g); 32-Beny Wahyudi, 2-Aaron Evans, 28-Abdul Rahman, 26-Taufik Hidayat; 19-Rizky Pellu, 80-Wiljan Pluim (c), 10-Marc Klok: 7-Zulham Zamrun, 9-Eero Markkanen, 11-M. Rahmat

Pelatih: Darije Kalezic

Stadion: Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan

Live: Indosiar pukul 18.30 WIB

Jasa Ojek Pertanian

0
antaranews.com

MakassarPost.com, – Pengojek mengangkut karung berisi bawang merah di Desa Salu Dewata, Keacamatan Anggeraja, Sulawesi Selatan, Selasa (2/7/2019). Petani di daerah itu memanfaatkan jasa ojek pertanian untuk mengangkut hasil panen dengan tarif Rp5 ribu – Rp10 ribu per karung tergantung jarak tempuh dan tingkat kesulitan medan. ANTARA FOTO/Arnas Padda/YU

Liga 1 2019, Persebaya Mewaspadai Motivasi Berlipat Persib Bandung

0
Pemain muda Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay. (KOMPAS.com/SUCI RAHAYU)

MakassarPost.com, – Persib Bandung menelan kekalahan pada laga terakhir di Liga 1 2019.

Situasi itu justru dinilai tak menguntungkan bagi Persebaya Surabaya yang akan menjamu Persib di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Persib kalah dengan skor 1-2 dari Bhayangkara FC di laga sebelumnya.

Baca Juga : Kumpulan Berita Olahraga

Ini adalah kakalahan perdana Maung Bandung -julukan Persib- dan tragis karena terjadi saat Supardi Nasir dkk bermain di depan pendukungnya di Stadion Jalak Harupat.

Namun, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, justru menilai kekalahan itu akan menjadi cambuk motivasi bagi Persib.

“Betul [Persib kalah di kandang] dan itu yang harus diantisipasi. Kami kedatangan lawan yang dalam keadaan pasti motivasi berlipat karena ingin menebus kekalahan di kandang. Itu harus diantisipasi dan waspada,” ucap Djanur, sapaan akrab Djadjang Nurdjaman.

Meskipun Persib datang dengan motivasi tinggi, Djanur meminta anak asuhnya untuk tidak gentar.

Dia tidak ingin Bajul Ijo kehilangan momentum apik seusai menang dalam dua laga terakhir di Liga 1 2019.

“Melawan Persib, ini big match dan kami tidak ingin kembali kalah. Kami ingin meneruskan tren positif yang sudah diawali kemarin melawan Persela. Mudah-mudahan berlanjut dan itu harapan kami semua,” ujar Djanur.

Sementara itu, terkait minimnya waktu recovery dan bakal absenya sejumlah pemain kunci, Djanur ingin pemain yang tampil memiliki motivasi lebih.

Sebab, laga Persebaya melawan Persib dipastikan akan dipadati oleh penonton.

“Saya dapat informasi kalau Bonek dan Bonita akan memenuhi GTB dan mudah-mudahan itu bisa menjadi suntikan motivasi kepada pemain di lapangan,” ujar Djanur.

Di laga melawan Persib, Persebaya akan kehilangan tiga pemain intinya. Damian Lizio akan absen karena akumulasi kartu. Oktafianus Fernando mendapat cedera. Sementara itu, Osvaldo Haay harus mengikuti tes pegawai negeri sipil (PNS) di Jayapura.

 

Perkembangan Kasus Fee 30 Persen Naik ke Tahap Sidik, Ara Diperiksa Penyidik

0
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, saat melayani wawancara dengan wartawan.

MakassarPost.com, MAKASSAR – Kasus dugaan korupsi fee 30 persen kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kecamatan lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, yang ditangani Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, telah naik ke tahap penyidikan.

Setelah naik ke tahap penyidikan, anggota DRPD Makassar Adi Rasyid Ali (Ara) pun diperiksa oleh penyidik sebagai saksi, sebelum dilakukan gelar perkara.

Baca Juga : Kasus Fee 30 Persen Memasuki Babak Baru, Senin Bareskrim Kembali ke Makassar

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, sebelumnya saat tahap penyelidikan ada beberapa anggota DPRD Makassar yang dipanggil untuk dimintai keterangannya. Namun setelah tahap penyidikan, tinggal Ara yang dipanggil.

Setelah dipanggil untuk diperiksa Ara pun berpotensi untuk menjadi tersangka bersama Erwin Hayya yang sudah lebih dulu jadi tersangka.

“(Ara) Sudah diperiksa. Tetapi kan nanti akan kelihatan, kalau dia hanya sekadar tahu saja gak ada masalah, tetapi jika dia tahu tapi tidak melaporkan..nah kemungkinan bisa juga jadi tersangka,” tegasnya.

Katanya, dalam waktu dekat penyidik dari Bareskrim tersebut akan melakukan gelar perkara untuk menentukan tersangka.

“Kemungkinan mereka akan gelar perkara lagi untuk tetapkan tersangka,” bebernya.

Menpan Reformasi Birokrasi : Masih ada kebutuhan 254.173 ASN

0
Menteri Pendayagubaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin saat menjadi pembicara dalam Rakernas Apeksi 2019 di Semarang, Rabu (3/7/2019). (ANTARA News/I.C.Senjaya)

MakassarPost.com, Semarang – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengungkapkan masih ada kebutuhan 254.173 orang aparat sipil negara (ASN) yang akan dipenuhi pada tahun ini.

“Masih ada kebutuhan ASN 254.173 orang di pusat dan daerah,” kata Syafruddin saat menjadi pembicara dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

Baca Juga : Ajakan Ikuti Tryout Online CPNS 2019 Serentak se-Indonesia, BKN: Hati-hati

Ia menjelaskan kebutuhan ASN di tingkat pusat mencapai sekitar 46 ribu yang terbagi atas 23 ribu PNS dan 23 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sementara di tingkat daerah, lanjut dia, masih dibuyuhkan 207.748 ASN.

“Pemda masih membutuhkan 62.326 PNS dan 145.424 PPPK untuk guru dan tenaga kesehatan,” katanya.

Baca Juga : Kebijakan Rekrutmen PPPK, Dani Hamdani: Sama Saja Bunuh Honorer

Sesuai arahan Kementerian Keuangan, kata dia, rekrutmen PPPK sudah bisa dimulai setelah 17 Agustus.

Sementara rekrutmen CPNS, lanjut dia, rencananya dilaksanakan paling cepat Oktober 2019.

“Keputusannya dilaksanakan pada triwulan terakhir karena duitnya ada di sana,” katanya.

Ia menambahkan keputusan itu didasarkan atas kemampuan APBD pemda yang tidak sanggup membiayai PPPK.

Relawan Prabowo Ricuh soal Putusan Mahkamah Konstitusi, Gerindra: Wajar Beda Pendapat

0
Acara Koalisi Relawan dan Pendukung Prabowo-Sandi berakhir ricuh setelah pembacaan pernyataan sikap. (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)

MakassarPost.com, Jakarta – Kegiatan diskusi dan pernyataan sikap dari sekelompok relawan pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berakhir ricuh karena sebagian peserta tidak mau menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Prabowo. Tim Prabowo menilai wajar jika masih ada perbedaan pendapat di kalangan relawan terkait putusan MK tersebut.

“Sangat wajar masih ada perbedaan pendapat diantara para pendukung PSSU (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno) tentang hal seperti putusan MK dan tentang koalisi. Kami percaya bahwa dengan perjalanan waktu, para pendukung akan semakin paham tentang sikap tersebut dan kembali solid,” kata salah satu tim Prabowo, Sodik Mujahid, saat dihubungi, Selasa (2/7/2019) malam.

Baca Juga : Kumpulan Berita Terkait Pilpers 2019

Ada dua kubu dalam ‘kericuhan bersaudara’ itu, yakni kubu yang menerima putusan MK dan kubu yang menolak putusan MK. Jadi sikap mana yang benar menurut Gerindra selaku pendukung utama Prabowo-Sandi?

“Lho… Kok masih bertanya? Masak, nggak tahu? Pak Prabowo dan Sandi setelah keputusan MK melalukan konpers (konferensi pers) dan membuat pernyataan menghormati keputusan MK,” ucapnya.

Karena itu, ia menyatakan, seiring dengan berjalannya waktu, para relawan pendukung Prabowo-Sandi akan memahami dan kembali solid. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan yang selalu memberikan dukungan ke Prabowo-Sandi.

“Kami sekali lagi sampaikan terima kasih kepada seluruh relawan pendukung PSSU (Prabowo Subianto-Sandiaga Uno) atas dukungannya selama ini,” ujar Sodik.

Sebelumnya diberitakan, sekelompok orang yang menamakan diri Koalisi Relawan dan Pendukung Prabowo-Sandi menggelar diskusi dan pernyataan sikap terkait putusan MK. Kegiatan itu berakhir ricuh karena sebagian peserta berbeda sikap.

Kegiatan itu dilakukan di D Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (2/7). Kericuhan diakibatkan adanya beberapa relawan yang hadir tidak setuju atas penyataan sikap yang menghormati keputusan MK. Penyataan sikap itu yang dibacakan dalam forum tersebut.

“Kami menganggap pesta demokrasi tahun 2019 ini telah selesai dengan adanya keputusan MK ini. Seluruh rakyat Indonesia tinggal menunggu pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin sebagaimana KPU pun telah menetapkannya,” imbuhnya.

Setelah pernyataan sikap itu dibacakan, beberapa peserta langsung memprotes. Mereka mengatakan pernyataan itu bukan dari relawan pendukung Prabowo-Sandi. Teriak-teriak dan banting spanduk mewarnai protes terhadap isi pernyataan sikap itu. Peserta didominasi ibu-ibu.

 

(ibh/ibh)

Hasil Pekan ke-3 dan Klasemen Sementara Liga 2 2019 Terbaru

0
Kompetisi Liga 2 2019 bergulir pada Sabtu (22/6/2019). (Bolasport.com)

MakassarPost.com, – Kemenangan 3-1 atas PSGC Ciamis dalam laga yang digelar Selasa (2/7/2019), di Stadion Jakabaring, Palembang, mampu mengantarkan Sriwijaya FC menduduki klasemen Liga 2 2019 Wilayah Barat dengan raihan tujuh poin. Sedangkan posisi puncak ditempati oleh PSCS usai mengalahkan Babel United dengan skor 1-3.

Gol-gol kemenangan Laskar Wong Kito dicetak oleh Yongki Aribowo yang berhasil menciptakan pada menit ke-39 dan 70, ditambah satu gol lainnya oleh Ryan Wiradinata pada menit ke-90.

Baca Juga : Hasil Pekan Kedua Liga 2, Jadwal Hari Ini, dan Klasemen

Tim tamu sendiri sempat unggul terlebih dahulu pada duel tersebut. Aldi Imron melepaskan tembakan jarak jauh yang sangat keras dari luar kotak penalti pada menit ke-19 dan menembus gawang yang dikawal oleh kiper senior Galih Sudaryono.

Kini, Sriwijaya FC mengoleksi tujuh poin, hasil dua kali kemenangan dan sekali imbang. Satu gol pada laga ini membuat gawang mereka kebobolan untuk pertama kalinya setelah selalu pada dua laga awal.

Sementara PSCS masih menempati peringkat pertama wilayah barat setelah mengalahkan tuan rumah Babel United dengan skor 1-3. Sembilan poin dari tiga laga membuat klub asal kota Cilacap itu berada di puncak dan unggul dua poin atas Sriwijaya FC.

Kejutan terjadi di laga lainnya. PSMS Medan di luar dugaan mampu dikalahkan oleh Cilegon United di kandang sendiri dengan skor 0-1. Satu gol tim tamu disumbangkan oleh Teja Ridwan menit ke-48. Meskipun kalah, Tim Ayam Kinantan masih menghuni peringkat kelima Wilayah Barat dengan enam poin.

Berikut hasil Liga 2 2019 pada Selasa (2/7).

 

Sulut United vs Mitra Kukar, skor 2-1

Martapura FC vs Madura FC, skor 1-0

Persewar vs Persiba, 1-1

Babel United vs PSCS 1-3

Blitar United vs PSPS, skor 0-0

Blitar United vs PSPS, skor 0-0

Persita vs Persibat, skor 4-0

PSMS vs Cilegon United, skor 0-1

Sriwijaya FC vs PSGC, skor 3-1

Berikut klasemen sementara Liga 2 2019 hingga Selasa (2/7).

Wilayah Timur

No.TimMainMenangPoin
1.Persik Kediri327
2.Persewar Waropen315
3.Balikpapan314
4.Martapura FC214
5.Sulut United314
6.Mitra Kukar314
7.Madura FC314
8.Persatu Tuban314
9.PSIM Yogyakarta313
10.Persis Solo201
11.PSBS Biak Numfor200

Wilayah Barat

NoKlubMainMenangPoin
1.PSCS Cilacap339
2.Sriwijaya327
3.Cilegon United327
4.Persita326
5.PSMS Medan326
6.Perserang Serang213
7.Persiraja Aceh213
8.Persibat Batang313
9.PSPS Riau301
10.Blitar United201
11.PSGC Ciamis200
12.BaBel United300

 

 

Aksi Demo Penolakan Rekrutmen Jemaah Haji Sulsel Berakhir Ricuh, Sejumlah Mahasiswa Nyaris Terbakar

0
Aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa Makassar di Kantor Kemenag Sulsel berakhir ricuh. (Foto: ist)

MakassarPost.com, Makassar – Unjuk rasa mahasiswa di Kantor Kemenag Sulsel, Jalan Nuri Makassar, Selasa 2 Juli 2019, berakhir ricuh. Kericuhan ini terjadi saat mahasiswa berorasi dengan berusaha membakar ban bekas di jalan.

Polisi dan petugas Kemenang Sulsel yang berusaha menghalau aksi mahasiswa terlibat saling dorong dan tarik. Bahkan sejumlah mahasiswa nyaris terbakar saat mereka menyiram bensin dan menyalakan api.

Aksi ini digelar menuntut transparansi perekrutan jemaah haji di Sulsel yang dinilai tidak transparan. Mahasiswa menolak keras hasil rekrutmen jemaah haji oleh Kemenag Sulsel.

“Menolak hasil kloter dan non kloter adanya indikasi monopoli perekrutan terdapat kerabat dan keluarga Kakanwil dan melakulan prekrutan haji,” kata Koordinator Aksi, Ahmad Fataruddkn Attar.

Lebih lanjut, ia pun dengan tegas meminta agar Kepala Kemenag Sulsel segera dicopot dari jabatanya karena dinilai memafaatkan jabatannya pada penerimaan jemaah haji di Sulsel.

“Diindikasi monopoli jabatan dengan memanfaatkan jabatannya. Kami menolak hasil rekrutmen petugas haji dan meminta Kakanwil melakukan perekrutan ulang,” jelasnya.

Tanggapan Kemenag Sulsel

Mahasiswa
Demo mahasiswa di Kantor Kemenag Sulsel berakhir ricuh. (Foto: ist)

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono mengatakan perekrutan jemaah haji sudah profesional dan sesuai aturan.

“Kalau dikatakan tidak transparan dan ada hal-hal sesuai aturan sudah lama kami bertanggung jawab sama pimpinan, itu komitmen bersama mulai pimpinan tertinggi, pak Menteri, Dirjen, Kanwil dan saya sendiri,” kata Kaswad.

Kaswad juga meyakini bahwa petugas Kanwil Kemenag Sulsel sudah transparan dalam perekrutan jemaah haji di Sulsel.

“Rekrutmen petugas haji tidak bisa main-main, itu sudah terbuka, profesional, dan bahkan sesuai aturan. Integritas dipertaruhankan, semua bersyarat, dan prosedural juga rekrutmen petugas sudah on the track,” tutupnya.

Polisi Mendalami Sumber Dana Kelompok Teroris JI Asal Bekasi

0
Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).

MakassarPost.com, Jakarta, – Kepolisian tengah mendalami sumber pendanaan kelompok Jamaah Islamiyah (JI) pimpinan terduga teroris berinisial PW yang ditangkap di Bekasi, Jawa Barat akhir pekan lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan kelompok tersebut diketahui memiliki beberapa usaha yang dibangun untuk dijadikan sebagai sumber pendanaan.

“Ini sedang dikembangkan, tahapan pembangunan kekuatan ini tentunya harus didukung oleh kemampuan ekonomi. Mereka sedang mengembangkan basic ekonomi dengan beberapa usaha yang mereka bangun, yaitu usaha kebun,” kata Dedi, Selasa (2/7).

Baca Juga : Pemerintah antisipasi aksi massa, waspadai penyusupan ‘jaringan teroris’ Sidang Mahkamah Kosntitusi

Dedi mengungkapkan salah satu usaha yang dimiliki kelompok tersebut adalah kebun sawit di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Dari usaha tersebut kelompok PW mampu memberi gaji anggotanya sebesar Rp10 juta hingga Rp15 juta.

“Pejabat-pejabat di dalam struktur organisasi JI ini juga digaji, besarannya Rp10-15 juta,” ujarnya.

Dedi menyebut sumber pendanaan itu tak hanya untuk menggaji anggota JI saja, tetapi juga untuk mendanai anggota JI yang diberangkatkan ke Suriah ikut pelatihan militer.

Sekadar diketahui Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap lima orang terduga teroris jaringan JI. Kelimanya adalah PW, MY, BS, A, dan BT.

PW diketahui juga membantu kelompok Poso dengan dukungan logistik dan operasional.PW diketahui merupakan pimpinan dari JI. Ia juga diketahui terlibat aktif dalam aksi terorisme di Indonesia. Antara lain Bom Bali, rangkaian bom Natal, bom di depan Kedutaan Besar Australia, serta terlibat dalam peristiwa Poso pada tahun 2005-2007.

(dis/osc)

Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Begal Berstatus Siswi SMP di Makassar

0
http://makassartoday.com/

MakassarPost.com, Makassar – Unit Khusus Polsek Ujung Pandang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Edi Gunawan mengamankan dua pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) alias begal, Selasa (2/7/2019).

Kedua pelaku, masing-masing lelaki Su (37), diduga sebagai penadah hasil curian. Serta
seorang oknum siswi SMP berinisal Ri (16) yang disebut sebagai pelaku begal. Keduanya merupakan warga Jalan Rajawali, Kota Makassar.

Keduanya diamankan petugas berdasarkan laporan polisi :LP/415/V/2019/Polda Sulsel/ Restabes Makassar, tanggal 5 Mei 2019.

Baca Juga : Dilumpuhkan, Pembegal Penumpang Bus Daerah di Jalan Urip

Baca Juga : Anggota TNI Menggalkan Aksi Begal di Poros BTP

Dalam laporan tersebut disebutkan, pelaku bersama seorang rekannya yang masih buron diduga telah melakukan penganiayaan serta melakukan perampasan ponsel milik korban.

“Pelaku ini berstatus pelajar dan bertindak sebagai eksekutor bersama seorang perempuan yang merupakan rekan pelaku. Hasil interogasi pelaku mengakui telah melakukan penganiayaan dan kemudian mengambil handphone korban kemudian menjualnya kepada lelaku Su,” jelas Kanit Reskrim Polsek Ujung Pandang, Iptu Edi Gunawan.

Dari tangan pelaku, pihaknya menyita barang bukti ponsel merk Oppo A37 warna putih milik korban.

Akibat asksinya itu korban mengalami luka-luka serta kerugian materil sekira Rp2,5 juta. Adapun ponsel hasil jarahan palaku diakui dijual kepada lelaki Su seharga Rp750 ribu.

“Kami masih melakukan pengejaran terhadap perempuan P yang merupakan rekan pelaku,” sambungnya. (Askay Khan)

Tilang Elektronik Berlaku 1 Juli, Bisa Rekam Wajah Pengemudi

0
Berlaku 1 Juli, Tilang Elektronik Bisa Rekam Wajah Pengemudi Ilusrasi. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

MakassarPost.Com, Jakarta, – Polda Metro Jaya bakal memberlakukan tilang elektronikE-TLE (electronic-traffic law enforcement) dengan tambahan fitur baru mulai 1 Juli 2019.

“Jadi, mulai 1 Juli nanti diberlakukan untuk tilang E-TLE dengan tambahan fitur bisa melihat di dalam mobil,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusuf, dikutip Antara di Jakarta, Sabtu (29/6).

“Fitur ini juga bisa mengetahui identitas, wajah pengemudi, jadi sudah tidak bisa mengelak lagi,” ujar Yusuf.

Yusuf mengatakan fitur baru yang ditanamkan pada kamera CCTV tersebut akan merekam pelanggaran yang dilakukan pengemudi secara lebih detil.

Polda Metro Jaya sendiri sudah menggunakan teknologi kamera CCTV untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas sejak tahun lalu.

“CCTV yang lama sudah bisa mengidentifikasi pelanggar dari belakang, seperti menerobos lampu merah, melanggar marka jalan, kemudian ditambah beberapa fitur yang bisa mendeteksi dari depan,” kata Yusuf.

Yusuf melanjutkan fitur baru dalam CCTV tersebut, akan mengetahui pelanggaran oleh pengemudi di dalam mobil. Misalnya, polisi bakal mengetahui pengemudi yang tidak mengenakan sabuk pengaman, hingga menggunakan telepon seluler saat menyetir.

Fitur ini, kata Yusuf, telah diuji coba sejak satu bulan yang lalu. Saat ini sudah terpasang 10 kamera CCTV dengan fitur baru tersebut di sepanjang ruas Sudirman-Thamrin. (sah/wis)

Pelatih PSM Makassar Singgung Bayu Gatra Jelang Versus Madura United

0
 Gelandang Madura United, Bayu Gatra, memasuki lapangan menjelang laga derbi Suramadu antara Madu
japrit, Gelandang Madura United, Bayu Gatra, memasuki lapangan menjelang laga derbi Suramadu antara Madu

 

MakassarPost.Com, –  Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, menyebut nama Bayu Gatra menjelang laga kontra Madura United pada semifinal Piala Indonesia 2018. PSM Makassar akan menjamu Madura United pada leg pertama semifinal Piala Indonesia 2018 di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Minggu (30/6/2019).

Pertandingan PSM Makassar kontra Madura United merupakan momen emosional bagi sosok Bayu Gatra. Ya, winger PSM Makassar itu akan menghadapi mantan tim yang dibelanya musim lalu. Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, menyinggung soal Bayu Gatra yang jarang mendapatkan menit bermain di skuat Juku Eja.

Baca Juga : Kumpulan Berita Olahraga

Darije memuji Bayu Gatra yang bekerja keras saat latihan untuk bisa dimainkan pada laga ini.

“Apa yang telah ditunjukkan Bayu Gatra selama ini tentu untuk PSM,” kata Darije dikutip BolaSport.com dari Antara News.

“Saya senang Bayu berada dalam skuat ini dan ia sudah melakukan kerja keras untuk beradaptasi dengan tim,” ucap Darije menambahkan.

Terkait potensi menurunkan Bayu Gatra pada laga ini, Darije mengaku tak mau berspekulasi.

“Memang harus berkompetisi dengan Zulham Zamrun di posisi yang sama. Tetapi akan banyak gim ke depan yang bisa dia lakoni,” ujar Darije.

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, bersama pemainnya, Rizky Pellu, memberikan keterangan saat jumpa pers jelang laga kontra Madura United pada leg pertama semifinal Piala Indonesia 2018.
ANTARA NEWS Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, bersama pemainnya, Rizky Pellu, memberikan keterangan saat jumpa pers jelang laga kontra Madura United pada leg pertama semifinal Piala Indonesia 2018.

Meski Bayu Gatra berstatus sebagai mantan pemain Madura United, Darije juga tak banyak tanya terkait kekuatan Sape Kerrab.

“Saya tidak berdiskusi (terkait Madura United) kepada Bayu Gatra,” tutur Darije mengakhiri.

Patut dinanti kontribusi Bayu Gatra untuk PSM Makassar ketika menghadapi mantan timnya pada semifinal Piala Indonesia 2018.

Duel PSM kontra Madura United bakal disiarkan secara langsung oleh RCTI pada pukul 15.30 WIB.

Adapun pertandingan leg kedua akan digelar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (GMRP), Madura, pada 7 Juli 2019.

KPK OTT Dua Oknum Jaksa

0

MakassarPost.Com, Makassar – Tim Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Dalam operasi senyap tersebut, tim dikabarkan mengamankan beberapa pihak yang melakukan dugaan tindak pidana suap menyuap.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, para pihak yang diamankan yakni dua orang jaksa di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, serta beberapa orang lain yang berasal dari pihak swasta. Saat ini, para pihak yang diamankan terkait kasus dugaan penipuan tersebut telah dibawa ke markas KPK.

Terkait adanya kabar tersebut, ketika dikonfirmasi, Jaksa Agung, H.M Prasetyo membenarkan jika ada anak buahnya yang diamankan tim lembaga antirasuah.

“Benar ada dua orang oknum jaksa yang diamankan,” kata Prasetyo saat dihubungi, Jumat (28/6) malam. Menurut Prasetyo, dua orang oknum jaksa tersebut diamankan atas kerjasama pihaknya bersama dengan KPK.

Karena bagian dari bentuk kerjasama, nantinya kata dia, pihak oknum jaksa yang diciduk akan ditangani Tim Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAMPidsus) Kejagung. Sementara untuk pihak swasta akan dibahas kembali, apakah akan ditangani pihaknya atau pihak KPK.

Baca Juga : Pejabat Wali Kota Makassar Sikapi Kasus Dugaan Korupsi Makan Minum RSUD Daya

Prasetyo menegaskan, tindakan yang dilakukan oleh oknum jaksa tersebut tidak bisa ditolerir, sehinga dirinya mendukung penuh apa yang dilakukan KPK.

“Jaksa Agung tidak akan kompromi oknum dua jaksa yang melakukan tindakan-tindakan penyiampangan. Itu akan ditindak tegas,” tukasnya.

Terpisah, terkait adanya OTT ini, sejumlah pimpinan KPK seperti Agus Rahardjo dan Alexander Marwata tak mengangkat panggilan telefon yang dilayangkan JawaPos.com (Fajar grup). Pesan konfirmasi yang dilayangkan juga  via WhatsApp juga tak kunjung dibalas hingga berita ini diturunkan. (jp)

Hasil Sidang Putusan MK Dibacakan Pukul 12.30 WIB

0

MakassarPost.Com, – Pengumuman hasil sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan digelar pada Kamis (27/6/2019) pukul 12.30 WIB.

Agenda sidang pengucapan putusan ini lebih cepat satu hari dari agenda yang semula ditetapkan pada 28 Juni 2019 yang merupakan batas akhir pengucapan putusan.

Baca Juga : MK Siap Bacakan Putusan Sengketa Pilpres Besok

Dikutip dari situs resmi MK, sidang putusan dipercepat satu hari karena Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) meyakini pembahasan dan pendalaman perkara PHPU Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 telah selesai pada Kamis.

“MK mempercepat pengucapan putusan sebelum tanggal yang ditetapkan, yakni 28 Juni 2019, karena secara internal Majelis Hakim memastikan, meyakini bahwa putusan itu sudah siap dibacakan pada Kamis, 27 Juni 2019. Artinya, pembahasan, pendalaman terhadap segala hal terkait perkara akan selesai pada Kamis. Termasuk drafting putusannya untuk diucapkan pada Kamis,” jelas Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri MK Fajar Laksono Soeroso di lantai 3 Gedung MK pada Selasa (25/6/2019).

Fajar menegaskan sidang putusan MK yang waktunya dipercepat tersebut sama sekali tidak ada kaitan dengan kegiatan atau pertimbangan di luar kepentingan MK.

Menurutnya, tidak ada aturan yang mempermasalahkan percepatan pengucapan putusan ini.

“Tidak ada hubungannya menyesuaikan agenda apa pun di luar kepentingan MK. Ini semata-mata karena Majelis Hakim siap mengucapkan putusan di hari Kamis. Karena secara aturan, tidak jadi masalah mempercepat pengucapan putusan. Tanggal 28 Juni 2019 merupakan tenggat waktu paling akhir putusan diucapkan dalam limitasi 14 hari kerja MK harus menyelesaikan perkara perselisihan hasil pemilihan Presiden,” ungkap Fajar.

Perkara sengketa hasil Pemilu Presiden 2019 dimohonkan oleh Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subiyanto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Perkara yang didaftarkan pada 24 Mei 2019 ini mengalami perubahan permohonan pada 10 Juni 2019.

Selain itu, permohonan untuk perkara sengketa hasil Pemilu Presiden didaftarkan paling lambat tiga hari setelah penetapan hasil rekapitulasi Pilpres tingkat nasional oleh KPU RI.

Sidang putusan MK Pilpres 2019 juga disiarkan langsung oleh stasiun TV nasional seperti Kompas TV, TV One, CNN dan Metro TV.

Selain melalui Youtube dan stasiun TV nasional, sidang MK juga bisa dipantau melalui kanal Live Streaming dan Video Conference yang tersedia di laman MK (www.mkri.id) dan ruang video conference di 42 Perguruan Tinggi, khususnya di Fakultas Hukum, yang berlokasi di seluruh provinsi se-Indonesia.

Link Live Streaming Sidang MK Sengketa Pilpres 2019 di Youtube MK

Link Live Streaming Sidang MK Sengketa Pilpres 2019 di Kompas TV

Link Live Streaming Sidang MK Sengketa Pilpres 2019 di TV One

Link Live Streaming Sidang MK Sengketa Pilpres 2019 di CNN

Link Live Streaming Sidang MK Sengketa Pilpres 2019 di Metro TV

MK Siap Bacakan Putusan Sengketa Pilpres Besok

0

MakassarPost.Com, – Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono, menyampaikan bahwa Majelis Hakim MK telah menyelesaikan Rapat Pemusyawaratan Hakim (RPH). Keputusan Majelis Hakim MK terkait Perselisihan Hasil Pemiihan Umum siap diumumkan pada Kamis 27 Juni 2019.

“RPH pembahasan perkara sudah selesai. MK memastikan siap menggelar sidang pengucapan putusan besok,” kata Fajar di Gedung MK, Rabu 26 Juni 2019.

Baca Juga : Dilarang Mendekat ke MK, Mobil Komando, Massa 212 Bertakbir

Baca Juga : FoxPro Menurut Onno W Purbo : Bahasa Pemrograman Lawas, Tapi…

Baca Juga : Driver Ojol Makassar SerYusril Hormati Putusan MK, BW Minta yang Kalah Jangan Ngotot

Saat ini, hakim MK tengah menggelar rapat internal bersama panitera, sekretaris jenderal MK, dan tim gugus tugas. Rapat tersebut membahas soal penyelenggaraan untuk sidang putusan PHPU Pilpres 2019 besok.

“Hari ini agendanya rapat-rapat internal, persiapan akhir penyelenggaraan sidang besok,” ujarnya.

Menurut Fajar, dalam mengambil keputusan, Hakim MK menggunakan cara musyawarah, mufakat atau melalui voting. Dalam proses pengambilan keputusan tersebut, tidak menutup kemungkinan terjadi perbedaan pendapat satu sama lain.

“Sudah diatur soal putusan secara umum kan. Bahwa putusan itu diambil begini begini begini, musyawarah mufakat, kalau tidak voting. Kalau ada hakim berbeda pendapat, itu menyampaikan pendapatnya yang berbeda itu ke dalam putusan menjadi bagian yang tidak terpisahkan,” ujarnya. (ren)

Dilarang Mendekat ke MK, Mobil Komando, Massa 212 Bertakbir

0

MakassarPost.Com, Jakarta – Massa aksi Tahlilan 212 yang berdemo semakin ramai. Mereka bahkan mengerahkan mobil komando dalam aksi ini.

Namun, keributan sempat terjadi saat mobil komando mencoba merangsek masuk mendekat ke gedung Mahkamah Konstitusi. Polisi melarang mobil mendekat.

Semula, mobil hanya bisa berhenti sampai di kawasan Patung Kuda. Hal ini mengundang reaksi dari massa yang hadir.

“Ya Allah, bantu ya Allah. Allahu Akbar. Jangan kepancing,” ujar massa di lokasi Rabu (26/6).

Video

Pengurus PA 212 Ustaz Bernard Abdul Jabbar akhirnya naik ke mobil komando. Dia menyerukan kepada massa untuk tetap tenang.

Bernard lalu turun dan bernegosiasi langsung dengan anggota kepolisian di lokasi. Setelah berdiskusi 10 menit, polisi mengizinkan mobil komando masuk.

Baca Juga : Beredar Poster Halal Bihalal 212 , Polisi Larang Aksi di MK

Namun, perjalanan mobil komando terhenti di depan Kementerian Pariwisata. Massa lalu melanjutkan aksinya di sana.

Jalan Medan Merdeka Barat menuju ke MK memang sudah ditutup dengan pembatas jalan beton. Massa tak diizinkan untuk berunjuk rasa tepat di depan gedung MK.

Hal ini sudah ditegaskan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tito tidak mengizinkan adanya demo di depan MK.

 

YouTuber Etika Ditemukan Tewas

0

MakassarPost.Com, New York – Desmond Amofah, atau yang lebih dikenal sebagai YouTuber kondang dengan nama Etika, ditemukan tewas. Kabar ini disampaikan langsung oleh Kepolisian New York (NYPD).

Dengan sedih kami menyampaikan bahwa Desmond Amofah atau Etika ditemukan meninggal dunia,” begitu unggahan dalam akun NYPD, Selasa (25/6/2019), seperti dilaporkan People.

Etika ditemukan setelah lima hari menghilang. NYPD mengumumkan bahwa pria 29 tahun ini menghilang pada 20 Juni lalu. Ia terakhir kali diketahui keberadaannya pada 19 Juni pukul delapan malam, lewat aktivitas ponselnya.

Sumber CNN melaporkan bahwa tas punggung dan ponsel yang diduga milik vlogger ini ditemukan di Jambatan Manhattan di New York pada Senin kemarin.

Jenazah Etika juga dilaporkan telah dievakuasi dari East River.

Video Terakhir Sebelum Menghilang

Etika dikenal sebagai vlogger yang fokus pada topik videogame, dan telah mengumpulkan lebih dari 130 ribu subscribers di YouTube.

The Verge melaporkan bahwa sekitar 36 jam sebelum polisi mengumumkan Etika menghilang, sang vlogger mengunggah video yang menyiratkan pikiran untuk bunuh diri. Video ini akhirnya dihapus karena melanggar ketentuan dari YouTube.

Pemuda Banyuwangi di Temukan Tewas Membusuk di Kamar Kost Barombong

0

MakassarPost.Com, Makassar – Penghuni indekost Gajah Mada, Jl Permandian Alam, Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulsel, dibuat geger dengan sesosok mayat seorang pemuda di salah satu kamar kost, Selasa (25/6/2019) sekitar pukul 16.00 Wita.

Korban belakangan diketahui bernama Argaridha Prabangkara (25), wiraswasta alamat Perumahan Karang Bakung RT12, Karang Asem Bakungan, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.

Saat ditemukan, mayat sudah dalam kondisi membusuk. Petugas memperkirakan korban meninggal sejak dua hari lalu.

Hal tersebut disampaikan Paur Biddokkes Polda, AKP Sulkarnain yang memimpin pemeriksaan di lokasi.

Baca Juga : Pemuda di Pinrang Gantung Diri Karena Handphone Disita Orang Tua

“Diperkirakan sudah dua hari meninggal dunia,” jelas AKP Sulkarnain.

Sementara Rahmat selaku penjaga kost dalam keterangannya menjelaskan, korban diketahui telah meninggal setelah rekan kerja korban bernama Safri datang mencari korban.

“Teman kerjanya datang cari korban, jadi saya langsung mengantar ke kamarnya. Sampai di depan kamar korban, pintu sama jendela terkunci. Kami coba ketuk tapi tidak ada jawaban, akhirnya kami buka paksa,” beber Rahmat.

Setelah melihat kondisi korban, para saksi kemudian menghubungi Polsek Tamalate. Personel Polsek Tamalate dipimpin Kapolsek Tamalate Kompol Arifuddin A, SE, MH, yang tiba langsung mengamankan TKP.

Selanjutnya Jenasah di evakuasi ke kamar Jenasah RS Bhayangkara Makassar, untuk pemeriksaan lanjut.

Sejauh ini polisi belum dapat menyimpulkan penyebab kematian korban. Namun polisi mengaku tak menemukan tanda-tanda kekerasan pada mayat. (Ak)

Ajakan Ikuti Tryout Online CPNS 2019 Serentak se-Indonesia, BKN: Hati-hati

0

MakassarPost.Com – Warganet tengah dihebohkan dengan ajakan mengikuti simulasi/tyrout secara online untuk CPNS 2019.

Viralnya ajakan tersebut membuat Badan Kepegawaian Negara (BKN) buka suara dan memberikan peringatan.

Hal ini bermula dari sebuah akun media sosial berembel-embel CPNS yang akan menggelar tryout online CPNS 2019.

Dalam sebuah postingan yang diunggah Senin (24/6/2019), akun itu menyebut, tryout online CPNS 2019 akan digelar serentak seluruh Indonesia.

Tryout online CPNS 2019 rencananya digelar pada Sabtu (29/6/2019) pukul 19.00 WIB dan dilakukan serentak melalui masing-masing ponsel milik peserta.

Namun, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para peserta sebelum mengikuti tryout online CPNS 2019.

Di antaranya mengikuti atau follow akun tersebut, menandai/men-tag teman di kolom komentar, mengunggah postingan akun itu di akun Instagram Storier, hingga mengunggah tiga syarat di sebuah website.

Selain itu, peserta yang mendaftar akan mendapatkan kode tryout setelah mengisi beberapa data via Google Form.

Bahkan akun itu memperingatkan, bila tidak memakai kode yang didapat setelah menyelesaikan pendaftaran, hasil tryout tidak akan dikoreksi.

Postingan tersebut viral di media sosial, ditambah setelah seorang netter mengungkap adanya kejanggalan dalam ajakan mengikuti tryout online CPNS 2019.

Lewat akun Twitter, sosok berakun @iRudisca menulis sejumlah utas yang juga viral.

Akun itu menyebut sebuah akun Instagram yang semula hanya berbagi screenshot berita tentang CPNS dari media, mendadak akan menggelar tryout nasional ala giveaway.

Val, nama akun Twitter menjajal dan ikut mendaftar untuk mengikuti tryout dengan meng-klik sebuah situs yang disertakan.

Saat diklik, link tersebut ternyata berupa Google Form alias Google formulir yang merupakam alat untuk membantu pengguna merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisien.

Google Form dalam situs tersebut memuat beberapa data yang harus diisi peserta, yaitu nama, akun Instagram, asal kampus, jurusan, hingga asal wilayah.

Menurut akun Val, data dalam Google Form itu terlalu detail dan bisa ada kemungkinan, data tersebut dijual.

“Data-data nya terlalu detail perlu asal wilayah, jurusan, asal kampus, Instagram, sama nama.”

“Hmm … Lumayan nih buat dijadiin duit itu data kalo dijual,” tulis akun Val.

Akun Val juga memberikan contoh tentang penyalahgunaan data yang menggunakan data pribadi.

Selain itu, akun Val juga mempertanyakan terkait server yang akan digunakan akun Instagram untuk menggelar tryout serentak dalam satu waktu.

“Sekaya apa mereka bisa sewa server buat handle ratusan ribu orang tanpa dibatasi jumlahnya?” tanyanya.

Ia pun menyamakan dengan server situs resmi yang kerap down untuk pendaftaran SNMPTN/SBMPTN/PPD karena banyak pengguna yang mengakses.

Padahal, para pengguna juga tidak mengakses situs tersebut secara bersamaan.

Akun Val juga melampirkan tangkap layar terkait registrasi domain akun Instagram penggelar tryout online CPNS 2019 yang ternyata masih baru.

Akun Val menyarankan, bila peserta ingin mengikuti simulasi tes CPNS, bisa mencari soal CPNS di Google.

Apalagi akun Instagram yang mengadakan tryout itu, lanjut akun Val juga tidak jelas, pun dengan lembaga, instansi, serta landasan hukumnya.

Tak berhenti sampai di situ, akun Twitter lainnya, @MegaWulan99 menambahkan informasi, ternyata kode yang ia dapat setelah mendaftar ternyata sama dengan kode yang didapat orang lain.

Bahkan ada akun lain, @hidayataryy yang iseng mencoba ikut mendaftar dengan username abal-abal.

Hasilnya, tetap saja, ia mendapat nomor kode yang sama dengan orang lain.

Lantas, apa kata BKN terkait hal ini?

Lewat akun resmi Twitter-nya, BKN mengingatkan agar masyarakat berhati-hati terhadap pihak yang mengaku mengetahui soal CPNS.

Apalagi sampai pihak tersebut menggelar simulasi/tryout dengan bekerjasama dengan BKN.

Sebab, apabila ada simulasi CAT, BKN akan memberikan info resmi melalui website dan media sosial resmi.

“#SobatBKN, hati-hati terhadap pihak yg mengaku mengetahui soal CPNS dan menggelar simulasi/tryout dengan bekerjasama dgn BKN.”

“Karena apabila ada simulasi CAT, BKN akan memberikan info resmi melalui website dan media sosial resmi,” tulis akun BKN, Selasa (25/6/2019).

Akun BKN juga me-retweet unggahan dari akun Val yang mengungkapkan soal kejanggalan dalam ajakan mengikuti tyrout CPNS 2019.

BKN juga meminta agar masyarakat agar tidak pernah mengisi data diri seperti NIK/KK, nama orangtua, alamat, sekolah/kampus dan lainnya pada akun yang tidak jelas.

“Mimin suka nih contoh netizen bijak kayak gini.”

“Jd #SobatBKN jgn pernah isi data diri spt NIK/KK, nama ortu, alamat, sekolah/kampus dll ke akun yg gak jelas.”

“Jgn sampai data dirimu disalahgunakan!”

“Be smart netizen, oke,” tulis BKN lagi.

Bahkan akun BKN sempat mempertanyakan akun yang menggelar tryout CPNS 2019 serentak itu.

BKN mengingatkan, segala informasi tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat disimak di website pemerintah berdomain http://go.id serta medsos instansi yang terverifikasi.

“Wuih itu akun apaan?”

“Segala info ttg ASN, cukup kamu simak di web Pemerintah berdomain http://go.id dan medsos instansi yg verified.”

“Kurang berisik gmn lg mimin di medsos sampai yg begituan dipercaya,” tulis akun BKN.

Sementara itu, saat diminta klarifikasi oleh netter, akun Instagram penggelar tryout tersebut, mengaku tak menyangka bila ajakan itu justru viral.

Akun tersebut keukeuh menggelar tryout online CPNS 2019 seperti yang dijanjikan.

“Soal TWK TIU dan TKP nanti hasilnya bsa dilihat lolos atau tidak passing grade nya,” tulis akun tersebut.

 Postingan sebuah akun Instagram soal ajakan tryout nasional CPNS 2019
Postingan sebuah akun Instagram soal ajakan tryout nasional CPNS 2019 (Tangkap Layar Instagram)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Heboh Ajakan Ikuti Tryout Online CPNS 2019 Serentak se-Indonesia, BKN: Hati-hati, http://www.tribunnews.com/nasional/2019/06/25/heboh-ajakan-ikuti-tryout-online-cpns-2019-serentak-se-indonesia-bkn-hati-hati?page=4.
Penulis: Sri Juliati
Editor: Tiara Shelavie

Anarkis Demo di Kantor Gubernur Sulsel, Anggota Satpol Luka Serius Dikeroyok Pendemo

0

Makassar Post, MAKASSAR — Satu personel Satpol PP harus mendapat perawatan medis, akibat aksi demo yang berakhir anarkis di kantor gubernur Sulsel, Senin 24 Juni. Ada luka sobek di bagian pelipis kepala, pasca dikeroyok massa yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Mahasiswa Bantaeng Bersatu.

Sejak awal, aksi demo terkait pencemaran lingkungan PT Huady Nickel Aloy di Bantaeng ini, memang memanas. Massa yang berjumlah puluhan orang, masuk di pintu gerbang timur kantor Gubernur Sulsel.

Baca Juga : Puluhan Mahasiswa Unjuk Rasa di Kantor Bulog Karena Ada Indikasi Korupsi

Satpol PP Sulsel sempat kewalahan, pasalnya ada aksi demo lain di gerbang berbeda. Sehingga massa berhasil masuk di dalam area gubernuran. “Pas kita mau terima dan mediasi, disitulah anarkis. Kita batasi hanya 10 orang boleh masuk, ternyata ada yang memaksa masuk,” beber Kasatpol PP Sulsel, Mujiono.

Kata Mujiono, massa terlibat cekcok dengan Satpol PP dan Kepolisian, hingga akhirnya petugas memaksa para massa untuk mundur ke luar pagar. “Kemudian ada yang memukul. Itumi anak buahku sampai jatuh di got, karena dikeroyok. Petugas kepolisian juga begitu,” jelasnya.

Dia mengatakan, satu orang anggota Satpol PP bernama Rifaldi mengalami luka serius. Ada luka sobek di bagian pelipis. Akibatnya ada empat jahitan di wajah anggotanya. Kemudian dua anggota lain, mengalami luka lebam.

Mujiono mengatakan, pihaknya tak akan bertindak prefentif, kecuali jika petugas hendak mengamankan diri. Dia meminta agar kejadian serupa tak terulang. Apalagi pihaknya selalu menerima semua aspirasi yang masuk dari masyarakat.

“Sepertinya ini sudah dirancang memang. Yang keroyok anggota saya juga lari. Padahal ini kantor kita kenapa massa datang dan langsung memukul anggota kami di sini,” tambahnya. (ful)

Mabes Polri Perintah Irjen Pol Hamidin Kirim 120 Personil Brimob Polda Sulsel ke Papua

0

MAKASSAR – Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin melepas 120 anggota Brimob Polda Sulsel, untuk Bawah Kendali Operasi (BKO) di Papua.

Upacara pelepasan 120 anggota Brimob ini, dipimpin Kapolda Hamidin di halaman depan Mapolda, Jl Perintis Kemerdekaan Km.16, Makassar, Senin (24/6/2019) pagi.

Kata Hamidin, Polda Sulsel kembali lagi mendapat kepercayaan penuh dari Markas Besar (Mabes) Polri untuk di BKO kan 120 anggota Brimob ke wilayah Polda Papua.

Baca Juga : Beredar Poster Halal Bihalal 212 , Polisi Larang Aksi di MK

Baca Juga : Kasus Pengeroyok Polisi di Makassar Berkasnya Diserahkan ke Kejaksaan

Baca: Buka Layanan Kesehatan Gratis di lokasi MRSF, Posko Biddokkes Polda Sulsel Diserbu Warga

Hamidin menekankan ke setiap personil agar selalu menunjukkan, Brimob adalah abdi negara mampu berikan perlindungan, dan pelayanan terbaik bagi masyarakat

Selain itu, Irjen Hamidin menyampaikan agar senantiasa mengantisipasi berbagai kerawanan, seperti penyusupan kelompok tertentu (KKB), ke pusat-pusat keramaian.

Lalu, mengantisipasi daerah pembangunan Tower Palapa yang sementara berjalan di Kabupaten Puncak Jaya, termaksud juga pelaksanaan pengamanan pasca Pemilu.

“Nanti saudara akan bertugas di beberapa Pos Pam yang ada di Puncak dan Puncak Jaya, agar tetap waspada dan mawas diri,” tegas Irjen Hamidin saat pimpin upacara.

“Selain waspada dan mawas diri, perlu juga hilangkan sifat-dlsifat arogan dan tindakan yang dapat dan sekali-kali menyakiti hati rakyat disana, itu perlu,” lanjut Hamidin.

Dari 120, itu dari Batalyon A Makassar 35 personil, Batalyon B Pare-Pare 50 personil dan Batalyon C Bone 35 Personil, dipimpin Danki Organik B, AKP Burhanuddin. (*)

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Perintah Mabes Polri, Irjen Pol Hamidin Kirim 120 Personil Brimob Polda Sulsel ke Papua, https:///2019/06/24/perintah-mabes-polri-irjen-pol-hamidin-kirim-120-personil-brimob-polda-sulsel-ke-papua.
Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Suryana Anas

Beredar Poster Halal Bihalal 212 , Polisi Larang Aksi di MK

0

Makassar Post, Jakarta, – Polisi melarang aksi massa di di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hingga dibacakan putusan perselisihan hasil pemilihan umum Pilpres 2019.

Hal tersebut menanggapi perihal beredarnya poster Halal Bi Halal Akbar 212. Dalam poster tersebut, dituliskan bahwa aksi tersebut merupakan aksi super damai, berzikir, berdoa, serta bersalawat mengetuk pintu rahmat mulai Senin (24/6) hingga Jumat (28/6).

Dalam poster itu pula, dituliskan aksi akan digelar di seluruh ruas jalan di sekitar MK.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan aksi massa dilarang di MK karena polisi berkaca pada aksi massa yang berakhir rusuh di depan Gedung Bawaslu pada 21-22 Mei lalu.

“Meski disebutkan aksi super damai tetap saja ada perusuhnya, diskresi kepolisian disalahgunakan. Silakan halal bihalal dilaksanakan di tempat yang lebih pantas seperti di gedung atau di rumah masing-masing,” tutur Argo saat dikonfirmasi, Minggu (23/6).

Baca Juga : Versi TKN Jokowi, Ternyata Prabowo Tak Punya Saksi TPS, Tim Hukum 02: TKN 01 Takut Dengan Saksi Kami

Dalam aturan itu, kata Argo, pada pasal 6 diatur bahwa aksi menyampaikan pendapat di muka umum tidak boleh dilakukan jika mengganggu ketertiban umum dan hak orang lain.Argo menjelaskan pelarangan aksi massa itu didasarkan pada Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Karenanya, lanjut Argo, pihaknya mengimbau kepada semua pihak untuk tak menggelar aksi massa. Selain menjaga ketertiban, tujuannya juga agar proses persidangan di MK bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Yusril Hormati Putusan MK, BW Minta yang Kalah Jangan Ngotot

“Biarkan hakim MK bekerja tanpa tekanan karena semua persidangannya suda di-cover banyak media secara langsung dan hasil keputusan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Argo.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, setelah sidang dengan agenda pembuktian di MK, hakim akan mulai menggelar rapat permusyawaratan hakim pada Selasa (25/6) hingga Kamis (27/6). Sidang akan ditutup pada Jumat (28/6) dengan agenda pembacaan putusan sengketa Pilpres 2019.

Sidang sengketa Pilpres dimulai pada 14 Juni lalu. Sidang pembuktian digelar sejak Senin (17/6) hingga Jumat (21/6) lalu dengan agenda pembuktian yang mendengarkan keterangan saksi dan ahli.

(dis/sur)

Mayat Pria Bertato Diteumukan dan Menggegerkan Warga di Makassar

0

Makassar Post, Makassar – Penemuan sesosok mayat pria menghebohkan Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mayat itu disebutkan tanpa busana dan memiliki ciri-ciri tato di bagian tangannya.

“Korban dalam kondisi tertelungkup, tidak menggunakan baju dengan (badan) penuh lumpur dan (mengenakan) celana dalam,” ucap Kanit Reskrim Polsek Panakkukang Iptu Ahmad Sayyed dalam keterangannya pada wartawan, Minggu (23/6/2019).

Mayat itu ditemukan pada pukul 01.00 Wita dini hari tadi di Jalan Urip Sumoharjo, Panakkukang, Makassar. Posisi mayat itu terkubur di dalam bekas galian di tepi jalan.

Penemuan mayat itu bermula dari adanya pengerjaan pengerukan tanah di lokasi tersebut. Sekitar kedalaman 1,5 meter, pekerja yang melakukan pengerukan tanah itu menemukan mayat tersebut.

“Menurut keterangan saksi mengatakan bahwa awalnya pada saat ia sementara melakukan pengerjaan pengerukan tanah timbunan tanah sedalam 1,5 meter dan menemukan mayat laki-laki tanpa identitas dalam keadaan kaki terikat kemudian mengangkat ke pinggir,” kata Kapolsek Panakkukang Kompol Ananda Fauzi ketika dimintai konfirmasi terpisah.
Polisi yang mendapatkan laporan penemuan mayat itu langsung menuju ke lokasi. Mayat itu kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Makassar untuk diautopsi. Setelahnya polisi melanjutkan pengusutan atas temuan itu. Dari olah tempat kejadian (TKP) awal, polisi menemukan adanya luka tusuk pada mayat itu.

“Ada dua titik (luka) di bawah ketiak dan sekitar punggung, kalau untuk indikasi awal luka itu karena senjata tajam, kalau di kakinya mayat ada ikatan seperti kawat,” ujar Ananda.

Ananda mengatakan tidak ada identitas apapun pada tubuh mayat itu. Satu-satunya ciri-ciri yang dapat dikenali yaitu adanya tato di bagian tangannya.

“Ciri khusus di tubuh mayat ditemukan ada tato seperti salib,” kata Ananda.

(dhn/dhn)

Anggota TNI Menggalkan Aksi Begal di Poros BTP

0

Makassar Post, Makassar – Aksi begal di kota Makassar talgi mengenal waktu. Kali ini dua pelaku begal beraksi di Jalan Poros Perumahan BTP, Kecamatan Tamalanrea, tepatnya di depan posko timur Damkar, Ahad (23/6/2019) sekitar pukul 07.00 Wita, pagi tadi.

Namun aksi mereka dapat digagalkan oleh dua anggota TNI dari kesatuan Kesehatan Kodam (Kesdam) XIV Hasanuddin, yakni Serma Agus Wahyudi dan Serka Hendra Wibowo yang kebetulan melintas di lokasi kejadian.

Peristiwa ini bermula saat korban pengendara sepeda motor bernama Saudari Syahrina warga BTP Blok AF berhenti di depan posko pemadam untuk menerima telepon.

Tak lama satu orang pelaku berjalan menghampiri korban dan merampas ponsel yang tengah digunakan korban berkomunikasi.

Pelaku pun kemudian lari menuju ke arah rekannya yang sudah siap di atas sepeda motornya dan langsung kabur.

Di saat bersamaan, kedua anggota TNI yang melintas sontak bereaksi dan langsung melakukan pengejaran.

“Kebetulan saja kami melintas dan melihat korban berteriak meminta tolong. Kami lihat pelaku tersebut berusaha kabur dan saat itu kami melakukan pengejaran,” beber Serma Agus Wahyudi.

Mengetahui dikejar oleh dua anggota TNI berseragam, salah satu pelaku berusaha menghalau dengan melemparkan helm ke arah anggota TNI tersebut.

Hingga sampai di depan Markas Batalyon Kavaleri 10/Mendagiri pelaku mencoba mengelak dari tangkapan Serma Agus dan Serka Hendra namun terjatuh dan akhirnya tertangkap.

Masyarakat yang melihat kejadian langsung berkerumun hendak menghakimi pelaku.

Demi menghindari amukan massa, Serma Agus dan Serka Hendra mengamankan pelaku ke Pos Provost Batalyon Kavaleri 10/Mdg sambil menghubungi petugas kepolisian untuk diadakan pengusutan lebih lanjut.

Identitas kedua pelaku diketahui berinisal Ra beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan serta Re warga Jalan Muh. Yamin Baru, Kota Makassar.

Saat ini kedua pelaku sedang ditangani Polsek Tamalanrea Makassar untuk dilakukan pemeriksaan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Hajji Taruna)

Menjelang Laga dengan Becamex Binh Duong, Darije Utak-Atik Skema

0

Makassar Post, MAKASSAR — Pelatih Darije Kalezic tak ingin timnya tampil kendor seperti leg pertama di markas Becamex Binh Duong. Leg kedua nanti ia sudah menyiapkan skema yang berbeda.

Duel di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (26/6) mendatang, Darije ingin timnya tampil lebih tajam sekaligus dengan pertahanan kukuh.

Dua kelemahan mendasar inilah yang menurutnya biang kekalahan 0-1 dari Binh Duong.

Baca Juga : Kehabisan Tiket Kapal, PSM Minim Dukungan dari Makassar

Baca Juga : PSM Gagal Raih 3 Poin Meski Hanya Lawan 10 Pemain

“Ya kita lakukan evaluasi. Kita sudah bicara satu sama lain. Apa yang kita lakukan dengan baik dan tidak. Dan apa yang perlu kita lakukan lebih baik di laga nanti. Kemungkinan besar bakal kita rubah (skemanya),” kata Darije usai latihan di Stadion Madya, Jakarta.

Pelatih asal Bosnia itu senang karena untuk persiapan leg kedua ini seluruh pemainnya dalam kondisi fit. Termasuk pemain yang bermain 90 menit di Vietnam.

“Kita tidak punya masalah sama sekali dengan tim. Masalah kondisi fisik tidak ada. Jadi semua pemain siap dimainkan,” jelasnya. (tam/sam)

Kehabisan Tiket Kapal, PSM Minim Dukungan dari Makassar

0

Makassar Post, MAKASSAR — Diperkirakan hanya sedikit suporter PSM yang dari Makassar datang langsung mendukung tim kebanggaan berlaga di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu, 26 Juni nanti.

Harapan memenuhi Pakansari sirna setelah kapal terakhir KM Dobonsolo yang sandar di Jakarta sebelum laga sudah berangkat kemarin siang setelah salat Jumat.

Hasilnya hanya ada tiga suporter yang berangkat. Masing-masing dua dari Red Gank dan satu orang dari The Macz Man. Padahal sebelumnya ada 50 lebih anggota Red Gank yang hendak berangkat. Termasuk ratusan member dari The Macz Man.

“Ada ji berangkat yang sudah boking tiket sejak pekan lalu. Sebenanrnya ini teman-teman tanpa diskon berangkat ji juga cuma tiketnya habis,” ucap Menteri Luar Negeri Red Gank, Ibrahim.

Demikian dengan The Macz Man. Sekjen The Macz Man, Mustafa menambahkan ada satu anggotanya yang berangkat di kapal yang sebelumnya sandar di Surabaya sebelum lanjut ke Tanjung Priok itu. “Hari Minggu nyusul tiga org naik pesawat, untuk sementara itu,” katanya.

Ya, satu-satunya jalan untuk ikut tour away adalah berangkat dengan pesawat. Hanya saja, kondisi saat ini tiket pesawat justru naik berkali-kali lipat. Hanya cukup dijangkau sebagian kecil suporter saja.

Alhasil, Pasukan Ramang cukup berharap dukungan penuh dari suporter yang berdomisili daerah Ibu Kota saja. Seperti Gue PSM yang berbasis di Jakarta. Juga sektor lainnya.

“Betul. Kita cukup berharap bantuan The MaczMan Zona Jabodetabek dan Zona Bandung yang akan turun maksimal,” papar Mustafa.

Kapten PSM, Zulkifli Syukur pun berharap banyak dukungan penuh para fan di stadion. Dukungan dengan memerahkan stadion akan menjadi penyemangat buat tim. (tam)

Transit di Makassar, Danlantamal VI Sambut Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri

0

Makassar Post, MAKASSAR – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S. H, M. Tr (Han) menyambut kedatangan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian beserta rombongan bertempat di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Sabtu , 22/06/2019.
Danlantamal VI didampingi Ketua Korcab VI DJA II Risanty Dwi Sulaksono.
Turut serta dalam Rombongan Panglima TNI, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto.

Baca Juga : Penangguhan Soenarko di Jamin Panglima TNI dan Luhut Jadi

Diketahui, Panglima TNI dan Kapolri transit di Makassar menggunakan pesawat Boeing 737 VIP TNI AU dari Lanud Haluleo setelah selesai melaksanakan peninjauan bencana alam banjir di Konawe Utara Sultra.
Pada saat penyambutan turut hadir Pangdam XIV/HSN , Pangkoopsau II ,Kapolda Sulsel, Pangkosekhanudnas II , Danlantamal VI Makassar.
Juga Danlanud Sultan Hasanuddin , serta Pejabat Utama TNI dan Polri seWilayah Makassar , pengurus Dharma Pertiwi Daerah G dan sejumlah undangan. (*)

Kasus Pengeroyok Polisi di Makassar Berkasnya Diserahkan ke Kejaksaan

0

Makassar Post, Makassar – Polisi menangkap dua orang warga pengeroyok anggota polisi Bripda YH yang bertugas di Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), MV dan AR. Polisi juga telah merampungkan dan mengirim berkas perkara tahap satu kedua pelaku tersebut ke Kejaksaan.

“Terkait perkara penganiayaan secara bersama-sama yang dilakukan dua pelaku yang mana V dan AR sudah tertangkap. Untuk berkas perkara sudah dilimpahkan ke kejaksaan untuk tahap satu dan masih menunggu dari jaksa untuk lakukan pemeriksaan ke berkas perkara tersebut,” ujar Kanit Reskrim Polsek Makassar, Iptu Harianto Rahman, pada Jumat (21/6/2019).

Baca Juga : Jaringan Begal yang Ditembak Mati di Telusuri Oleh Polda Sulsel

Kedua pelaku itu ditangkap oleh tim Resmob Polsek Makassar di dua lokasi berbeda. Untuk MV ditangkap oleh polisi tak lama setelah kejadian penganiayaan di TKP, sedangkan AR dibekuk dalam pelariannya di Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba.

“Diamankan di Bulukumba di Polsek Bulukumba. Jadi kami dapat informasi dari rekannya dia melarikan diri ada saudaranya yang memberikan uang untuk tersangka melarikan diri ke Bulukumba,” jelas Harianto.

Baca Juga : Pengedar Sabu Jaringan Makassar-Sinjai Dihadiahi Timah Panas

Baca juga: Satu Pengeroyok Polisi di Makassar Ditangkap

Sebelumnya, Bripda YH dianiaya dan dikeroyok oleh warga di Kota Makassar. Pengeroyokan ini akibat kesalahpahaman antara pelaku dan korban di jalan raya.

“Di persimpangan Jalan Veteran dan Kerung-kerung terjadi kesalahpahaman antara anggota Polri yang sedang berhenti di lampu merah bertemu dengan kedua pelaku yang ada di belakangnya. Kemudian terjadi kesalahpahaman dan terjadi ketegangan hingga kedua pelaku memukul korban yang anggota Polri yang sedang tidak berdinas dan tidak mengenakan seragam,” kata Kapolsek Makassar Kompol Kodrat Muhammad Hartanto pada Senin (13/5).

Baca juga: Polisi Dikeroyok Warga, Dipukul dan Ditusuk Kunci Motor

Kodrat mengatakan pelaku yang ditangkap akan dikenai pasal pengeroyokan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. “Kita tangani dan terhadap pelaku yang sudah diamankan kita terapkan Pasal 170,” tegas Kodrat.

(dnu/dnu)

Viral! Bayi Laki-laki di Bekasi Ini Diberi Nama Google

0

Makassar Post, Bekasi – Seorang bayi laki-laki di Bekasi, Jawa Barat, memiliki nama yang unik. Bayi itu diberi nama Google.

“Iya betul (bayi laki-laki bernama Google di Bekasi),” ujar Kabid Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Bekasi, Oke Kusmayadi, ketika dijumpai di kantornya, Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur, Jumat (21/6/2019).

Bayi tersebut merupakan anak dari pasangan Andi Cahya Saputra dan Ella Karina. Google lahir secara normal pada tanggal 30 November 2018 di Bekasi.

“Berat lahir Google 3 kg dengan panjang 48 cm,” ujar Oke.

Akta kelahiran Google terdaftar secara resmi di Kantor Disdukcapil Kota Bekasi. Google tinggal bersama orang tuanya di Bojong Rawalumbu, Rawalumbu, Kota Bekasi.

Bayi Google ini viral di media sosial setelah sebuah akun gosip memposting akta kelahiran bayi tersebut. Sejumlah warganet mengomentari nama berita itu karena termasuk unik.

Baca juga: Ada Jasa Carikan Nama Bayi, Biaya Konsultasi Mulai dari Rp 1,4 Jutaan

Ibu kandung Google, Ella (27) mengatakan Google adalah anak keduanya. Dia memberi nama Google agar kelak anaknya itu bisa menjadi pemimpin yang banyak pengikutnya.

“Kalau diartiin itu kayak satu huruf banyak pengikut. Harapan kita (sebagai) orang tua ‘kan nama adalah doa ya, jadi kelak dewasa dia itu bisa jadi pemimpin yang banyak pengikutnya dan berguna bagi masyarakat,” ujar Ella ketika ditemui di kediamannya, Kampung Rawa Roko, Bojong Rawalumbu, Rawalumbu, Kota Bekasi.

“Kalau orang nggak tahu kan nanyanya ke Google,” sambungnya.

Ide nama Google ini merupakan usul dari suami Ella, Andi Cahya Saputra (32). Selama masa kehamilan Google, Andi kerap membuat video yang temanya ia cari sendiri di Google.

“Waktu hamilnya saya, dia (Andi) sering bikin (video) Youtube. Pokoknya video aneh-aneh. Jadi tercetus dari situ. apa aja dibikin, kadang dia iseng bikin unboxing atau apa otak-atik motor, main sama anaknya, dari Google,” ujar Ella.

Ella bercerita tadinya ia dan keluarga keberatan dengan nama Google. Namun, setelah dijelaskan secara perlahan oleh Andi, akhirnya Ella dan kerabat menerima.

Yusril Hormati Putusan MK, BW Minta yang Kalah Jangan Ngotot

0

Makassar Post, Jakarta, CNN Indonesia — Ketua Tim Hukum Joko Widodo-Maruf Amin, Yusril Ihza Mahendra menyatakan akan menghormati dan menerima apapun putusan Majelis Hakim dalam sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

“Apapun putusan Mahkamah Konstitusi akan kami hormati dan kami terima dengan baik,” ujar Yusril dalam penyampaian laporan penutupan di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (21/6).

Yusril mengatakan pihaknya bersyukur telah mengemukakan berbagai bukti, sanggahan, maupun argumen dalam persidangan yang disaksikan masyarakat Indonesia.

Ketua Umum PBB ini pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengikuti persidangan. Dia juga meminta maaf mengenai kesalahan yang mungkin dilakukan selama persidangan.

“Terima kasih dan mohon maaf atas kata-kata yang mungkin terucap baik sengaja maupun tidak sengaja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya juga siap menerima apapun keputusan MK.

Bambang pun mengatakan ada tugas yang belum selesai setelah putusan MK dibacakan nantinya. Menurutnya, semua pihak harus berupaya agar Indonesia terus lebih baik.

Baca Juga : Kuasa Hukum KPU di Usir : “Don’t Be Against The Law”

Baca Juga : Versi TKN Jokowi, Ternyata Prabowo Tak Punya Saksi TPS, Tim Hukum 02: TKN 01 Takut Dengan Saksi Kami

Mantan pimpinan KPK ini mengatakan tugas meminimalisasi risiko perpecahan adalah tanggung jawab bersama, karena masyarakat terbelah selama proses pemilu.

“Ini harus mulai dilakukan, misalnya yang menang jangan sombong, yang kalah jangan ngototan. Mari kita perjuangkan semua untuk bangsa yang lebih baik,” ucap Bambang usai sidang.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya yang mendoakan kubu 02 serta mendoakan agar seluruh proses pemilihan umum berjalan dengan baik.

Yusril Hormati Putusan MK, BW Minta yang Kalah Jangan NgototKetua Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto (kanan) di ruang sidang MK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Ditemui terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman berharap seluruh pihak menahan diri terkait sengketa hasil Pilpres 2019 di MK.

Arief mengatakan saat ini keputusan terkait sengketa Pilpres 2019 berada di tangan para hakim konstitusi.

“Semua harus mampu menahan diri sekarang kita serahkan pada Mahkamah, dan kita menyiapkan diri semuanya untuk bisa menerima putusan Mahkamah apapun, termasuk penyelenggara pemilu,” kata Arief di Gedung MK.

Arief menilai upaya hukum yang dilakukan pihaknya di MK sudah cukup. KPU menyerahkan hasil sepenuhnya kepada MK.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman telah menutup sidang sengketa pilpres pada Jumat malam, setelah mendengarkan keterangan saksi fakta dan ahli yang dihadirkan tim hukum Jokowi-Ma’ruf.

Anwar menyatakan pihaknya langsung menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH).

“Kami habis selesai sidang akan langsung RPH. Kami akan berdebat dari apa yang bapak-bapak suguhkan di hadapan kami. Memang sangat berat,” kata Anwar sebelum menutup sidang.

(dhf/pmg)

Kabur saat Rekan Diamuk Massa, Rama Dibekuk Polsek Rappocini

0

MAKASSAR – Terduga pelaku pencurian dengan kekerasan Darmawan alias Wawan (18) dan Zulfikar Ramadan alias Rama (18) diringkus Timsus Polsek Rappocini Makassar.

Penangkapan yang dipimpin Panit II Timsus Polsek Rappocini Iptu Nurtcahyana itu berlansung pada Rabu (19/6/2019) malam.

Penangkapan keduanya diungkapkan Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Iqbal Usman kepada tribun, Jumat (21/6/2019).

Penangkapan itu bermula saat Timsus Polsek Rappocini mendatangi rumah Wani yang beralamat di Jl Mappaodang, Makassar.Namun, saat polisi tiba, Wandi sudah tidak berada di rumahnya.

Pencarian pun berlanjut. Dari hasil interogasi terhadap Wawan yang lebih dahulu diringkus, polisi mendapatkan informasi bahwa Wawan juga pernah terlibat aksi pecurian kekerasan bersama rekannya, Rama (18) di Jl Mangerangi.

Polisi pun mendatangi rumah Rama.

Hasilnya, Rama dan sepeda motor milik Wawan yang digunakan saat beraksi pun berhasil diamankan.

Baca Juga“Saya Kira Orang Baik-baik”, Gadis di Pinrang Diperkosa 5 Orang

Baca JugaKomplotan Pembobol ATM Diringkus Polisi

“Dari hasil interogasi Wawan diperoleh informasi bahwa ada salah satu pelaku yang pernah sacara bersama-sama melakukan tindak pidana Curas di Jl Mangerangi depan SMA 8,” kata Iqbal Usman dalam keterangan tertulisnya.

“Selanjutnya, anggota menuju rumah teman Wawan yang dimaksud dan berhasil mengamankan Zulfikar Ramdgan alias Rama dan barang bukti motor yang digunakan rama saat melakukan aksinya,” lanjutnya.

Sebelumnya, pada Rabu sore atau dua hari yang lalu.

Darmawan alias Wawan lebih dahulu diamankan Polsek Rappocini setelah ia gagal melarikan diri saat dipergoki warga hendak melakukan aksi jambret terhadap seorang pengendara.

Dalam aksi jambret itu, Wawan selaku eksekutor, sementara rekannya Wandi yang kini berstatus DPO berhasil kabur dari amukan warga. (*)

Gawang PSM Belum Pernah Kebobolan Hingga Pekan Ke Tiga

0

KOMPAS.com – Liga 1 2019 sudah berjalan tiga pekan. Ada beberapa catatan menarik yang menghiasi perjalanan 18 klub yang berjuang di kompetisi tertinggi Tanah Air.

Mereka menyapu bersih seluruh kemenangan di tiga pertandingan awal yang berlangsung di bulan Ramadan dan berhak menduduki posisi pertama dan kedua di klasemen sementara Liga 1 2019 dengan sembilan poin.

Baca juga: PSM Gagal Raih 3 Poin Meski Hanya Lawan 10 Pemain

Hingga pekan ketiga, Liga 1 2019 sudah memproduksi total 68 gol. Posisi penyerang menjadi yang paling produktif dengan catatan 38 gol.

Kemudian disusul gelandang (24 gol), dan pemain belakang menjadi produsen terendah dengan lima gol.

Dengan rata-rata 2,52 gol per pertandingan, menunjukkan bahwa tim-tim yang berkompetisi di Liga 1 2019 cukup produktif dalam membobol gawang lawan.

Bukan hanya soal produktvitas gol, statistik Liga 1 2019 juga memunculkan satu tim dengan pertahanan terbaik.

PSM Makassar menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan hingga pekan ketiga.

Baca juga: PSM Menetap di Jakarta dan Surabaya Sepanjang Laga Tandang

Runner-up Liga 1 2018 ini juga memiliki catatan gol yang cukup baik.

Dalam tiga pertandingan yang telah dijalani, tim berjulukan Juku Eja ini berhasil membukukan lima gol atau rata-rata 1,67 gol perlaga.

Saat ini, PSM bercokol di posisi ketiga klasemen sementara dengan tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan satu hasil seri.

Penangguhan Soenarko di Jamin Panglima TNI dan Luhut Jadi

0

Makassar Post,  – Penangguhan penahanan untuk mantan Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko akhirnya dikabulkan Polri. Di balik penangguhan tersebut, ternyata ada dua tokoh nasional yang menjadi penjaminnya.

“Jadi untuk permohonan penangguhan yang diajukan kuasa hukum Pak Soenarko telah diterima. Penjaminnya Pak Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) dan Menko Pak Luhut (Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan),” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jumat (21/6).

Panglima TNI Hadi Tjahjanto berbicara dalam konferensi pers terkait kerusuhan di Jakarta. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Dedi mengatakan, Luhut dan Hadi dianggap memiliki kapasitas sebagai pembina purnawirawan dan pimpinan TNI. Meski begitu, kasus Soenarko masih terus berjalan.

“Ya, tidak (berhenti kasusnya). Untuk proses kasus, tetap sesuai prosedur,” ujar Dedi.

Baca JugaPolisi Tangguhkan Penahanan Eks Danjen Kopassus Soenarko

Sebelumnya, Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi mengungkapkan, rekam jejak Mayjen Soenarko menjadi salah satu pertimbangan Hadi Tjahjanto mengajukan penangguhan. Soenarko dianggap memiliki jasa untuk negara.

“Keputusan tersebut diambil berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain, pertimbangan aspek hukum, pertimbangan tentang rekam jejak Pak Soenarko selama berdinas di lingkungan TNI, maupun setelah beliau berstatus purnawirawan, serta pertimbangan ikatan moral antara prajurit TNI dengan purnawirawan,” kata Sisriadi kepada kumparan, Jumat (21/6).

Dalam kasusnya, Soenarko ditangkap dan ditetapkan tersangka karena diduga membuat pernyataannya yang membahayakan serta terlibat dalam penyelundupan senjata gelap dari Aceh. Ia kemudian ditahan di rutan POM Guntur, Jakarta Selatan.

Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Facebook/@Luhut Binsar Panjaitan

“Berkaitan dengan ucapan-ucapan beliau juga pada saat ada penjelasan kepada anak buahnya yang terekam dan diviralkan. Lalu juga ada keterkaitan dengan adanya senjata gelap yang dari Aceh,” jelas Menkopolhukam Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Infog 3 Purnawirawan Tersangka Makar Foto: Sabryna Putri Muviola/kumparan

“Lewat Facebook, Kurir Komputer Jelekkan Anggota Polisi yang Amankan Kerusuhan 21-22 Mei”

0

Makassar Post, MAKASSAR, – Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengamankan Faizal Karaeng Lomba (32), terduga pelaku ujaran kebencian melalui media sosial Facebook, Selasa (18/6/2019).

Faizal diamankan di di Jalan Gunung Bawakaraeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Soendani mengatakan, ujaran kebencian yang ditulis Faizal di akun Facebook pribadinya yakni menjelek-jelekkan aparat kepolisian yang bertugas saat kerusuhan 21-22 Mei 2019 .

Dicky memperlihatkan tangkapan layar postingan Faizal yang telah dicetak. Dalam postingan itu, Faizal menggabungkan foto aparat kepolisian yang luka dan mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan oleh anggota polisi saat bertugas tidak lebih jihad dari para peserta aksi 21-22 Mei lalu.

“Dia katakan bahwa ‘ya Allah luka kecil didramatisir. Katanya mereka jauh lebih jihad, hello bosku, bukan saya membenci aparat, cuma sedikit info ji, sudah kewajiban aparat negara untuk menjalankan tugas untuk mengamankan situasi, toh juga mereka digaji tidak kerja gratis,'” demikian potongan kalimat dalam postingan Faizal yang dibacakan Dicky Soendani, Kamis (20/6/2019).

Dicky mengatakan, postingan itu mengakibatkan terjadi perbedaan pendapat di dunia maya sehingga mengakibatkan banyak warga yang terhasut sehingga postingan tersebut dinyatakan sangat berbahaya. Tidak sedikit yang membenci aparat kepolisian karena postingan yang diunggah pada tanggal 24 Mei tersebut. “Apalagi kalau kita lihat situasi pada 21-22 Mei ada ratusan orang yang ditangkap dan mereka itu perusuh bukan demonstran. Seolah-olah mengatakan bahwa anggota kita yang luka ini hanya main-main saja tidak ada apa-apanya ini. Ini sangat berbahaya jika memberikan ujaran kebencian seperti ini,” ujarnya.

Dari penangkapan Faizal, polisi menyita satu unit ponsel dan tangkapan postingan berita dalam akun Facebook miliknya. Saat ini tersangka ditahan di rutan Polda Sulsel dan masih dijadwalkan untuk diperiksa lebih lanjut.

Aksi Begal di Lakoni Remaja 18 Tahun

0

Makassar Post, Makassar – MA (18) tak berkutik saat digelandang petugas dari Resmob Polda Sulsel, Rabu (1962019) malam kemarin.

Polisi menyebut MA terlibat lima aksi pencurian dengan kekerasan alias begal di wilayah kota Makassar serta wilayah Kabupaten Gowa dan sejak lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) polisi.

Warga Jl Rajawali, Kota Makassar, itu diciduk petugas saat asyik bermain di salah satu warung interner (warnet) di Jl Vendrawasih.

Hasil interogasi pelaku mengakui terlibat lima aksi begal masing-masing di Jl Cendrawasih (depan stadion Mattoangin) sekitar bulan 9 tahun 2018, menjarah ponsel Samsung J2 warna putih, Jl Veteran Selatan (bundaran Pa’aeng-baeng) sekitar bulan 8 tahun 2018, menjarah ponsel Samsung Oppo warna silver, Jl Alauddin sekitar bulan 12 tahun 2018, menjarah ponsel Xiomiee warna silver, Jl Mangka Dg Bombong, Kabupaten Gowa menjarah ponsel Vivo sekitar bulan 10 tahun 2018 serta menjarah ponsel Oppo f1 di Jl Manunggal 22 sekitar bulan 12 tahun 2018.

Baca JugaBegal Sadis yang Patahkan Tangan Wanita di Sulsel di Tembak Polisi

Pelaku mengakui melakukan aksi curas di lima TKP, sebagian besar di wilayah Kota Makassar. Pelaku diamankan berdasarkan laporan polisi nomor LP354XI2018Restabes GowaSektor Sombo Opu, jelas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sonandi, Kamis (2062019).

Setelah diamankan, pelaku selanjutnya diserahkan ke Polsek Polsek Sombo Opu guna menjalani penyidikan lebih lanjut.

Adik Nurdin Halid Keluarkan Bendahara Golkar Sulsel Rudal dari Grup Whatsapp DPD I Sulsel

0

Makassar Post, MAKASSAR – Bendahara DPD I Golkar Sulsel Rusdin Abdullah harus bersabar. Ia dikeluarkan dari grup Whatsapp DPD I oleh Ketua Bappilu Golkar Sulsel, Kadir Halid.

Kadir Halid merupakan adik dari Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin Halid.

Rudal, begitu sapaannya dikeluarkan dari grup yang didalamnya semua diisi oleh pengurus DPD I. 

Dari screenshot DPD I Golkar Sulsel yang beredar, tampak Rudal dikeluarkan sekitar pukul 22.18, Selasa, 17 Juni malam.

 

Rupanya bukan hanya Rudal, istri dari mantan Ketua HIPMI Sulsel itu yakni A Debbie Rusdin juga ikut dikeluarkan diwaktu yang hampir bersamaan. Di mana A Debbie merupakan Wakil Bendahara DPD I Golkar Sulsel.

Hingga saat ini belum ditahu persis alasan Kadir Halid mengeluarkan Rudal dan istrinya tersebut. 

“Betul, pak Rudal dikeluarkan dan istrinya. Ada juga itu group DPD II,” ungkap salah satu pengurus Golkar yang enggan disebutkan namanya. (taq)

PSM Gagal Raih 3 Poin Meski Hanya Lawan 10 Pemain

0

Makassar Post, Vietnam – PSM Makassar gagal membawa pulang kemenangan setelah kalah dengan skor 1-0 oleh tim tuan rumah Becamex Binh Duong.

Laga ini merupakan leg pertama babak Semifinal AFC Cup 2019 Zona ASEAN antara PSM Makassar dengan tuan rumah Becamex Binh Duong di Stadion Go Dau, Binh Duong, Vietnam, Rabu (19/06/2019) jelang petang.

Pertandingan babak pertama diawali dengan bermain hati-hati. Kedua tim saling menguasai bola, namun belum ada peluang tercipta.

Peluang pertama akhirnya didapatkan Becamex pada menit ke-9 saat Le Tan Tai melakukan sepakan yang membahayakan pertahanan PSM. Namun pemain tuan rumah terjebak dalam posisi offside.

PSM mendapat peluang pada menit ke-14, akan tetapi bola hasil sundulan Zulham Zamrun masih melambung dari gawang Becamex.

Menit ke-27, sepakan bebas oleh pemain Becamex, Nguyen Anh Duc namun masih melebar dari gawang Rivky Mokodompit.

PSM kembali mendapatkan peluang pada menit ke-34, akan tetapi bola sepakan Wiljan Pluim masih belum mampu menembus gawang lawan.

Hingga babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0 antara Becamex Binh Duong dengan PSM Makassar.

Pertandingan babak kedua diawali dengan saling Serang antara kedua tim, menit ke 47 PSM Makassar mendapatkan peluang namun sayang sekali pemain PSM belum mampu menembus gawang Becamex Vietnam.

Becamex yang terkenal bermain cukup keras dan terkadang bermain kasar, namun PSM Makassar mampu memainkan pertandingan dengan cukup bagus.

Terjadi pelanggaran pada menit ke 59, hingga tercipta tendangan bebas oleh pemain Becamex, Tapi bola berhasil di halau oleh pemain PSM Makassar.

Menit ke-64, Abdul Rahman mendapatkan kartu kuning pertama untuk PSM karena melakukan pelanggan dengan berusaha menjatuhkan pemain Becamex.

Tendangan bebas pun kembali dilakukan oleh pemain Becamex namun lagi PSM Makassar mampu menahan bola.

Ferdinand Sinaga akhirnya dimasukkan untuk menjadi andalan di lini depan dengan menggantikan Guy Junior pada menit ke-72.

M. Rahmat melakukan umpan untuk Ferdinand Sinaga dari sisi kanan gawang Becamex dengan cukup bagus, namun belum mampu dimanfaatkan oleh Ferdinand Sinaga.

Tim tuan rumah akhirnya berhasil mengubah skor menjadi 1-0 pada menit ke 79 yang dilakukan oleh Nguyen Tien Linh melalui sundulan kepala.

Kembali Becamex menyerang PSM Makassar, yang berhasil ditahan oleh Rivky Mokodompit, namun dianggap pelanggaran hingga tercipta tendangan bebas untuk Becamex. Tapi PSM Makassar berhasil menahan bola.

Lagi – lagi peluang tercipta untuk M. Rahmat namun sayang sekali belum mampu dimanfaatkan untuk mencetak gol.

Salah satu pemain dari Becamex mendapatkan kartu merah hingga dapat menjadi kesempatan bagi PSM Makassar untuk mencetak gol. Namun PSM Makassar tidak mampu mengimbangi tim tuan rumah.

Peluit panjang wasit pun berbunyi tanda usainya pertandingan babak kedua antara Becamex Binh Duong Vietnam melawan PSM Makassar. Pertandingan berhasil dimenangkan oleh tim tuan rumah dengan skor 1-0.

Kuasa Hukum KPU di Usir : “Don’t Be Against The Law”

0

Makassar Post, Jakarta – Ketua tim hukum Prabowo-Sandi Bambang Widjojanto (BW) mengusir anggota tim hukum KPU dari Ali Nurdin dan Partners (AnP) dari ruang pelayanan informasi dan dokumen di Mahkamah Konstitusi (MK). Peristiwa itu terjadi ketika BW tengah mempersiapkan alat bukti berupa dokumen C1 hasil forensik.

“Don’t be against the law, please get out, please get out,” kata BW kepada anggota tim hukum KPU di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/6).

Saat itu, BW bersama dengan timnya memang tengah keluar dari ruang persidangan untuk menyiapkan alat bukti. Akan tetapi ada sekitar 2 orang anggota dari tim hukum KPU yang tiba-tiba masuk ke ruangan saat BW menyiapkan alat bukti.

Baca JugaVersi TKN Jokowi, Ternyata Prabowo Tak Punya Saksi TPS, Tim Hukum 02: TKN 01 Takut Dengan Saksi Kami

BW mengaku sangat kecewa dengan sikap yang dilakukan oleh kuasa hukum KPU. Ia menilai mereka telah melanggar aturan dan tidak memiliki moral.

“Gini ini kan yang di-loading adalah barang bukti kami, kok tiba-tiba ada penyusup masuk. Setelah ditanya dia orang kuasa hukum dari termohon atau KPU dan dia foto-foto makanya saya tanya ‘anda punya izin enggak? Yang diizinkan yang bareng-bareng ditunjukkan tadi masuk ke sini’. Maksud saya kelakuan lawyer itu bukan sekadar profesional tapi punya etik,” keluh BW.

Baca JugaFile Lagu Dijadikan sebagai Alat Bukti Kecurangan ke MK Oleh Tim Kuasa Hukum Prabowo

Baca Juga15 Daftar Poin Permohonan yang Diajukan Kubu Prabowo-Sandi Saat Sidang Perdana di Mahkamah Konstitusi

“Karena (lawyer) ada dasar spiritual dan moralnya. Kalau ada lawyer yang lakukan hal tidak bermoral, ini kan bisa berbahaya,” tegas BW.

Lebih lanjut, BW menyatakan KPU memiliki kuasa hukum seperti ini. Bahkan BW mengatakan kelakuan lawyer KPU dapat merusak citra KPU.

“Sayang KPU punya lawyer seperti itu. Itu menjatuhkan institusi KPU sebetulnya. Ini mudah-mudahan enggak berlanjut-lanjut lagi,” tutup BW.

Pengedar Sabu Jaringan Makassar-Sinjai Dihadiahi Timah Panas

0

Makassar Post, Makassar – Su alias Sul (32) meringis kesakitan setelah satu butir timah panas bersarang di kakinya.

Sul merupakan warga Kabupaten Sinjai yang masuk dalam Target Operasi kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu jaringan Makassar-Sinjai.

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai buruh harian itu sebelumnya diamankan Tim Macan Satuan Narkoba Polrestabes Makassar.

Penangkapan Sul diawali penyelidikan Tim Macan yang menerima informasi adanya rencana transaksi oleh tersangka Sul di wilayah Makassar.

Baca JugaAkhirnya Raja Begal Manuruki Tumbang Setelah di Hadiahi Timah Panas

Setelah dilakukan pengintaian, Sul kemudian berhasil diamankan saat berada di depan salah satu tempat hiburan malam di Jl Sumbawa, Kota Makasar, Rabu (19/6/3019) sekitar pukul 21.30 Wita.

“Awalnya pembuntutan dilakukan dari Jl Dg Tata sampai ke Jalan Sumba
dan diamankan tepat di depan Istana Karaoke,” jelas Kasat Narkoba Polrestabes Nakassar, Kompol Diari Estetika.

Hasil penggeledahan terhadap tersangka, ditemukan 1 bungkusan rokok berisi 7 sachet sabu di saku celana depan sebelah kiri bawah tersangka.

Sedangkan bungkusan rokok lain berisikan 1 sachet sabu dan alat timbang skil di saku kiri atas celana tersangka.

Dihadapan petugas, tersangka Sul mengaku sebagai pemilik sabu tersebut dan rencananya akan dibawa ke Kabupaten Sinjai untuk diperjual belikan.

“Tersangka mengaku sudah menjadi pengedar sabu dalam kurun waktu setahun terakhir,” sambung Kompol Diari.

Setelah mendapat keterangan tersangka, petugas kemudian melakukan pengembangan guna mencari jaringan tersangka.

Hanya saja, saat dibawa tersangka disebut melakukan perlawanan dengab cara mendorong dan memukul petugas.

“Tersangka melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri. Setelah diberi tembakan peringatan sebanyak tiga kali, tersangka mengindahkan hingga terpaksa anggota mengambil upaya tegas,” kata Kompol Diari.

Usai dilumpuhkan, Sul langsung dilarikan ke RS Bhayangkara guna menjalani perawatan medis.

Kapten Binh Duong, Waspadai Kapten PSM

0

Makassar Post – PSM akan menghadapi Becamex Binh Duong di Stadion Go Dau, Rabu, 19 Juni. Kapten PSM, Wiljan Pluim pun jadi target penjagaan lawan.

Kapten Binh Duong, Anh Duc mengatakan jika Wiljan Pluim adalah pemain yang harus diwaspadai timnya.

Menurutnya jika keberhasilan PSM hingga melaju ke semifinal ini karena kontribusi maksimal oleh pilar impornya terutama Pluim.

Baca JugaThe Dragon Pulih Dari Cedera, Siap Perkuat PSM Hadapi Becamex Binh Duong

Baca JugaPSM Makassar Away Ke Markas Becamex, Hanya Bawa Dua Penyerang Winger

“PSM sangat kuat di liga domestik. Mereka memiliki pemain asing yang berkualitas tinggi. Pluim sangat kreatif dan saya tahu lebih banyak tentang dia karena dia berlatih di Binh Duong,” sebutnya.

Pemilik nomor punggung 11 itu memuji serangan PSM yang dipimpin Pluim. Hanya saja iya yakin kualitasnya tidak sama baiknya di lini pertahanan.

“Kami mendapat empat poin melawan Persija di babak penyisihan grup dan saya pikir ini membantu persiapan kami untuk pertandingan melawan PSM,” pungkasnya. (tam)

Daftar 270 Daerah yang Akan Gelar Pilkada Serentak 2020 Mendatang

0
Makassar Post – Berikut Daftar 270 Daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daeran serentak pada tahun 2020 yang akan digelar di masing-masing 9 provinsi dan 224 kabupaten dan 37 kota berdasarkan daftar dari Dirjen Otonomi Daerah  

PROVINSI

1. SUMATERA BARAT
2. JAMBI
3. BENGKULU
4. KEPULAUAN RIAU
5. KALIMANTAN TENGAH
6. KALIMANTAN SELATAN
7. KALIMANTAN UTARA
8. SULAWESI UTARA
9. SULAWESI TENGAH

KABUPATEN KOTA

SUMATERA UTARA

1. KOTA MEDAN
2. KAB. TAPANULI SELATAN
3. KOTA BINJAI
4. KAB. SERDANG BEDAGAI
5. KAB. TOBA SAMOSIR
6. KOTA SIBOLGA
7. KAB. LABUHAN BATU
8. KAB. PAKPAK BHARAT
9. KAB. HUMBANG HASUNDUTAN
10. KAB. ASAHAN
11. KAB. MANDAILING NATAL
12. KAB. SAMOSIR
13. KAB. KARO
14. KOTA TANJUNG BALAI
15. KAB. NIAS
16. KAB. NIAS SELATAN
17. KAB. SIMALUNGUN
18. KAB. LABUHANBATU SELATAN
19. KAB. LABUHANBATU UTARA
20. KAB. NIAS UTARA
21. KAB. NIAS BARAT
22. KOTA GUNUNG SITOLI
23. KOTA PEMATANGSIANTAR

SUMATERA BARAT

1. KAB. SOLOK
2. KAB. AGAM
3. KAB. PASAMAN
4. KAB. LIMA PULUH KOTA
5. KOTA SOLOK
6. KAB. DHARMASRAYA
7. KOTA BUKITTINGGI
8. KAB. SOLOK SELATAN
9. KAB. PASAMAN BARAT
10. KAB. PADANG PARIAMAN
11. KAB. SIJUNJUNG
12. KAB. TANAH DATAR
13. KAB. PESISIR SELATAN

Baca JugaPilkada Serentak 2020, Ini Syarat PDIP untuk Calon Eksternal

RIAU

1. KAB. INDRAGIRI HULU
2. KOTA DUMAI
3. KAB. BENGKALIS
4. KAB. KUATAN SINGINGI
5. KAB. SIAK
6. KAB. ROKAN HILIR
7. KAB. ROKAN HULU
8. KAB. PELALAWAN
9. KAB. KEPULAUAN MERANTI

JAMBI

1. KAB. TANJUNG JABUNG BARAT
2. KAB. BATANGHARI
3. KAB. BUNGO
4. KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR
5. KOTA SUNGAI PENUH

SUMATERA SELATAN

1. KAB. OGAN KOMERING HULU
2. KAB. OKU SELATAN
3. KAB. OGAN ILIR
4. KAB. OKU TIMUR
5. KAB. MUSI RAWAS
6. KAB. PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR
7. KAB. MUSIRAWAS UTARA

Baca JugaRekomendasi Sebaiknya di Keluarkan Oleh DPD/DPW Saja

BENGKULU

1. KAB. SELUMA
2. KAB. KAUR
3. KAB. REJANG LEBONG
4. KAB. KEPAHIANG
5. KAB. LEBONG
6. KAB. MUKOMUKO
7. KAB. BENGKULU SELATAN
8. KAB. BENGKULU UTARA

LAMPUNG

1. KAB. LAMPUNG SELATAN
2. KOTA METRO
3. KAB. WAY KANAN
4. KAB. LAMPUNG TIMUR
5. KOTA BANDAR LAMPUNG
6. KAB. LAMPUNG TENGAH
7. KAB. PESAWARAN
8. KAB. PESISIR BARAT

BANGKA BELITUNG

1. KAB. BANGKA TENGAH
2. KAB. BELITUNG TIMUR
3. KAB. BANGKA BARAT
4. KAB. BANGKA SELATAN

KEPULAUAN RIAU

1. KAB. LINGGA
2. KAB. BINTAN
3. KAB. KARIMUN
4. KAB. NATUNA
5. KOTA BATAM
6. KAB. KEPULAUAN ANAMBAS

JAWA BARAT

1. KAB. SUKABUMI
2. KAB. BANDUNG
3. KAB. INDRAMAYU
4. KAB. CIANJUR
5. KAB. TASIKMALAYA
6. KAB. KARAWANG
7. KOTA DEPOK
8. KAB. PANGANDARAN

Baca JugaPAN Makassar Belum Pastikan Usung Busrah Abdullah di Pilwali 2020

JAWA TENGAH

1. KOTA PEKALONGAN
2. KAB. PEKALONGAN
3. KOTA SEMARANG
4. KAB. SEMARANG
5. KOTA MAGELANG
6. KAB. KEBUMEN
7. KAB. REMBANG
8. KOTA SURAKARTA
9. KAB. PURBALINGGA
10. KAB. BOYOLALI
11. KAB. BLORA
12. KAB. KENDAL
13. KAB. SUKOHARJO
14. KAB. WONOSOBO
15. KAB. WONOGIRI
16. KAB. PURWOREJO
17. KAB. SRAGEN
18. KAB. KLATEN
19. KAB. PEMALANG
20. KAB. GROBOGAN
21. KAB. DEMAK

DI YOGYAKARTA

1. KAB. SLEMAN
2. KAB. GUNUNG KIDUL
3. KAB. BANTUL

JAWA TIMUR

1. KAB. NGAWI
2. KAB. JEMBER
3. KAB. LAMONGAN
4. KAB. PONOROGO
5. KOTA BLITAR
6. KAB. BLITAR
7. KAB. SITUBONDO
8. KAB. KEDIRI
9. KAB. SUMENEP
10. KOTA SURABAYA
11. KOTA PASURUAN
12. KAB. GRESIK
13. KAB. MALANG
14. KAB. MOJOKERTO
15. KAB. PACITAN
16. KAB. TRENGGALEK
17. KAB. SIDOARJO
18. KAB. TUBAN
19. KAB. BANYUWANGI

BANTEN

1. KOTA CILEGON
2. KAB. SERANG
3. KAB. PANDEGLANG
4. KOTA TANGERANG SELATAN

BALI

1. KAB. KARANG ASEM
2. KAB. BADUNG
3. KAB. TABANAN
4. KOTA DENPASAR
5. KAB. BANGLI
6. KAB. JEMBRANA

NUSA TENGGARA BARAT

1. KAB. SUMBA BARAT
2. KAB. MANGGARAI BARAT
3. KAB. SUMBA TIMUR
4. KAB. MANGGARAI
5. KAB. NGADA
6. KAB. BELU
7. KAB. TIMOR TENGAH UTARA
8. KAB. SABU RAIJUA
9. KAB. MALAKA

KALIMANTAN BARAT

1. KAB. KAPUAS HULU
2. KAB. KETAPANG
3. KAB. SEKADAU
4. KAB. BENGKAYANG
5. KAB. MELAWI
6. KAB. SINTANG
7. KAB. SAMBAS

KALIMANTAN TENGAH

1. KAB. KOTAWARINGIN TIMUR

KALIMANTAN SELATAN

1. KAB. BANJAR
2. KOTA BANJARBARU
3. KOTA BANJARMASIN
4. KAB. TANAH BUMBU
5. KAB. KOTABARU
6. KAB. BALANGAN
7. KAB. HULU SUNGAI TENGAH

KALIMANTAN TIMUR

1. KAB. KUTAI KARTANEGARA
2. KAB. PASER
3. KAB. BERAU
4. KOTA SAMARINDA
5. KOTA BALIKPAPAN
6. KOTA BONTANG
7. KAB. KUTAI TIMUR
8. KAB. KUTAI BARAT
9. KAB. MAHAKAM ULU

KALIMANTAN UTARA

1. KAB. BULUNGAN
2. KAB. NUNUKAN
3. KAB. MALINAU
4. KAB. TANA TIDUNG

SULAWESI UTARA

1. KOTA TOMOHON
2. KAB. MINAHASA UTARA
3. KAB. MINAHASA SELATAN
4. KOTA MANADO
5. KOTA BITUNG
6. KAB. BOLMONG TIMUR
7. KAB. BOLMONG SELATAN

SULAWESI TENGAH

1. KAB. POSO
2. KAB. TOLI-TOLI
3. KAB. TOJO UNA-UNA
4. KOTA PALU
5. KAB. BANGGAI
6. KAB. SIGI
7. KAB. BANGGAI LAUT
8. KAB. MOROWALI UTARA

SULAWESI SELATAN

1. KAB. PANGKAJENE KEPULAUAN
2. KAB. BARRU
3. KAB. GOWA
4. KAB. MAROS
5. KAB. SOPPENG
6. KAB. LUWU TIMUR
7. KAB. LUWU UTARA
8. KAB. BULUKUMBA
9. KOTA MAKASSAR
10. KAB. TANA TORAJA
11. KAB. KEPULAUAN SELAYAR
12. KAB. TORAJA UTARA

SULAWESI TENGGARA

1. KAB. KONAWE SELATAN
2. KAB. MUNA
3. KAB. WAKATOBI
4. KAB. BUTON UTARA
5. KAB. KONAWE UTARA
6. KAB. KOLAKA TIMUR
7. KAB. KONAWE KEPULAUAN

GORONTALO

1. KAB. BONE BOLANGO
2. KAB. GORONTALO
3. KAB. POHUWATO

SULAWESI BARAT

1. KAB. MAMUJU
2. KAB. MAJENE
3. KAB. MAMUJU UTARA
4. KAB. MAMUJU TENGAH

MALUKU

1. KAB. SERAM BAGIAN TIMUR
2. KAB. KEPULAUAN ARU
3. KAB. MALUKU BARAT DAYA
4. KAB. BURU SELATAN

MALUKU UTARA

1. KOTA TERNATE
2. KAB. HALMAHERA UTARA
3. KAB. HALMAHERA SELATAN
4. KAB. HALMAHERA TIMUR
5. KAB. HALMAHERA BARAT
6. KAB. KEPULAUAN SULA
7. KOTA TIDORE KEPULAUAN
8. KAB. PULAU TALIABU

PAPUA

1. KAB. BOVEN DIGOEL
2. KAB. MERAUKE
3. KAB. PEGUNUNGAN BINTANG
4. KAB. ASMAT
5. KAB. NABIRE
6. KAB. WAROFEN
7. KAB. YAHUKIMO
8. KAB. KEEROM
9. KAB. SUPIORI
10. KAB. MEMBRAMO RAYA
11. KAB. YALIMO

PAPUA BARAT

1. KAB. MANOKWARI
2. KAB. FAKFAK
3. KAB. SORONG SELATAN
4. KAB. RAJA AMPAT
5. KAB. KAIMANA
6. KAB. TELUK BINTUNI
7. KAB. TELUK WONDAMA
8. KAB. PEGUNUNGAN ARFAK
9. KAB. MANOKWARI SELATAN

sebelumnya dikabarkan hanya ada 269 kabupaten dan kota namun Kota Makassar dimasukkan oleh karena pilkada sebelumnya di menangkan oleh kotak kosong. (uc)

Versi TKN Jokowi, Ternyata Prabowo Tak Punya Saksi TPS, Tim Hukum 02: TKN 01 Takut Dengan Saksi Kami

0

Tim hukum Prabowo-Sandi meminta perlindungan terhadap saksi mereka selama persidangan perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi.

Kuasa hukum Prabowo-Sandi mendatangi lembaga perlindungan saksi dan korban atau LPSK, Senin (17/6/2019).

Sebelumnya, tim kuasa hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mendatangi LPSK untuk meminta perlindungan terhadap saksinya dalam sidang sengketa pemilu di MK.

Namun, LPSK ternyata tidak bisa memberi perlindungan bagi saksi dan ahli yang akan dihadirkan dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum di MK atas alasan terbentur undang-undang.

Namun, ketua tim hukum 02, Bambang Widjojanto sudah mendapatkan sejumlah masukan dari LPSK mengenai apa yang dapat dilakukan agar keinginannya memberikan perlindungan bagi para saksi dan ahli tersebut dapat diwujudkan.

Bambang dan kawan-kawan pun akan mengirimkan surat kepada MK, meminta agar hakim mahkamah memerintahkan LPSK memberikan perlindungan bagi saksi dan ahli yang akan dihadirkan.

Namun pernyataan Bambang Widjojanto ini dianggap berlebihan oleh Direktur Hukum Dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 Jokowi – KH Maruf Amin, Ade Irfan Pulungan.

Saat tampil di Prime Time CNN Indonesia, Senin (17/6/2019), Ade Irfan Pulungan bahkan menantang kuasa hukum 02 Prabowo Subianto untuk menghadirkan saksi-saksinya.

“Ketakutan yang berlebihan. Terus siapa yang mengancam terus siapa yang diancam? Barangnya belum ada langsung bilang saya mau beli. Kan lucu. Saya lihat terlalu berlebihan kuasa hukum Paslon 02 ini memframing peristiwa yang juga kepastiannya belum tentu,” kata Ade Ifran Pulungan.

Ade bahkan meragukan jika kuasa hukum 02 punya saksi yang mau tampi di Mahkamah Konstitusi.

“Pertanyaannya apakah ada yang mau jadi saksi. Kan nggak ada juga? Buktinya saksi di TPS, kebanyakan saksi Paslon 02 tidak ada. Makanya tidak ada C1 (formulir C1), Tidak ada datanya,” lanjut Ade Irfan Pulungan.

“Sesuai ketetapan MK itu 15 saksi. Kalau nggak ada saksinya jangan dibilang saksi kami takut. Makanya kami melihat kuasa hukum 02 ini melakukan politik teror. Seolah-olah kalau ada saksi yang mau dimunculkan, ini mau diancam kekuatan negara. Padahal faktanya tidak ada saksinya. Persidangan di MK itu tertib, teratur, disiplin, tidak pernah ada ricuh selama sidang di MK. kita aja masuk di MK itu disiplin. Saya pikir terlalu berlebihyan kuasa hukum 02,” lanjut Ade Irfan Pulungan.

Selain Ade Irfan Pulungan, juga hadir narasumber di CNN INdonesia adalah

1. Teuku Nasrullah, Anggota Tim Hukum Pasangan Prabowo-Sandi

2. Ray Rangkuti, Direktur Eksekutif Lingkar Madani Pengamat Politik

3. Mardiansyah, Juru Bicara LPSK

Acara dipandu news anchor yang cantik; Putri Ayuningtyas.

“Hebat benar dia sudah tahu bahwa kami tidak punya saksi. Dukun aja tidak sampai begitu,” kata Teuku Nasrullah saat dipersilakan oleh Putri Ayuningtyas.

“Negara telah membuat lembaga perlindungan saksi lewat peraturan perundang-undangan . Lembaga ini bisa digunakan kalau ada potensi ancaman terhadap itu (saksi). Rekan-rekan kuasa hukum 01 merinding dan grebegetan serta panas. Santai saja. Biarkan kami minta perlindungan terhadap saksi kami, santai saja. Biarkan kami minta perlindungan agar saksi kami ada keyakinan. Jangan buat framing di luar yang kami pikirkan. Astagfirullah,” kata Teuku Nasrullah.

Ray Rangkuti dan Putri Ayuningtyas tampak tersenyum mendengar sindiran keras Teuku Nasrullah.

Oknum Jaksa Kabupaten Bone Dituduh Selingkuhi Staf Puskesmas, Warga Geruduk Kantor Kejaksaan

0

TANETE RIATTANG – Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (18/6/2019) tiba-tiba ramai dengan kedatangan banyak orang dan menjadi perhatian pengguna jalan.

Puluhan warga Jl Mangga, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bone, Selasa (18/6/2019).

Sedikitnya 40 orang mendatangi kantor tersebut untuk mempertanyakan dugaan perselingkuh salah satu oknum jaksa Bone, YS dengan salah satu staf Puskesmas Watampone, EV.

YS diduga melakukan perselingkuhan dengan EV. EV merupakan isteri staf Kantor Cabang Pompanua Kejaksaan Negeri Bone, IP.

Dirangkum tribun-timur.com, berikut fakta-fakta kejadian yang menjadi atensi warga dan perbincangan di warkop Watangpone, Ibu Kota Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan:

1. Foto Kejadian

Puluhan warga Jl Mangga, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bone, Selasa (18/6/2019). Mereka mempertanyakan dugaan perselingkuh salah satu oknum jaksa Bone, YS dengan salah satu staf Puskesmas Watampone, EV.

Puluhan warga Jl Mangga, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bone, Selasa (18/6/2019). Mereka mempertanyakan dugaan perselingkuh salah satu oknum jaksa Bone, YS dengan salah satu staf Puskesmas Watampone, EV. (TRIBUN TIMUR/JUSTANG MUHAMMAD)

2. Warga Dikoordinir Suami Staf Puskesmas EV

Warga tersebut dipimpin langsung oleh suami EV yang tinggal di Jl Mangga, IP mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bone.

3. Reaksi Kejaksaan Tinggi Sulsel

Bidang Pengawasan Kejakssaan Tinggi Sulawesi Selatan mulai turun tangan atas dugaan perselingkuhan yang melibatkan oknum pegawai Kejaksaan.

Oknum pegawai Kejaksaan diketahui berinisial YS dituding selingkuh dengan salah  satu staf Puskesmas Watampone, EV yang tak lain adalah istri dari pegawai Kejaksaan daerah setempat.

Asisten Bidang Pengawasan Kejati Sulselbar, Wito yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

Saat ini timnya sedang melakukan klarifikasi terkait kedua belapihak.

“Aswas sedang klarifikasi kepada para pihak. Dan sekarang lagi dalam proses jalan,”kata Wito kepada Tribun, Selasa (18/06/2019).

Dugaan perselingkuhan terungkap ketika puluhan warga Jl Mangga, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bone, Selasa (18/6/2019) pagi tadi.

Sedikitnya 40 warga mendatangi kantor tersebut untuk mempertanyakan dugaan perselingkuh salah satu oknum jaksa Bone, YS dengan salah satu staf Puskesmas Watampone, EV.

YS diduga melakukan perselingkuhan dengan EV. EV merupakan isteri staf Kantor Cabang Pomoanua Kejaksaan Negeri Bone, IP.

Warga tersebut dipimpin langsung oleh suami EV yang tinggal di Jl Mangga, IP mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bone.

4. Puluhan Aparat Polisi Siaga

Di lokasi, tepatnhya Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Bone, puluhan polisi sudah berjaga untuk mengamankan situasi tersebut.

Reporter tribun-timur.com masih berusaha melakukan konfirmasi ke pihak terkait.

Pelatih Arema FC Doakan PSM Sukses di AFC

0

MAKASSAR — PSM yang berlaga di AFC Cup tak hanya mendapat dukungan dari penggermarnya. Pelatih Arema FC, Milomir Seslija juga memberi support kepada PSM agar bisa sukses berlaga di AFC Cup

Kepada FAJAR, Milo menyampaikan dukungannya dan berharap PSM bisa membawa nama besar sepak bola Indonesia di kancah sepak bola Asia.

Ya, bentuk dukungan ini juga setelah laga timnya kontra PSM pada pekan ke-5 Liga 1 resmi diundur agar PSM bisa maksimal di Semifinal AFC Cup zona ASEAN menghadapi Becamex Binh Duong di Stadion Go Dau, Vietnam, Rabu (19/6).

“Kami harus respect penuh (PSM). Laga ditunda ini membuat kami kehilangan pertandingan selama 30 hari. Jadi hasilnya saya harap membanggakan untuk Indonesia,” harap Milo.

Untuk laga tunda ini, pelatih asal Bosnia tersebut juga tidak tahu kapan idealnya digelar. Sebab jika PSM mencapai tempat tertinggi di AFC maka secara otomatis akan ada pergeseran jadwal lagi.

“Sekarang kami hanya perlu mempersipan yang terbaik untuk tim. Kami harus merubah (rencana) lagi. Ini tidak bagus tetapi kami harus melakukannya,” imbuhnya.

Diketahui PT LIB menjanjikan akan menentukan laga tunda PSM vs Arema FC paling lambat, Minggu 30 Juni mendatang. (tam)

Puluhan Mahasiswa Unjuk Rasa di Kantor Bulog Karena Ada Indikasi Korupsi

0

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Sejumlah mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat berunjukrasa di kantor Bulog Divre Sulselbar, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa (18/6/2019) siang.

Pengunjukrasa yang berjumlah sekitar 30an orang itu menggunakan mobil bak terbuka yang dilengkapi pengeras suara (toa) sebagai panggung orasi.

Dalam orasinya, pengunjukrasa menuding adanya indikasi korupsi di tubuh di tubuh Perum Bulog Divre Sulsel-bar UB Jasatama.

Indikasi korupsi itu diduga terjadi pada pengelolaan anggaran biaya perawatan beras yang dilakukan secara berkala.

“Terjadi persekongkolan jahat secara massif dan terstruktur pada anggaran fumigasi dan spraying. Dan kami duga RM (region manager) terlibat serta adanya pemotongan di berbagai daerah,” kata Kordinator Lapangan Muhammad Abdul (26) usai berorasi.

Akibat adanya indikasi korupsi tersebut, Muhammad Abdul menduga negara dirugikan hingga miliaran rupiah.

“Kalau spraying itu kan dihitung per kubik, kalau fumigasinya itu dihitung per ron dan itu dilakukan secara berkala atau kontinew, jadi indikasi korupsinya sekitaran millaran,” ujarnya.

Ia pun berharap agar Kejati Sulsel dapat segera turung tangan untuk mengusut indikasi dugaan korupsi tersebut.

“Kami sudah ada data-datanya dan akan kami serahkan ke kejaksaan,” tuturnya.

Aksi unjukrasa di gerban Bulog Divre Sulselbar itu dikawal sejumlah personel Polsek Rappocini.

Tidak seorang pun perwakilan Perum Bulog Divre Sulselbar yang menemui, para pengunjukrasa pun melanjutkan aksinya dengan berkonvi ke kantor Kejati Sulsel.

“Begal Sadis di Makassar Banyak Libatkan Anak di Bawah Umur”

0

MAKASSAR – Penyidik Polrestabes Makassar merilis data kasus pencurian dengan kekerasan (curas) yang melibatkan anak di bawah umur sebagai pelaku.

Hasilnya cukup mengekutkan, setidaknya pada bulan Ramadhan tahun 2019, ada sekitar 60 pelaku begal yang masih berusia di bawah umur. Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko mengatakan, pihaknya saat ini intens melakukan koordinasi dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar serta Dinas Sosial untuk mengatasi permasalahan ini.

“Kalau dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya, ada peningkatan, tapi kalau dibandingkan dengan Ramadhan bulan kemarin ada penurunan,” kata Indratmoko saat ditemui di Polrestabes Makassar, Senin (17/6/2019).

Indratmoko menambahkan, para tersangka yang berusia di bawah umur ini tetap akan mendapatkan perlakukan khusus sesuai dengan ketentuan sistem peradilan anak.

Mantan Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Sulsel ini memastikan penanganannya sesuai undang-undang.

“Karena terkait sistem peradilan anak, tersangka anak membutuhkan penanganan khusus, baik itu dari masa penahanan maupun perlakuaan penempatan anak,” imbuhnya.

Para pelaku begal dari kalangan anak-anak ini lebih dominan merampas barang milik korbannya yang berupa telepon genggam. Barang ini sangat mudah dijual.

Tak hanya sekali melakukan curas, di Makassar seorang remaja AS yang berusia 17 tahun sudah menjadi residivis kasus begal. AS pada Sabtu (15/6/2019) lalu tertangkap oleh tim resmob Polda setelah 10 kali melakukan jambret secara sadis.

“Tentu kita prihatin melihat fenomena ini. Untuk itu kami akan selalu rutin berkoordinasi dengan TP2TPA dan Dinas Sosial Makassar untuk menangani hal ini,” pungkas Indratmoko.

PSM Makassar Away Ke Markas Becamex, Hanya Bawa Dua Penyerang Winger

0

MAKASSAR– PSM Makassar berangkat ke markas Becamex Binh Duong, Senin (17/6/2019) Siang.

Hanya 18 pemain yang diikutkan pelatih PSM, Darije Kalezic, untuk menghadapi Becamex di leg pertama Semifinal Zona Asean Piala AFC.

Dari ke-18 nama, hanya dua pemain tipikal penyerang winger yang diikutkan yakni Zulham Zamrun dan M Rahmat.

Sejauh ini kedua pemain tersebut belum tergantikan posisinya dalam starting Line Up PSM di bawah asuhan Darije.

Meski hanya dua pemain sayap namun nampaknya Darije bisa melakukan perubahan strategi.

Para pemain PSM Makassar berfoto bersama Founder Bosowa Coorporation, Aksa Mahmud, saat sesi latihan perdana usai lebaran di Stadion Mattoanging, Minggu (9/6/2019) Sore
Para pemain PSM Makassar berfoto bersama Founder Bosowa Coorporation, Aksa Mahmud, saat sesi latihan perdana usai lebaran di Stadion Mattoanging, Minggu (9/6/2019) Sore (Alfian/Tribun Timur)

Semisal ia membuat opsi tambahan dengan menempatkan Wiljan Pluim di sisi sayap lantaran kapten PSM ini bisa bermain di posisi mana saja.

Begitupun dengan Guy Junior ataukah Ferdinand Sinaga yang juga away kali ini diikutkan.

Guy maupun Ferdinand sejatinya merupakan penyerang tengah, tetapi mereka juga kerap bermain di lebih melebar.

Berikut Daftar 18 pemain PSM Makassar away markas Becamex Binh Duong:

Rivky Mokodompit
Asnawi Mangkualam
Abdul Rahman
Aaron Evans
Beni Wahyudi
Marc Klok
Rizki Pellu
Rasyid Bakri
Wiljan Pluim
Guy Junior
M Rahmat
Zulham Zamrun
Hilman Syah
Munhar
Taufik Hidayat
M Arfan
Ferdinand Sinaga
Eero Markkanen.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @piyann__

Indra Sjafri Resmi Gabung ke PSIM Yogyakarta

0

Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri menerima pinangan PSIM Yogyakarta. Bukan sebagai pelatih, tapi menjadi konsultan pembinaan pemain usia dini bagi klub Liga 2 tersebut.

Indra menyebut ada sejumlah alasan dirinya menerima pinangan PSIM. Salah satunya adalah karena Indra merupakan warga Kota Yogyakarta.

“Alasan pertama, saya sekarang asli orang Yogya. Keluarga saya sekarang di Yogya. Sejak 2009 saya sudah memiliki KTP Yogya dan menjadi warga Yogya. Saya memang kepingin banget tinggal di sini (Kota Yogyakarta),” ujar Indra, Minggu, 16 Juni 2019.

Indra ingin membuat PSIM yang saat ini berlaga di Liga 2 bisa memberi kemaslahatan bagi sepakbola di Kota Yogyakarta dan Indonesia. Dia berharap PSIM bisa meniru kesuksesan Bali United dalam pembinaan pemain usia dini.

“Saya punya pengalaman di klub Bali United untuk pembinaan usia muda. Visi dan misi saya saat itu saya letakkan untuk kemaslahatan sepakbola Bali. Itu tolak ukurnya. Saya juga menerima (menjadi konsultan) usia dini di PSIM. Suatu saat saya mau PSIM itu diisi potensi terbaik dari Yogya. Bukan terbalik, kalau bisa berlaku di semua klub hal seperti itu,” ungkap pelatih asal Sumatera Barat ini.

Indra menyebut PSIM memiliki potensi besar untuk menjadi klub yang menjadi industri sepakbola di Indonesia. Ada sejumlah faktor yang mendukung hal itu. Di antaranya adalah faktor sejarah dan dukungan suporter.

“Potensi PSIM besar untuk dikembangkan sebagai industri sepakbola di Tanah Air, banyak faktor pendukungnya. Selain itu juga masalah histori. Lahirnya PSSI tak bisa diklaim daerah lain. PSSI lahir di Yogya, dengan histori itu banyak hal yang bisa kita buat di Yogyakarta,” papar Indra.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) PT PSIM Jaya, selaku perusahaan yang menaungi PSIM, Bambang Susanto mengatakan hadirnya Indra Sjafri untuk PSIM, bukan hal tiba-tiba.

“Sebagaimana janji kami di awal, ada empat hal termasuk komitmen kami pada pembinaan pesepakbola usia muda. Dan coach Indra Sjafri akan membantu kami sebagai konsultan pemain usia muda karena beliau masih terikat dengan Timnas U-23 Indonesia,” tutur Bambang.

Akhirnya Raja Begal Manuruki Tumbang Setelah di Hadiahi Timah Panas

0

Dwiki Arandi alias Dicky (20), terlihat lemas setelah dihadihai timah panas di bagian kakinya oleh petugas kepolisian, Sabtu (15/6/2019).

Sebelum dilumpuhkan Dicky berhasil diamankan di rumahnyam di Jl Manuruki, Lr 9, Kota Makassar. Penangkapan Dciky didasari empat laporan polisi masing-masing Nomor DPO 81/X/2016/Reskrim/Restabes Makassar/Sektor Panakukang, LP/1603/IX/2016/Restabes Makassar/Sektor Panakkukang, LP/1605/IX/2016/Restabes Makassar/Sektor Panakkukang dan LP/1229/X/2016/Restabes Makassar/Sektor Tamalate.

Penangkapan Dicky dilakukan Resmob Polda Sulsel yang dipimpin lngsung Kanit Resmob Polda Sulsel, AKP Edy Sabhara, seretah mendapat informasi dari masyarakat bahwa pelaku DPO pencurian dengan kekerasan (curas) alias begal yang kerap meresahkan masyarakat kota Makassar.

“Informasin itu diterima Resmbob bahwa tersangka sedang berada di sekitar rumahnya, kemudian anggota Resmob Polda Sulsel langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku,” jelas Kabid Humas Polda Sulsel.

Dari hasil interogasi Dicky diketahui kerap melakukan aksinya di beberapa tempat di kota Makassar bersama rekanya dengan 15 lokasi berbeda.

Saat dilakukan pengembangan, tersangka berusaha mengelabui petugas dengan melawan untuk melarikan diri, sehingga petugas memberi tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali.

“Upaya petugas tidak dihiraukan oleh tersangka,sehingga dilumpuhkan dengan timah panas sebanyak satu kali di abgian betis sebelah kanan,”

Saat ini tersangka Dicky masih mendapatkan pertolongan medis di RS Bayangkara Makassar. Polisi juga masih melakukan pengejaran terhadap dua rekan pelaku yang masih buron.

Peringatan HUT Palopo ke 18 Digelar Virtual

0

Peringatan HUT Palopo ke-18 digelar virtual dalam rapat paripurna di DPRD Kota Palopo, Kamis (2/7/2020).

Wali Kota Palopo HM Judas Amir MH dalam sambutannya menyampaikan, moment hari jadi Kota Palopo yang ke-18 ini sangat bersejarah karena dirayakan dalam masa pandemi Covid-19, namun tetap dilaksanakan berdasarkan protokol kesehatan.

Meski baru berusia 18 tahun, kata Judas, sejarah perkembangan kota ini sejatinya terlentang panjang sejak dahulu kala.

“Untuk itu hari ini kita merayakan semangat transformasi tersebut. Tetap semangat berkarya, semangat dari kebiasaan baru di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini, agar Kota Palopo berkembang menjadi lebih baik,” ucap wali kota.

Lanjut wali kota, dengan tatanan baru yang dihadapi saat ini, olehnya itu Hari Jadi Kota Palopo ke-18 mengusung tema “Palopo New Spirit” atau semangat baru Kota Palopo.

“Hal ini memiliki makna bahwa masyarakat Kota Palopo lebih berikhtiar dan siap dalam mengatasi dan menghadapi masalah-masalah yang ada di tengah pandemi Covid-19 ini”, tutur Judas.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan, saat ini Sulawesi Selatan masuk dalam salah satu daerah dengan tingkat kesembuhan tertinggi covid-19.

Pada kesempatan itu juga terkait longsor yang baru-baru ini terjadi di wilayah Battang Barat Kota Palopo, Wagub Sulsel menyampaikan terimakasih kepada wali kota yang langsung tanggap turun ke lapangan.

“Kami juga langsung turun ke lokasi longsor via Toraja dan memberikan sejumlah bantuan. Namun kami tidak sempat bertemu dengan pak wali kota. Dan kami sampaikan terimakasih kepada wali kota bersama TNI dan Polri yang langsung turun ke lapangan dan mendirikan posko bencana secara darurat di lokasi bencana,” ucap Wagub.

Selain itu, dirinya juga menegaskan agar tetap selalu mematuhi anjuran pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan. “Salah satunya yaitu sering menggunakan masker meskipun ada yang merasa tidak nyaman,” jelasnya.

Pada peringatan Hari jadi Kota Palopo dilakukan pula penyerahan secara simbolis CSR Bank Sulselbar Palopo berupa satu unit mini bus untuk transportasi anak sekolah (bus sekolah) yang diserahkan oleh Kepala Cabang Banksulselbar kepada Wali Kota palopo.

Peringatan HUT ke-18 Palopo yang digelar secara virtual via aplikasi zoom meeting itu diikuti Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, Anggota DPR RI, Datu Luwu Andi Maradang Mackulau, Bupati/Wakil Bupati se-tanah Luwu bersama Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza, para Staf Ahli dan Asisten, Ketua dan pengurus PKK, instansi vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD Kota Palopo, pimpinan perangkat daerah dan camat serta lurah, juga organisasi organisasi lainnya lingkup Pemerintah Kota Palopo.

Fase Baru Kawasan Industri Bantaeng

0

Pengelolaan Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) memasuki fase baru setelah ada kesepakatan kerja sama pemerintah daerah dengan Kawasan Industri Makassar (KIMA). Kesepakatan kerja sama Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui perusahaan daerah Bantaeng Sinergi Cemerlang dengan KIMA dilakukan Jumat hari ini(26/6/2020).

Dikutip dari situs Pemkab Bantaeng dijelaskan, kerja sama pengelolaan KIBA ditandatangani oleh Direktur Utama PT Bantaeng Sinergi Cemerlang Tony M Pahlevi dan Plt. Direktur Utama PT KIMA (Persero) Muhammad Mahmud.

Turut menyaksikan penandatanganan Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Bupati Bantaeng H Ilham Azikin. Plt. Direktur Utama PT KIMA Muhammad Mahmud mengatakan bahwa MoU ini merupakan langkah awal yang akan menjadi satu komitmen yang tentunya harus bisa diwujudkan bersama.

“Tentu tidak mudah, namun saya optimistis dengan dukungan Bapak Gubernur, Bapak Bupati, dan seluruh pihak terkait, maka kolaborasi ini dapat mewujudkan kawasan industri yang strategis,” ujarnya.

Apalagi, KIBA adalah satu-satunya kawasan industri yang perbatasannya langsung berhadapan dengan laut, yang tentunya memudahkan untuk langsung di ekspor keluar.

Sementara, Bupati Bantaeng mengatakan kolaborasi ini menjadi suatu kehormatan, dan menjadi motivasi bagi Pemkab Bantaeng yang menjadi bagian dari keberlanjutan pemerintahan untuk lebih memperteguh eksistensi KIBA yang telah dirintis oleh Bapak Gubernur Sulsel.

“Besar harapan MoU ini akan lebih mempertegas dan mempermantap pengelolaan Kawasan Industri di Bantaeng. Pemerintah daerah akan senantiasa melakukan kerja-kerja dalam pengelolaan kawasan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bantaeng,” kata Bupati.

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi senantiasa berupaya mendorong bagaimana agar Bantaeng menjadi salah satu pusat perekonomian baru di Sulsel.

Baca Juga :  Masrur Makmur : Majukan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal

“Saya rasa Kawasan Industri Bantaeng sangat tepat karena dari sisi penyiapan sumber daya manusia sudah siap. Di Bantaeng juga ada banyak sektor yang bisa dikembangkan, pasti banyak investor yang masuk bukan hanya untuk membangun industri tetapi juga menggerakkan pariwisata kita,” kata Gubernur.

Turut hadir pada kesempatan itu yakni Wakil Bupati Bantaeng H Sahabuddin, Ketua DPRD Bantaeng Hamsyah, para Unsur Forkopimda Bantaeng, Asisten II Pemprov Sulsel, Kabiro Perekonomian Pemprov Sulsel, Sekretaris Dinas Keuangan Pemprov Sulsel, dan para Kepala SKPD lingkup Pemkab Bantaeng.

Liverpool Juara Liga Premier Inggris Setelah 3 Dekade

0

Dengan bantuan Chelsea mengalahkan Manchester City 2-1 di Stamford Bridge, London, dini hari tadi, klub sepakbola Liverpool memastikan juara Liga Inggris di musim 2019/2020 dengan keunggulan selisih 23 poin yang tidak mungkin terkejar oleh Manchester City.

Terakhir menjadi juara Liga Inggris di akhir musim 1990, The Reds jatuh dibawah bayang-bayang musuh bebuyutan mereka Manchester United di awal memasuki masa Liga Primer Inggris. Manchester United di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson mampu menjuarai Liga Primer Inggris di tahun 1993. Manchester United menjadi kekuatan yang dominan hingga berhasil menjadi juara liga Inggris 13 kali.

Di pertandingan sebelumnya Liverpool berhasil menggasak Crystal Palace 4 gol tanpa balas. Di pertandingan tersebut Palace tidak berhasil sekalipun masuk ke kotak penalti Liverpool.

Jurgen Klopp, pelatih asal Jerman, yang direkrut 5 tahun lalu berhasil mengalahkan rekor pelatih-pelatih Liverpool sebelumnya. Sebut saja Graeme Souness, Gérard Houllier, Rafa Benítez, Roy Hodgson, hingga Brendan Rodgers gagal mengantarkan Liverpool juara Liga Inggris kembali.

Liverpool hampir saja menjadi juara Liga Inggris musim lalu apabila tidak terpleset di akhir musim. Mereka hanya tertinggal 1 poin dari Manchester City yang juara dengan 98 poin.

Tercatat Mohamed Salah musim ini mencetak 17 gol membantu Liverpool untuk sampai peringkat ini dan Sadio Mane juga menyumbangkan 15 gol.

Liverpool mencetak rekor menjadi klub tercepat menjadi juara Liga Primer Inggris dengan masih menyisakan 7 pertandingan dan juga menjadi klub yang paling terlambat dikarenakan baru memastikan juara di bulan Juni akhir.

Selamat!

Terkait Dugaan Kasus Korupsi, DPRD Bulukumba Bentuk Pansus

0

Panitia Khusus (Pansus) akhirnya dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba. Pembentukan itu terkait penggunaan anggaran penanganan Covid-19.

Ketua DPRD Bulukumba, Rijal mengatakan, dewan sepakat membentuk tiga pansus di antaranya Biaya Operasional Kesehatan (BOK), Bantuan Sosial (Bansos), serta Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa.

“Keputusan itu ditetapkan melalui rapat dengan seluruh Badan Musyawarah (Bamus) yang digelar di ruang rapat paripurna,” kata Politisi PPP Bulukumba ini saat ditemui di ruang Rapat Paripurna, Kamis (25/6/2020).

Dalam pembahasan pembentukan Pansus, kata Rijal, ada beberapa fraksi yang menginginkan 1 atau 2 Pansus. Namun, unsur pimpinan kembali mengacu pada hasil rapat bersama pimpinan fraksi sebelumnya.

“Rapat dengan seluruh Bamus, kita sepakat dari hasil rapat dengan ketua fraksi untuk mengusulkan pembentukan. Pimpinan menindaklanjuti sampai kepada rapat Bamus dan di dalamnya disepakati pembentukan 3 Pansus,” jelasnya.

Pengusulan nama-nama Pansus akan disepakati melalui rapat paripurna pada Senin 29 Juni 2020 mendatang. Setelah penetapan, anggota Pansus dijadwalkan bekerja yakni sampai 28 September atau selama 90 hari kerja.

Belum Bebas Corona, Museum Kota Makassar Masih Ditutup

0

Sejumlah obyek wisata di Kota Makassar masih tertutup untuk dikunjungi masyarakat umum dikarenakan pandemi Covid-19. Museum Kota Makassar yang terletak Jl. Balaikota No.11, B misalnya. Museum sudah tidak menerima kunjungan sejak 19 Maret 2020, hingga Kamis (25/6/2020) hari ini.

Museum Kota Makassar masih nampak sepi pengunjung dan terlihat pengelola sedang melakukan penyemprotan di dalam dan luar area Museum Kota Makassar. Plt Kepala Museum Kota Makassar Dra. Nur Harlah Dahlan, M.Hum mengatakan pihaknya belum dapat memastikan kapan museum ini kembali dibuka untuk umum.

“Belum buka. Kita tunggu informasi dan arahan lebih lanjut dari pemerintah kota dalam hal ini dinas kebudayaan,” sambungnya. Selama masa pandemi Covid-19, pengelola rutin menyemprotkan disinfekatana area museum. “Ini sudah ketiga kalinya kami semprotkan disinfektan di dalam, luar dan sekitaran museum,” kata Harlah.

Tak hanya itu, setiap Sabtu dan Minggu, bekas gedung Balaikota ini rutin dibersihkan meski tak dikunjungi masyarakat umum. “Kita juga rutin membersihkan museum. Agar lebih terawat,” tambahnya. Diketahui sebelum pandemi Covid-19, Museum Kota Makassar rutin beroperasi setiap harinya mulai pukul 09.00 – 15.00 Wita.

Museum ini didirikan atas ide yang dilontarkan oleh H.B. Amiruddin Maula, SH.MSi, saatmengawali masa jabatanya sebagai walikota Makassar. Museum ini menempati gedung Balaikota lama yang terletak di jantung kota, sebuah bangunan bersejarah yang didirikan pada masa kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1916.

Museum Kota Makassar yang pembukaan perdananya berlangsung pada tanggal 7 Juni 2000 hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai identitas Kota Makassar, sejarah, dan budaya penduduknya yang pluralistis. Di dalamnya terdapat sejumlah koleksi sejarah. Misalnya saja koleksi patung dan potret Ratu Wilhelmina sudah berada di Makassar sejak masa Gemeente 1906. Serta foto-foto walikota yang pernah menjabat di Kota Makassar.

KPU Makassar Mulai Rekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih

0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar resmi membuka perekrutan calon anggota Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pilkada Makassar. Perekrutan ini resmi dibuka mulai Rabu (24 Juni 2020) dan berakhir pada 14 Juli 2020 mendatang.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, untuk dapat mengikuti seleksi PPDP, sejumlah syarat untuk para calon anggota telah ditetapkan. Endang menjelaskan, persyaratan PPDP sesuai surat KPT KPU RI nomor 169 tahun 2020.

Berikut syarat umum untuk menjadi anggota PPDP di Makassar:

1. Tidak pernah dijatuhkan sanksi disiplin pegawai
2. Independen dan tidak berpihak
3. Mampu secara jasmani dan rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika
4. Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat teknologi informasi

Syarat tambahan bagi calon PPDP dalam surat dinas KPU RI nomor 485 tahun 2020 tentang pembentukan PPDP:

1. PPDP harus berusia 20-50 tahun
2. PPDP harus sehat jiwa dan tidak memiliki penyakit degeneratif
3. PPDP wajib bekerja melakukan pencocokan dan penelitian dari rumah ke rumah di wilayah kerjanya
4. PPDP wajib mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19

Makassar Sulit Menghidupkan Pariwisata

0

Sektor Pariwisata Kota Makassar kian memprihatinkan, sebab selama masa pandemi tingkat kunjungan wisatawan di Makassar turun anjlok.Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Makassar bahkan menilai pariwisata tidak akan ada kemajuan yang signifikan selama Sulsel, khususnya Kota Makassar masih menyandang status zona merah.

Ketua Komisi B DPRD Makassar, William, mengatakan, memperbaiki sektor pariwisata bukan menjadi solusi menghidupkan kembali pariwisata Kota Makassar yang kini diambang keterpurukan. Makassar memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat memicu wisatawan datang, hanya saja status penyebaran virus di Makassar begitu tinggi sehingga wisatawan ogah untuk berkunjung.

“Sekarang yang perlu didorong bagaimana wabah ini segera selesai, tidak ada cara untuk mengairahkan sektor pariwisata kita kalau Makassar masih status zona merah penyebaran covid-19. Orang naik pesawat saja atau yang mau berkunjung terlalu ribet harus ada test dan segala macamnya,” tegas William, di gedung DPRD Makassar, Rabu (24/6).

Selain itu, dirinya mengharapkan, ada perbaikan kondisi dan status Makassar saat ini, kerja pemerintah dalam bidang pariwisata harus meyakinkan wisatawan kalau Kota Makassar aman.”Pariwisata hanya begitu-begitu saja dan tidak ada kemajuan sama sekali. Terlebih di masa pandemi ini tambah parah, jadi harus kerja ekstra lagi meyakinkan wisatawan kalau Kota Makassar tetap aman dari covid-19,”ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Makassar, H Yunus, juga menegaskan, sulit menghidupkan sektor pariwisata saat ini, namun pemerintah harus lebih berinovasi dengan melakukan event, promosi hingga menarik wisatawan berkunjung namun tetap memastikan sesuai protokol kesehatan.

“Sektor Pariwisata kita di empat bulan belakangan ini terpuruk. Tapi kita dorong bagaimana caranya untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan keadaan new normal ini,” katanya.
Memang diakui, ujar H Yunus, anggaran di Dinas Pariwisata kota Makassar yang seharusnya untuk menjalankan program seperti event dan sebagainya telah banyak direfocusing dan dialihkan ke penanganan covid-19 sehingga menghidupkan kembali dunia wisata butuh kerja ekstra.

Streaming Final Piala Indonesia PSM vs Persija

0

MakassarPost.com,  PSM Makassar akan menjamu Persija Jakarta dalam pertandingan final leg kedua Piala Indonesia 2019 di stadion Andi Mattalatta, Selasa (6/8) WIB. Berikut live streaming PSM vs Persjia.

Laga ini akan disiarkan langsung di stasiun televisi RCTI pukul 15.30 WIB. Duel final leg kedua ini juga dapat disaksikan melalui situs resmi PSSI secara live streaming.

Dalam turnamen liga 1 2019, kedua tim sama-sama gagal meraih kemenangan. PSM harus mengakui keunggulan Bali United dengan skor 0-1. Sementara Persija gagal meraih tiga poin lantaran ditahan imbang Arema FC, skor 2-2.

Persija mempunyai bekal kemenangan pada leg pertama atas PSM dengan skor 1-0. Gol tunggal tersebut ditorehkan oleh Ryuji Utoo Prabowo. Macan Kemayoran diuntungkan karena hanya membutuhkan hasil imbang untuk menjadi juara Piala Indonesia.

Tim asuhan Julio Banuelos telah membawa 18 pemain dalam kondisi yang baik untuk siap bertanding melawan skuat Juku Eja.

“Persiapan kami sangat baik memang ini laga final dimana laga yang ditunggu-tunggu. Ditambah lagi pemain sudah tahu begitu penting laga besok. Kami sendiri siap untuk memberikan terbaik di pertandingan besok,” ujar Banuelos pada konferensi pers jelang laga yang dikutip dari laman resmi Persija.

Situasi pengamanan di Stadion Andi Mattalatta jelang laga PSM vs Persija di final Piala Indonesia 2019. (Situasi pengamanan di Stadion Andi Mattalatta jelang laga PSM vs Persija di final Piala Indonesia 2019. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Meski demikian, Persija tetap waspada menghadapi kebangkitan skuat asuhan Darije Kalezic. Banuelos juga sudah menganalisis performa PSM, dan tak akan anggap remeh kekuatan para pemain PSM. Terlebih, tim Juku Eja telah menyapu empat pertandingan kandang dengan kemenangan.

“Yang paling penting di PSM memiliki pelatih dan pemain profesional yang bagus di setiap lini. Namun, kami siap memberikan yang terbaik di laga esok,” tuturnya.

Sementara itu, PSM juga akan berusaha untuk menampilkan permainan terbaiknya untuk meraih gelar Piala Indonesia. Apalagi, tim juku Eja kembali diperkuat oleh sang kapten, Willem Jan Pluim, yang sudah pulih dari cedera dan menyatakan siap untuk tampil.
“Kalau tidak ada masalah berarti hari ini, saya seratus persen siap untuk pertandingan final.”

“Ini adalah saat yang tepat memberikan satu trofi ke Makassar,” ucapnya dikutip dari laman resmi PSM.

Live streaming PSM vs Persija di final Piala Indonesia bisa disaksikan di tautan ini(mcf/bac)

Pemerintah Kota Makassar Bakal Sidak Restoran Yang Gunakan Gas Elpiji 3 Kg

0

 

MakassarPost.com, MakassarPemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan segera menggelar operasi pasar sebagai upaya menyikapi kabar kelangkaan gas elpiji 3 kg di sejumlah wilayah.

Rencana itu disampaikan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb di kantor Balaikota Makassar, Senin (5/8/2019).

Baca Juga : Gas Elpiji 3 Kg Langka

“Saya sudah bicara dengan kepala dinas perdagangan untuk segera mengadakan operasi pasar dan melihat di mana masalahnya,” kata Iqbal.

Dalam waktu dekat, pihaknya bakal memastikan pokok soal kelangkaan elpiji. Ia pun mewanti-wanti masalahnya pada dua hal, pertama pada distributor, kedua kepada pihak yang tidak berwenang yang melakukan pembelian besar-besaran.

Iqbal juga melontarkan dugaan penyebab kelangkaan gas akibat ulah okum pengusaha restoran. Menurutnya, gas ukuran 3 kg hanya dapat dijual untuk kebutuhan rumah tangga, bukan untuk kepentingan usaha.

“Kemungkinan pengusaha restoran memborong gas elpiji langsung pada distributor,” tutupnya. (Rusdi)